11 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang .- Sakit pinggang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering di alami oleh seseorang yang memasuki usia 30-50 tahun sebagai akibat dari proses penuaan.

Semakin bertambahnya usia seseorang maka tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun sehingga sendi-sendi akan rentan cedera dan sakit salah satunya adalah pinggang.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Namun timbulnya sakit pada pinggang selain karena gangguan sendi juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada organ yang berada disekitar pinggang yakni berupa ginjal. Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang.

Sakit pinggang sebelah kiri merupakan gangguan yang lebih sering dialami dibandingkan dengan pinggang sebelah kanan. Timbulnya rasa sakit pinggang sebelah kiri juga biasanya menjalar hingga daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang.

Rasa sakit pada pinggang sebelah kiri akan semakin menjadi pada saat pinggang digerakan, Biasanya sakit pinggang juga disertai dengan kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki.

Nah, lalu apa yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang menjalar hingga bagian belakang tersebut ? berikut admin berikan informasinya untuk anda.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Berikut ini adalah 12 penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang, yakni :

1.) Bertambahnya Usia

Diatas sedikit telah kami sampaikan bahwa semakin tua tubuh seseorang maka semakin rapuh dan massa otot menurun. Hal tersebut dikarenakan perubahan masuknya protein dan air menuju tulang rawan akibatnya tulang menjadi lebih tipis dan rapuh sehingga lama kelamaan tulang rawan mengalami keausan yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri.

2.) Cedera Pinggang

Pinggang yang mengalami cedera merupakan salah satu penyebab umum dari timbulnya rasa nyeri pinggang sebelah kiri. Cedera pinggang dapat mempengaruhi ligamen, otot dibagian belakang dan tendon. Kondisi yang dapat menyebabkan pinggang mengalami cedera adalah trauma tubuh dan penggunaan tubuh yang tidak tepat atau aktivitas berlebih.

3.) Cedera Lumbar ( Patah Tulang )

Timbulnya rasa sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang juga bisa disebabkan oleh patah tulang, rasa sakit tersebut akan sangat memburuk jika tubuh digerakan.

4.) Iritasi Saraf

Infeksi saraf terjadi ketika saraf tulang belakang mengalami tekanan, akibatnya menimbulkan rasa sakit ringan yang disertai sensasi terbakar, merasa tidak nyaman, danĀ  sakit tersebut akan semakin parah jika duduk lama, batur, bersin, memutar dan mengejen.

5. ) Gangguan Bantalan Tulang

Adanya gangguan pada bantalan tulang belakang dapat menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada pinggang, hal tersebut karena pada saat bantalan tulang bermasalah bisa menimbulkan infeksi saraf sekitarnya selain nyeri gangguan bantalan tulang juga bisa mengakibatkan mati rasa dan kelemahan otot bagian belakang.

6. Stenosis Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang timbul karena sumsum tulang bekang terganggu oleh menyempitnya kanal tulang belakang. Stenosis tulang belakang lebih sering terjadi pada orang tua terlebih jika orang tersebut menderita penyakit arthritis, herniasi dan pembentukan taji tulang.

Selain sakit pada pinggang seseorang yang mengalami Stenosis tulang belakang juga akan mengalami mata rasa, kelemahan hingga hilangnya kekuatam.

7. ) Otot Tegang

Beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek.

Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

8.) Siatika

Siatika disebabkan oleh tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya.

Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu ciri umum dari siatik adalah timbulnya kesemutan atau sensasi perih yang menyertai rasa sakit.

9.) Spinal Spinosis

Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya syaraf tulang belakang disebut spinal stenosis. Tekanan pada syaraf tulang belakang akibat spinal spinosis bisa menyebabkan kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan.

Umumnya gejala akan bertambah parah dengan posisi berdiri dan berjalan. Penyebab utama spinal stenosis adalah degenerasi cakram tulang belakang.

10.) Gangguan Pada Ginjal

Selain disebabkan oleh adanya masalah pada sendi dan tulang timbulnya sakit pinggang sebelah kiri juga bisa merupakan gejala dari adanya gangguan pada ginjal seperti : batu ginjal dan infeksi ginjal.

Sakit pinggang akibat gangguan ginjal ini bisa dibedakan yakni sakit yang terjadi letaknya di antara tulang rusuk terbawah dan panggul.

11). Gangguan Pencernaan Divertikulitis

Divertikulitis adalah penyakit pencernaan yang melibatkan pembentukan kantong ( divertikula ) dalam dinding usus. Penyebabnya adalah infeksi bakteri pada kantung tersebut dan menyebabkan radang usus besar akibatnya timbul rasa sakit pada perut bagian bawah sebelah kiri yang juga mungkin akan dirasakan di bagian belakang .

Selain beberapa hal diatas timbulnya sakit pinggang sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh kondisi medisnya seperti : kista ovarium, tumor fibrid, iritasi usus, radang prankeas dan penyakit ulkus peptikum.

Akan tetapi secara umum timbulnya sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang disebabkan oleh gangguan sendi, otot dan tulang. Namun jika sakit yang ditimbulkan diikuti dengan beberapa gejaja atau keluhan medis lainnya maka sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter sehingga penyebabnya bisa diketahui secara pasti.

Dan untuk anda yang saat ini menderita penyakit sakit pinggang yang tak kunjung teratasi meskipun sudah melakukan berbagai pengobatan anda bisa mengobatinya dengan obat TriFlex Capsule dari Green World obat alami yang terbukti mampu mengobati sakit pinggang dengan cepat hanya dalam 3 hari sakit pinggang bisa sembuh,

Selengkapnya klik > Obat Sakit Pinggang TriFlex Capsule

Demikianlah informasi tentang Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini dan sampai jumpa.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Post By

www.PusatGreenWorld.web.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *