Makanan Penyebab Rematik Kambuh Yang Pantang Dikonsumsi

Makanan Penyebab Rematik Kambuh .- Rematik merupakan salah satu jenis penyakit kambuhan yang gampang sekali kambuh jika sipenderita teledor utamanya dalam hal makanan.

Untuk itu bagi anda penderita rematik harus pintar-pintar menjaga pola makan sehingga makanan yang seharusnya pantang dikonsumsi tidak anda konsumsi.

Rematik atau yang dikenal juga dengan Rheumatoid Arthritis (RA) adalah salah satu gangguan pada sendi yang disebabkan oleh masalah kekebalan tubuh.

Dimana kekebalan tubuh yang semestinya melindungi diri malah malah berbalik menyerang jaringan persendian.

Baca Juga : Penyebab Rematik Di Usia Muda

Kondisi tersebut menyebabkan tulang rawan disekitar sendi menipis dan membentuk tulang baru akibatnya sendi akan sulit untuk digerakan serta memicu timbulnya rasa nyeri pada saat sendi digerakan.

Keadaan tersebut tentunya akan sangat mengganggu dan sangat menyiksa, itulah sebabnya mengapa penderita penyakit rematik rela melakukan berbagaicara untuk bisa sembuh dari penyakit rematik.

Namun salah satu hal yang tak kalah penting untuk anda perhatikan jika saat ini anda sedang menderita penyakit rematik adalah tentang makanan penyebab rematik kambuh.

Makanan ini sangat penting untuk dihindari sehingga penyakit rematik yang anda derita tidak akan kambuh atau semakin parah.

Makanan Penyebab Rematik Kambuh

Makanan Penyebab Rematik Kambuh

Menyinggung tentang makanan yang bisa menyebabkan rematik kambuh, berikut kami berikan informasi tentang makanan penyebab rematik kambuh yang wajib anda hindari, yakni :

#1 Daging Merah

Jika saat ini sedang menderita penyakit rematik maka jangan sesekali anda mencoba mengkonsumsi daging merah jika penyakit rematik yang anda derita tidak ingin kambuh dan bertambah parah.

Daging merah mengandung fospor yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan kalsium pada tulang hilang sehingga rematik bisa kambuh.

#2 Minuman Atau Makanan Mengandung Kafein

Mengkonsumsi kafein dapat membuat kondisi gangguan pada sendi menjadi semakin parah, itulah sebabnya mengapa penderita rematik khususnya sangat tidak disarankan mengkonsumsi makanan atau minuman mengadung kafein.

Selain bisa menyebabkan kondisi nyeri semakin parah, konsumsi banyak kafein juga bisa membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

#3 Gula

Hampir sama dengan kafein konsumsi gula juga dapat memperparah kondisi nyeri sendi akibat rematik. Selain itu gula juga bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Dan jika kondisi tersebut terjadi maka dapat memperburuk kondisi nyeri sendi yang dialami mengingat berat badan yang tinggi bisa meningkatkan tekanan pada sendi.

#4 Minyak Sayur

Bagi penderita rematik atau gangguan lainnya mengkonsumsi minyak sayur baik itu minyak sayur kedelai maupun bunga matahari bisa membuat peradangan yang terjadi pada sendi semakin parah.

Karena minyak sayur mengandung asam lemak omega6 yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi semakin parah.

#5 Ikan Bertempurung

Ikan bertempurng sepeti kepiting juga sangat tidak baik dikonsumsi oleh penderita rematik, dan jika anda nekat mengkonsumsinya maka sudah pasti penyakit rematik yang anda derita akan kambuh.

Mengingat ikan bertempurang memiliki kandungan purin tinggi yang sangat tidak baik untuk sendi dan bisa memperparah kondisi nyeri sendi akibat rematik.

#6 Susu

Meskipun susu sangat menyehatkan karena memiliki dampak positig bagi kesehatan, namun bagi anda penderita rematik sebaiknya anda tidak mengkonsumsi susu jika penyakit rematik yang anda derita tidak ingin kambuh.

Susu banyak mengandung purin, dan purin ini lah yang berperan menaikkan kadar asam urat dalam tubuh Anda, sehingga rematik Anda pun dapat kambuh kembali.

#7 Tomat

Bagi pria tomat sangat baik untuk mejaga kesehatn prostat dan mencegah kanker prostat, namun jika anda menderita penyakit rematik maka tidak disarankan mengkonsumsi tomat.

Kandungan biji tomat dapat menyebabkan rematik dan juga asam urat pada sendi Anda.

Nah itulah ketujuh makanan penyebab rematik sehingga pantang dikonsumsi oleh anda penderita rematik jika tidak ingin penyakit rematik yang ada derita kambuh atau bahkan semakin parah.

Cara Mengatasi Rematik Agar Tidak Mudah Kambuh

Selain menghindari beberapa pantangan makanan rematik diatas, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit rematik tidak kambu, yakni berupa :

1) Lakukan aktivitas fisik,

Hasil beberapa penelitian menyebutkan bahwa aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu mengurangi rasa sakit, kelelahan, meningkatkan fleksibilitas gerak dan kekuatan, serta membuat rematik lebih baik secara keseluruhan.

Salah satu olahraga yang baik dilakukan oleh penderita rematik adalah aerobikm berjalan kaku, berenang, bersepeda hingga berkebun merupakan beberapa aktivitas fisik menyenangkan yang dapat membantu meringankan nyeri sendi.

2) Lindungi Sendi

Hindari gerakan-gerakan yang dapay membahayakan sendi mengingat pada saat sendi mengalami peradangan akan mudah mengalami kerusakan.

Selain itu hindari meletakkan sendi pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Bangun dan bergeraklah agar sendi tidak kaku. Istirahatlah sebelum Anda merasa lelah atau sakit.

3) Menjaga Berat Badan

Usahakan berat badan agar tetap ideal, dengan begitu maka sendi akan merasa lebih baik serta membantu mengurangi stres sendi dan rasa sakit. Selain itu, menjaga berat badan juga menghindarkan dari penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes.

4) Mengatur Pola Makan

Bagi anda penderita rematik dianjurkan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak serta memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin D dan kalsium.

5) Berhenti Merokok

Jika anda memiliki kebiasaan buruk merokok maka sebaiknya hal tersebut anda hentikan.

6) Mandi Air Hangat

Jika Anda merasa lelah dan pegal, mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu membuat Anda rileks dan merasa lebih baik. Pijat ringan juga dapat membantu meningkatkan energi dan fleksibilitas.

7) Konsumsi Obat Rematik

Terakhir untuk mecegah rematik yang anda derita kambuh anda bisa mengkonsumsi obat rematik salah satunya dalah obat rematik alami, dimana obat ini aman dikonsumsi dalam jangka lama.

Mengingat penyembuhan rematik menggunakan obat-obatan relatif lebih lama.

Demikianlah informasi tentang makanan penyebab rematik kambuh dan cara mengatasinya ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda,

Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana dan singkat ini, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *