Makanan Untuk Penderita TBC Paru (Pantangan dan Anjurannya)

Mau sembuh dari penyakit TBC paru? Patuhi juga anjuran dan pantangan makanan untuk penderita TBC paru di samping rutin mengkonsumsi obatnya, ya!

TBC paru itu salah satu penyakit yang susah sembuhnya, Anda pasti tahu, kan? Penyakit ini juga termasuk penyakit menahun dan membutuhkan pengobatan yang konsisten selama 6 bulan tanpa putus.

Makanan Untuk Penderita TBC Paru

Nah, untuk membantu mengoptimalkan pengobatan TBC paru yang sedang dijalani, Anda sebaiknya memperhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Ini penting, lho, untuk penderita TBC atau tuberkulosis.

Dokter sangat menyarankan Anda untuk banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Hal ini karena penyakit TBC yang secara drastis mempengaruhi berat badan penderitanya.

dr. Samuel Oetoro, Sp. GK kepada liputan6.com mengatakan, bahwa antara pengobatan yang sedang dilakukan dengan asupan gizi haruslah seimbang. Karena, akan menjadi percuma jika hanya melakukan salah satunya saja.

Makanan Untuk Penderita TBC Paru

Menu lengkap dengan gizi seimbang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita YBC paru. Porsinya juga harus berbeda dari orang sehat tanpa infeksi TB ini.

Masih menurut dr. Samuel Oetoro, Sp. GK, kalori yang harus didapatkan oleh penderita TBC paru adalah 1,5 gram per 1 kilogram berat badan pasien.

Artinya, jika pasien penderita TBC memiliki berat badan 60 kg, maka pasien tersebut harus mendapatkan asupan 90 gram protein.

Makanan Anda juga harus bervariasi dan cukup banyak. Penderita TBC paru harus sembuh. Dan, mengkonsumsi antibiotik (obat) dengan asupan lengkap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh adalah perpaduan yang sempurna.

Anjuran Makanan Untuk Penderita TBC Paru

Anjuran Makanan Untuk Penderita TBC Paru

1. Sayuran

Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis sayuran dalam satu menu makanan Anda. Misalnya, sayuiran berwarna hijau tua, dengan warna orange dan merah.

Selain itu, Anda juga bisa mengkombunasikan sayuran dengan kacang-kacangan dan makanan lainnya. Biar nggak bosen.

2. Daging dagingan

Anda penderita TBC paru juga boleh mengkonsumsi daging, baik itu daging unggas maupun daging merah. Tapi, jangan yang ada lemaknya, ya. Pilih daging bebas lemak. Pada ayam, bisa bagian dadanya.

3. Ikan

Anjuran makanan untuk penderita TBC paru lainnya adalah ikan. Ikan ini salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Penderita TBC atau tuberkulosis ini harus menjaga asupan total lemak dan minyak antara 25 – 30 persen kalori harian. Dan, sebagian besarnya harus berasal dari lemak jenuh.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan jenis ini salah satu sumber protein yang bagus untuk tubuh selain dari daging, lho. Makanya, penderita TBC dianjurkan untuk mengkonsumsinya, Bisa dijadikan pengganti cemilan kemasan, lho.

5. Susu dan buah-buahan

Makanan sehat lainnya yang perlu dikonsumsi oleh penderita TBC paru adalah susu dan produk olahannya serta buah-buahan segar. Bukan yang dikemas dalam kalengan, ya!

Pantangan Makanan Untuk Penderita TBC Paru

Selain makanan sehat, ada juga, nih, beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita TBC paru karena dikhawatirkan akan menambah parah gejala TBC paru yang sudah ada.

Pantangan Makanan Untuk Penderita TBC Paru

Penasaran? Ini dia daftar pantangan makanan untuk penderita TBC paru yang tidak boleh Anda konsumsi dulu selama proses pengobatan berlangsung.

  • Makanan yang mengandung gula olahan, seperti roti putih, sereal, gula putih, gula halus, dan aneka makanan manis lainnya (aneka kue, puding, dll)
  • Saus yang kaya natrium
  • Minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti cokelat, kopi, teh, dan lainnya
    Acar
  • Alkohol dan minuman bersoda, termasuk minuman berkarbonasi lainnya
  • Ikan asin
  • Terasi merah
  • Makanan dengan garam tinggi
  • Makanan yang dapat memicu kambuhnya alergi yang Anda miliki
  • Jus buah kemasan
  • Daging olahan
  • Makanan cepat saji

Nah, itulah beberapa makanan untuk penderita TBC paru yang meliputi anjuran dan juga pantangannya. Semoga, artikel di atas bisa bisa bermanfaat dan membantu proses pengobatan TBC paru yang Anda derita, ya!

Semoga Lekas Sembuh 🙂

Posted By : www.pusatgreenworld.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *