Tanda dan Gejala Sindrom Nefrotik Pada Anak dan Orang Dewasa

Mengenali tanda dan gejala sindrom nefrotik pada anak maupun orang dewasa dapat memberikan banyak keuntungan. Salah satunya mendapatkan penanganan lebih cepat. Sehingga, kondisi yang lebih parah bisa di cegah.

Penanganan yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang kesembuhan yang lebih besar.

Maka dari itu, setelah kemarin saya membahas mengenai penyebab sindrom nefrotik, kali ini saya akan membahas mengenai gejalanya. Jadi, bagi Anda yang belum tahu apa saja ciri-ciri sindrom nefrotik yang mungkin salah satunya mirip dengan gangguan kesehatan lain sehingga diabaikan, di bawah ini kami telah merangkumnya. Ikuti sampai selesai, ya!

Gejala Sindrom Nefrotik

Tanda dan Gejala Sindrom Nefrotik Pada Anak dan Orang Dewasa

Perlu Anda ketahui, penyakit sindrom nefrotik yang ditandai oleh penumpukan protein pada urine akibat adanya kerusakan pada nefron atau glomerulus pada ginjal ini memiliki beberapa gejala yang harus Anda waspadai.

Beberapa tanda dan gejala sindrom nefrotik yang lebih banyak terjadi pada anak-anak ini meliputi:

1. Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh akibat penumpukan cairan atau edema, terutama bagian kaki dan pergelangannya, di sekitar mata dan juga di area perut.

Kadar protein dalam darah yang berkurang dapat membuat aliran air dari jaringan tubuh untuk masuk ke pembuluh darah melambat, sehingga air tersebut menumpuk pada jaringan tubuh dan menyebabkan pembengkakan.

2. Penderita sindrom nefrotik juga akan merasakan gejala umum seperti tidak enak badan, tubuh terasa lemas dan kehilangan nafsu makan. Jika memang Anda merasakan gejala tersebut, ada baiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. Jangan menunggu sampai gejalanya semakin memburuk.

3. Gejala sindrom nefrotik lainnya adalah urine yang keluar jumlahnya sedikit dan pada beberapa kasus, urine juga berbusa.

4. Sindrom nefrotik yang Anda derita dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Sehingga, tingginya kadar kolesterol juga bisa menjadi ciri penyakit sindrom nefrotik ini.

5. Gejala lainnya bisa berupa demam, menggigil, kesulitan bernapas, tekanan darah tinggi, mudah terkena infeksi dan sakit pada dada, perut atau kaki.

Itulah beberapa gejala umum yang sering menyertai sindrom nefrotik. Jika memang Anda atau anak Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk pemeriksaan urine.

Dengan begitu, Anda bisa segera mendapatkan obat sindrom nefrotik yang tepat untuk mengobatinya sampai sembuh.

Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca informasi tanda dan gejala sindrom nefrotik pada anak dan orang dewasa di atas. Semoga Anda lekas sembuh.

Posted By : www.pusatgreenworld.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *