Maag Kambuh Apa Yang Harus Dilakukan

Maag Kambuh Apa Yang Harus Dilakukan ?

Maag Kambuh Apa Yang Harus Dilakukan

Banyak penderita maag pada saat kambuh tidak mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga cenderung hanya berdiam diri menahan rasa sakit yang muncul.

Namun jika kondisi maag yang diderita sudah kronis maka rasa sakit yang muncul biasanya tidak tertahankan, dan kondisi tersebut jelas akan sangat menyiksa dan menganggu utamanya jika terjadi di waktu yang tidak tepat.

Hal tersebutlah yang membuat sebagian penderita maag merasa jengkel dengan penyakit maag yang dideritanya sehingga berbagai cara ditembuh guna mengobati penyakit maag yang diderita kambuh kembali bahkan hingga sembuh.

Baca : Ciri ciri Penyakit Maag Kambuh

Maag Kambuh Apa Yang Harus Dilakukan ?

Bagi anda penderita maag, inilah hal yang bisa anda lakukan guna mengatasi sekaligus meringankan gejala penyakit maag yang diderita jika penyakit maag anda kambuh sewaktu-waktu.

PERTAMA, segera banyak minum air putih. Hal tersebut bertujuan untuk menetralkan asam lambung, mengingat konsumsi air putih dapat menetralkan lambung dari asam lambung serta bakteri yang menginfeksi luka pada lambung.

Tidak hanya itu, konsumsi air putih juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

Dengan beitu maka gejala maag kronis akan bisa sedikit mereda secara perlahan.

KEDUA, kunyahlah permen karet rasa mint.

Maka dari itu jika anda mempunyai maag dan mudah kambuh sebaiknya senantiasa membawa permen karet kemana pun anda pergi.

Rasa mint pada perme karet yang anda konsumsi dapat membantu meringankan rasa sakit yang timbul. Sementara itu kegiatan mengunyah permen karet dan meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk menetralkan asam lambung.

KETIGA, jika memungkinkan konsumsi makanan atau minuman yang dapat menetralkan asam lambung seperti : pisang kepok, pepaya, madu, air kelapa muda, apel, pir atau teh hijau.

Selanjutnya jika diperlukan ada bisa mengkonsumsi obat untuk meredakan gejala maag yang dijual diwarung atau diapotik.

Namun usahakan jangan setiap maag kambuh anda mengkonsumsi obat maag yang dijual diwarung karena obat tersebut hanya bersifat meringankan gejala tidak mengobati penyakit maag sampai ke akar-akarnya.

Dan agar penyakit mag yang anda derita tidak kambuh lagi, maka anda bisa melakukan beberapa hal tersebut untuk mencegahnya, yakni :

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu

Demikianlah informasi singkat tentang apa yang harus dilakukan pada saat maag kambuh ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat !

sumber : http://qncobatmaag.com/pertolongan-pertama-saat-maag-kambuh/

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *