Makanan Sehat Untuk Penderita Kista Ginjal

Selain pantangan, Anda juga sebaiknya tahu apa saja makanan sehat untuk penderita kista ginjal. Konsumsi makanan yang dianjurkan bagi penderita kista ginjal dapat membantu proses penyembuhannya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memasukan makanan-makanan di bawah ini ke dalam menu harian Anda selama proses pengobatan kista ginjal, sehingga Anda bisa segera sembuh dan terhindar dari komplikasinya.

Penasaran? Berikut listnya untuk Anda.

Inilah Beberapa Makanan Sehat Untuk Penderita Kista Ginjal (Dianjurkan untuk dikonsumsi)

Makanan Sehat Untuk Penderita Kista Ginjal

A. Kacang Kedelai (soybean)

Untuk mengatasi kista ginjal yang Anda miliki, Anda bisa mengkonsumsi kacang kedelai setiap hari, pasalnya di dalam kacang kedelai ini terdapat kandungan yang dapat mengurangi pertumbuhan kista ginjal.

B. Manggis

Kista ginjal terbagi menjadi dua jenis, kista ginjal sederhana dan kista ginjal polikistis yang mana kista di ginjal tumbuh lebih dari satu. Nah, manggis ini sangat bagus untuk menghindari kista ginjal polikistik.

C. Sayuran

Ada beberapa jenis sayuran yang dapat mencegah penyebaran kista, diantaranya adalah brokoli, tomat, selada, kembang kol, lobak, dan kubis.

D. Buah-Buahan

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kista ginjal, karena salah satu manfaatnya dapat memperkecil peradangan dan menghentikan kista agar tidak menyebar.

Stroberi, raspberry, cranberry, buah bit, dan jeruk adalah buah yang bagus untuk dikonsumsi penderita kista ginjal.

E. Bawang-bawangan

Selain bawang putih yang memiliki kandungan allicin untuk membunuh bakteri dan kuman, bawang bombay juga termasuk makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, bawang bombay ini selain dapat mencegah kista berkembang pesat, juga dapat mengancurkan kristal-kristal yang ada di ginjal.

Nah, itu dia makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang bisa Anda masukan dalam menu harian Anda untuk membantu proses penyembuhannya disamping konsumsi obat kista ginjal.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Selain makanan yang tentunya sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita kista ginjal, Anda juga sebaiknya tahu apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari atau tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista ginjal yang meliputi:

  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein
  • Alkohol, termasuk yang ada di dalam makanan
  • Dari buah-buahan, penderita kista ginjal harus menghindari nagka, anggur, durian, dan lengkeng
  • Sedangkan dari jenis sayuran, penderita kista ginjal tidak boleh konsumsi kangkung, tauge, dan sawi putih
  • Pantangan makanan kista ginjal lainnya adalah minuman berkarbonasi, seperti soda, minuman penambah energi, dan minuman sejenisnya
  • Makanan berpengawet, termasuk snack (makanan ringan), makanan kalengan, jus buah kemasan, dan daging olahan seperti sosis, ham, dll.
  • Makanan tinggi lemak, termasuk jeroan dan seafood
  • Daging sapi, kambing, ayam, dan makanan lainnya yang mengandung protein tinggi, termasuk susu dan olahannya
  • Makanan yang di asinkan dan tinggi garam.

Informasi Lainnya : Ciri-Ciri Kista Ginjal

Demikianlah informasi mengenai makanan sehat untuk penderita kista ginjal dan juga pantangannya yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel ini bermanfaat untuk Anda penderita kista ginjal supaya tidak semakin parah dan bisa segera sembuh.

Jika bermanfaat, jangan lupa bantu di share, ya 🙂

SALAM SEHAT
By : www.pusatgreenworld.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *