Puasa Bagi Penderita Maag Itu Boleh Bahkan Lebih Baik

Bagi penderita maag, telat makan dan perut kosong sangat tidak disarankan, lalu bagaimana jika harus berpuasa ? Utamanya bagi anda umat muslim berpuasa di bulan ramadhan adalah wajib.

Puasa Bagi Penderita Maag

Puasa Bagi Penderita Maag

Puasa Bagi Penderita Maag .- Bagi anda umat muslim menderita maag bukan alasan untuk menggugurkan kewajiban anda berpuasa selama 14 jam selama 1 bulan di bulan ramdhan.

Karena nyatanya anda masih tetap boleh berpuasa bahkan lebih baik. Hal tersebut disampaikan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Namun tidak semua penderita maag boleh berpuasa, ada kondisi tertentu yang membuat penderita maag tidak boleh berpuasa.

Penderita Maag Yang Tidak Boleh Berpuasa

Berdasarkan penyebabnya ada dua kategori penyakit maag yakni maag fungsional dan maag organik.

Maag fungsional adalah penyakit maag yang timbul sebagai akibat dari kebiasaan buruk seperti makan tidak teratur, makan makanan berlemak, minuman bersoda, kopi, stres dan merokok tanpa adanya kerusakan yang berarti atau mengkhawatirkan didalam lambung.

Bagi penderita maag dengan kategori maag fungsional berpuasa diperbolehkan bahkan sangat baik dan dianjurkan.

Karena dengan berpuasa bisa membuat makan menjadi lebih teratur serta lambung terbebas dari makanan yang bisa menmicu timbulnya penyakit maag seperti makanan pedas, berlemak, minuman bersoda dan berkafein tinggi.

Sementara maag organik adalah penyakit maag yang timbul sebagai akibat dari adanya sesuatu yang tidak normal di dalam lambung, seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, GERD (Gastroesophageal reflux disease), polip atau kanker di kerongkongan, usus duabelas jari dan lambung.

Nah penderita maag dengan kategori maag organik tidak diperbolehkan berpuasa jika gejala yang ditimbulkan tergolong berat seperti : muntah darah, buang air besar hitam, serta muntah berulang setiap kali makan.

Namun jika gejala yang ditimbulkan masih ringan maka puasa masih dibolehkan.

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin menjalankan ibadah puasa sehingga penyakit maag yang anda derita tidak kambuh saat berpuasa.

Tips Berpuasa Bagi Penerita Maag

Untuk mencegah kambunya penyakit maag saat berpuasa maka adan beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya, yakni :

1# Harus Melaksanakan Makan Sahur

Jika anda menderita penyakit maag maka makan sahur hal yang tidak boleh anda lewatkan.

Selain berguna sebagai cadangan energi dan asupan nurtrisi dalam menjalankan ibadah puasa, sahur juga bisa membuat perut anda tidak kosong.

Mengingat jika lambung kosong dalam waktu yang cukup lama bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga bisa mimicu penyakit maag yang anda derita kambuh.

Untuk itu sahur bagi penderita maag adalah wajib.

#2 Jangan Tidur Setelah Sahur

Banyak orang yang sering tidur setelah sahur, padahal hal tersebut tidaklah baik utamanya bagi anda penderita maag.

Mengingat berbaring setelah mengkonsumsi makanan bisa memyebabkan asam lambung naik. Hal tersebut terjadi karena Setelah makan, lambung terisi penuh sehingga asam lambung jadi lebih mudah naik.

Kondisi ini jelas bisa menyebabkan penyakit maag yang anda derita kambuh.

#3 Hindari Konsumsi Makanan Atau Minuman Yang Memicu Gas Lambung

Usakan jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung gas serta memicu naiknya produk asam lambung utamanya saat sahur.

Beberapa conto makanan dan minuman yang mengandung banyak gas dan bisa memicu naiknya asam lambung adalah :

  • Kopi
  • Minuman bersoda
  • Kol
  • Sawi
  • Makanan asam dan pedas

#4 Menyegerakan berbukan Namun Tidak Boleh Makan Berlebihan Saat Berpuasa

Jika waktu berbuka telah tiba maka segerkan untuk berbukan, namun ingat jangan langsung makan atau minum dengan porsi banyak utama makanan berat dengan bumbum tajam.

Makanan tersebut bisa menyebabkan asam lambung naik secara tiba-tiba sehingga penyakit maag yang anda derita bisa kambuh.

Cobalah makan dengan bertahap, dimulai dengan minum air atau teh hangat, lalu dilanjutkan dengan kurma atau buah-buahan sebelum menyantap nasi dan lauk pauknya dengan porsi yang tidak berlebihan.

Selanjutanya agar penyakit maag yang anda derita tidak kambuh pada saat berpuasa anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih saat buka dan sahur, konsumsi banyak sayur dan buah serta mengkonsumsi obat jika penyakit maag yang anda derita kornis.

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat warung mengingat obat tersebut tidak bersifat mengobati melainkan hanya bersifat meringankan gejala saja dan kerjanya hanya 6-8 jam.

Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter atau obat alami dimana konsumsi obat ini lebih aman dibandingkan konsumsi obat dokter.

Anda perlu ini : Obat Maag Kronis Alami

Makanan Dan Minuman Yang Perlu Diperhatikan Penderita Maag Saat Berpuasa

Selain melakukan beberapa hal diatas, guna mencegah penyakit maag yang anda derita kambuh atau semakin parah maka penting juga bagi anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari, yakni :

  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti makanan berlemak, sayuran sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, makanan berserang (kedondong), buah yang dikeringkan, dan minuman yang mengandung soda.
  • Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream.
  • Hindari makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju.
  • Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, seperti yang mengandung cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • Beberapa sumber karbohidrat yang perlu dihindarkan beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, tales, dodol.

Demikianlah informasi singkat tentang puasa bagi penderita maag ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini.

Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *