Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Dan Pencegahannya

Untuk anda wanita penting mengetahui gejala penyakit jantung mengingat 1 dari 4 wanita meninggal karena penyakit kardiovaskular, jumlah ini lebih banyak dari kematian akibat penyakit kanker. Sehingga bisa dikatakan penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama pada perempuan.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Dibandingkan dengan pria wanita memiliki resiko kematian lebih besar karena penyakit jantung koroner. Untuk itu bagi anda kaum hawa sangatlah penting mengetahui gejala penyakit jantung pada wanita, terlebih gejala jantung koroner yang timbul pada wanita berbeda dengan gejala yang timbul pada pria.

Secara umum penyakit jantung koroner lebih sering terjadi dan menyerang wanita lebih tua dibandingkan pria, karena :

  • Terjadi penurunan hormon esterogen yang selama ini berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan saat pasca menopause, sehingga risiko penyakit jantung pada perempuan meningkat dua kali lipat. Penurunan hormon estrogen ini juga menambah kadar lemak dalam darah sehingga menimbulkan penebalan pembuluh darah yang dapat menyebabkan PJK.
  • Perempuan¬† dengan PJK biasanya mengalami komplikasi yang lebih serius, karena lebih sering ditemukan adanya penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan gangguan ginjal.
  • Penyumbatan pada pembuluh darah kecil atau mikrovaskular lebih banyak terjadi pada perempuan. Penyumbatan yang seperti ini lebih sulit dideteksi dengan pemeriksaan standar yang ada pada saat ini.
  • Kurangnya pengetahuan kaum perempuan akan bahaya penyakit jantung, umumnya membuat mereka tidak menyadari gejala penyakit tersebut, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam mendiagnosa.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi diatas bahwa gejala penyakit jantung yang timbul pada wanita akan berbeda dengan gejala jantung koroner yang timbul pada pria, lalu apa saja gejala atau ciri ciri sakit jantung pada wanita ?  berikut kami berika informasinya untuk anda.

Gejala penyakit jantung pada wanita :

  1. Nyeri ulu hati
  2. Nyeri pada punggung atau leher
  3. Sesak nafas
  4. Mudah lelah atau cape
  5. Gangguan irama detak jantung seperti lemah atau sangat cepat

Gejala-gejala tersebut sebagian besar tidak disadari oleh penderita jantung wanita sehingga seringkali menyebabkan keterlambatan dalam mencari pertolongan pada saat terjadi serangan jantung.

Segera atasi dan periksaan diri kepada dokter jika anda wanita mengalami beberapa gejala diatas secara bersamaan utamanya bagi anda wanita yang menderita diabetes, sering merokok, memiliki berat badan berlebih ( obesitas ) dan memiliki riwayat keluarga menderita penyakit jantung koroner, karena anda memliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Pada Wanita

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh wanita, utamanya bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner seperti yang sudah kami sebutkan diatas agar terhindari dari penyakit jantung.

Cara ini merupakan langkah awal untuk mendeteksi dan mencegah timbulnya penyakit jantung koroner, dan berikut adalah beberapa langkah tersebut :

  • Ketahui tekanan darah anda
  • Kethahui kadar gula darah dan kolesterol
  • Olahraga teratur minmal 30 menit sehari sebanyak 4 kali dalam seminggu
  • Berhenti merokok jika suka merokok
  • Konsumsi obat tradisional jantung koroner

Segera konsultasikan kesehatan jantung Anda apabila mengalami gejala PJK, serta jalani pemeriksaan lebih lanjut. Kesadaran diri sendiri untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini dapat mengurangi angka kematian PJK pada perempuan.

Demikianlah informasi tentang gejala penyakit jantung pada wanita dan pencegahannya ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat, sampai jumpa !

sumber :

http://www.ekahospital.com/

Anda Serius Ingin Terhindar Dan Mencegah Terkena Penyakit Jantung Koroner ? Silahkan KLIK DISINI Untuk Mencegahnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *