Gejala Penyakit TBC Paru

Batuk yang tidak kunjung sembuh patut dicurigai, lho. Pasalnya, batuk berkepenjangan adalah bagian dari gejala penyakit TBC paru yang cukup sulit untuk disembuhkan.

Jika memang Anda atau anggota keluarga Anda lainnya ada yang mengalami batuk dalam waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh, harus segera diperiksakan untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Gejala Penyakit TBC Paru

Penurunan berat badan secara drastis menjadi salah satu ciri penyakit TBC (Sumber Gambar : Google)

Selain rontgen, Anda juga perlu melakukan tes pada dahak untuk mengetahui apakah ada bakterinya atau tidak. Jika ternyata positif TBC, pengobatan bisa segera diberikan. Sehingga, peluang Anda untuk sembuh menjadi lebih besar.

Dengan mengetahui status kesehatan Anda, dalam kasus ini penyakit TBC paru, selain mendapatkan pengobatan, Anda juga bisa segera mencegah penularan penyakit tersebut di lingkungan tempat tinggal Anda.

Maka dari itu, selain mengetahui penyebab penyakit TBC, tahu gejalanya juga sangat penting. Apalagi, sebagian besar gejalanya sering diabaikan dan dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa.

Bagi Anda yang belum tahu, tidak perlu khawatir. Karena, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai ciri ciri TBC paru tersebut.

Inilah Beberapa Tanda dan Gejala Penyakit TBC Paru yang Perlu Anda Waspadai

Gejala utama TBC paru adalah batuk berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh. Jika dalam waktu tiga minggu batuk yang Anda alami tidak juga sembuh meskipun sudah diberikan obat batuk, kemungkinan besar batuk tersebut karena penyakit TBC atau tuberkulosis.

Batuk karena TBC juga biasanya berbeda dari batuk yang diakibatkan oleh pilek atau flu. Batuk TBC cenderung basah atau berdahak. Dahaknya selain lebih banyak, warnanya juga lebih keruh dan tebal.

Selain itu batuk berdahak lebih dari tiga minggu, gejala penyakit TBC paru juga meliputi:

  • Tubuh yang lemah dan mudha sekali merasa capek
  • Berat badan turun secara drastis
  • Tidak nafsu atau berselera untuk makan
  • Dada terasa nyeri saat bernapas atau batuk
  • Sesak napas dan atau napas pendek
  • Berkeringat cukup banyak pada malam hari
  • Anda juga bisa mengalami demam
  • Menggigil
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Pada kondisi yang lebih parah, Anda juga bisa mengalami batuk berdarah. Saat itu terjadi, kemungkinan besar bakteri telah merusak jaringan paru-paru.

Nah, itulah beberapa tanda dan gejala penyakit TBC paru yang perlu Anda waspadai kehadirannya. Bisa dilihat di atas, sebagian besar gejalanya hampir mirip dengan gangguan kesehatan secara umum.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan bila mendapati salah satu atau beberapa kondisi di atas yang menjadi gejala penyakit tuberkulosis supaya Anda bisa segera mendapatkan penanganan.

Supported Post : Cara Mengobati TBC Paru

Semoga artikel kesehatan gejala penyakit TBC paru di atas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Jangan lupa bantu share agar orang lain juga tahu dan bisa terhindar dari kondisi yang lebih parah.

Semoga Lekas Sembuh

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *