Tanaman Obat Sinusitis Dan Cara Membuatnya

Tanaman Obat Sinusitis .- Perlu anda ketahui bahwa banyak tanaman obat disekitar kita yang bisa  dijadikan sebagai obat sinusitis alami guna meringankan gejala sekaligus mengobati penyakit sinusitis yang diderita secara alternatif.

Sinusitis adalah kondisi dimana tersumbatnya saluran-saluran kecil pada rongga sinus akibat adanya peradangan yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang didaerah lembab hidung sehingga timbullah infeksi.

Penyakit sinusitis memiliki gejala yang mirip dengan pilek atau flu, namun terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama.

Gejala tersebut adalah berupa keluarnya ingus berwarna kekuningan atau kehijauan yang disertai sakit pada wajah dan dahi, batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

Jika beberapa gejala tersebut mulai anda alami maka segera obati, agar tidak berkembang menjadi kronis yang tentunya lebih berbahaya.

Nah, untuk mengobati penyakit sinusitis anda bisa memanfaatkan tanaman obat disekitar anda, dimana ada banyak tanaman yang bisa kita ramu dan buat sendiri untuk dijadikan obat sinusitis.

Tanaman Obat Sinusitis Dan Cara Membuatnya

Tanaman Obat Sinusitis

Bagi anda yang ingin mencoba mengobati penyakit sinusitis yang diderita secara alterntif yakni dengan memanfaatkan tanaman obat disekitar anda yang mana cara ini lebih aman karena tidak akan menimbulkan efek samping apabila dibandingkan dengan mengkonsumsi obat kimia.

Berikut ini adalah beberapa tanaman obat sinusitis yang bisa anda pilih dan ramu sendiri, yakni :

1.) Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman obat yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah bisa untuk mengobati sinusitis karena terbukti memiliki senyawa aktif yang ampuh untuk mengobati sinusitis.

Cara membuatnya adalah : rebus daging buaya dengan air secukupnya, kemudian minum air rebusan lidah buaya selagi hangat, dan ambilah sedikit air rebusan tersebut lalu teteskan kedalam hidung anda.

2.) Bawang Putih

Selain sebagai bumbu pelengkap, ternyata bawang putih juga bisa anda manfaatkan sebagai obat sinusitis. Dimana bawang putih terbukti efektif mampu mengobati penyakit sinusitis.

Cara membuatnya : Sediakan 5 siung bawang putih, 10 gram jahe dan 60 gram lokio, kemudian rebus ketiga bahan tersebut dengan air 6 gelas hingga tersisa kira-kira 3 gelas. Lalu konsumsi secara teratur 2 kali sehari.

3.) Sereh

Selain bawang putih, rempah atau bumbu selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai obat sinusitis adalah serehe tumbuhan dengan aroma wangi khas ini bisa mengobati penyakit sinusitis.

Cara membuatnya : ambil 5 batang sereh serta bahan tambahan seperti daun sereh 7 lembar, cengkig 17 biji, jeruk nipis 3 buah dan jahe 2 jari.

Cuci hingga bersih semua bahan tersebut lalu rebus secara bersamaan menggunakan 6 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas. Konsumsi secara teratur 3 kali sehari setiap hari hingga sembuh.

4.) Sambung Nyawa

Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi rebusan air daun sambung nyawa untuk mengobati peyakit sinusitis. Konsumsi rutin rebusan air daun sambung nyawa terbukti mampu meringankan gejala sekaligus mengobati penyakit sinusitis yang anda derita.

5. Daun Sambiloto

Khasiat dan manfat daun sambilo sudah sangat banyak diketahui dan salah satu khasiatnya adalah mampu dijadikan sebagai obat sinusitis dan terbukti efektif mampu mengobati penyakit sinusitis.

Cara membuatnya : lumat beberapa helai daun sambilo yang telah dibersihkan terlebih dahulu hingga mengeluarkan cairan lalu ambil cairan tersebut lalu tetekan kedalam hidung.

6.) Bunga Krisan

Tidak hanya sebagau bunga hiasan dalam dekotasi saja, ternyata bungan krisan bisa kita manfaatkan untuk mengobati sinusitis. Tepatnya untuk meringankan gejala demam dan nyeri atau sakit pada wajah dan dahi bagi penderia sinusitis.

Cara membuatnya : Ambil bunga krisan secukupnya lalu rebus dan konsumsi rebusan bungan krisan tersebut pada saat anda mersakan nyeri sinusitis.

Selain ke enam tanaman tersebut, untuk mengobati penyakit sinusitis anda juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman lainnya yakni :

  • Kunir putih (Curcuma alba Lin) dapat menjadi pilihan terapi maupun pencegahan,
  • Pegagan (Centella asiatica) membantu merivitalisasi sel sehingga produksi cairan dalam sinus dapat dikurangi serta
  • Daun sendok (Plantago mayor) sebagai tanaman yang bersifat pengencer lendir, bisa membantu mengeluarkannya sehingga saluran nafas longgar kembali.

Nah itulah beberapa tanaman obat sinusitis disekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit sinusitis yang diderita.

Terima kasih kasih sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami ini dan selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *