Penyebab Jantung Berdebar Kencang Dan Badan Lemas

Waspada ! jantung berdebar dan badan lemas bisa menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya, lalu apa yang menjadi penyebab timbulnya jantung berdebar disertai badan lemas ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Jantung Berdebar Kencang Dan Badan Lemas

Penyebab Jantung Berdebar Kencang Dan Badan Lemas

Jantung berdebar adalah kondisi dimana timbulnya sensasi jantung berdetak lebih kencang atau lebih cepat. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja lintas gender dan usia.

Timbulnya jantung berdebar juga sering di ikuti oleh kondisi badan lemas, namun berdasarkan kesepakatan medis kondisi tersebut tidak perlu dirisaukan utamanya jika terjadi dalam durasi singkat tidak lebih dari 10 menit.

Namun kita perlu berhati-hati dan waspada jika jantung berdebar dan badan lemas terjadi dalam kurun waktu yang lama hingga berjam-jam.

Segera temui dokter jika hal tersebut anda alami guna mendapatkan kepastian tentang penyebab kondisi yang anda alami.

Namun secara umum timbulnya jantung berdebar dan bada lemas disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan kurang teratur.

Selain itu timbulnya jantung berdebar juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1.) Aktivitas Atau Olahraga Berat

Bagi yang tidak terbiasa melakukan aktifitas atau olahraga berat maka jantung akan berpacu dengan cepat sehingga menimbulkan sensasi jantung berdebar.

2.) Konsumsi Kafein

Kebanyakan mengkonsumsi kafein atau anda yang belum terbiasa minuman berkafein seperti kopi dan teh maka biasanya akan mengalami sensai jantung berdebar yang disertai lemas.

3.) Sering Merokok

Untuk anda yang sering merokok utamanya sudah menjadi pecandu rokok maka anda memiliki resiko tinggi terkena gangguan jantung yang ditandai dengan timbulnya jantung berdebar dan badan lemas.

Hal tersebut terjadi karena paparan nikotin dalam rokok bisa memicu jantung berdetak lebih cepat.

4.) Mengalami Kecemasan

Faktor psikologi juga turut ambil dalam timbulnya jantung berdebar, hal tersebut biasa dialami oleh seseorang yang sedang mengalami kecemasan.

Tidak hanya mengalami jantung berdebat, pada saat seseorang sedang dilanda kecemasaan juga akan mengalami kontraksi lain seperti sakit perut, mulas dan mengeluarka keringat dingin.

5.) Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa membuat tubuh lemas dan jantung berdebar, hal tersebut terjadi karena terganggunya sel-sel energi dalam tubuh.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab jantung berdebar kencang dan badan lemas, namun timbulnya jantung berdebar disertai badan lemas juga bisa menjadi indikasi atau gejala dari penyakit yang berbahaya utamanya jika jantung berdebar dan badan lemas yang anda alami diikuti dengan beberapa kondisi berikut ini :

  • Jantung berdebar badan lemas disertai pusing
  • Jantung berdebar disertai pingsan
  • Jantung berdebar disertai linglung dan asma
  • Jantung berdebar disertai keringat dingin
  • Jantung berdebar disertai dengan timbulnya rasa nyeri pada utamanya dada kiri

Segera teui dokter atau pusat kesehatan terdekat jika jantung berdebar yang anda alami diikuti dengan beberapa kondisi diatas.

Dikhawatirkan jantung berdebar yang anda alami adalah indikasi dari adanya gangguan pada jantung yang tentunya sangat berbahaya. Dengan anda seger menemui dokter maka hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi bisa segera diatasi.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta menanyakan adakah keluarga anda yang memiliki riwayat terkena jantung hingga melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti elektrokardiografi, dan jika diperlukan nantinya akan merujuk anda kepada dokter spesialist jantung yang lebih kompeten.

Dan untuk mencegah keadaan semakin memburuk maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk mengatasi jantung berderbar yang anda alami, yakni :

  1. Mengkonsumsi buah dan sayuran
  2. Mengurangi konsumsi kopi
  3. Menghindari minuman alkohol
  4. Beristirahat yang cukup
  5. Olahraga secara rutin
  6. Menghindari stress
  7. Konsumsi obat jantung berdebar alami

Demikianlah informasi tentang penyebab jantung berderbar kencang dan badan lemas ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung dihalaman sederhana kami ini dan sampai jumpa.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *