Tanda Gejala Kanker Paru Paru Stadium Awal Dan Pencegahannya

Mengenali tanda atau gejala kanker paru paru stadium awal merupakan langkah pencegahan paling jitu untuk terhindar dari bahaya penyakit kanker paru paru, utamanya bagi anda yang sering merokok, karena apa ? karena merokok merupakan faktor utamanya penyebab timbulnya penyakit kanker paru paru.

Selain itu melakukan pengobatan kanker paru paru pada stadium awal memiliki peluang lebih besar untuk sembuh dibandingkan dengan stadium lanjut. Dengan begitu maka sangat penting bagi kita mengenal gejala kanker paru paru.

gejala kanker paru paru

Gejala Kanker Paru Paru

Kanker paru paru merupakan salah satu jenis kanker yang memiliki jumlah penderita banyak. Hal tersebut berbandung lurus dengan jumlah perokok aktif yang terus meningkat. Mengingat merokok adalah faktor utama penyebab kanker paru paru.

8 dari 10 perokok aktif terkena penyakit kanker paru paru, hal tersebut jelas menunjukan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru paru.

Pada tahun 2012, kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling sering terdiagnosis dan penyebab kematian akibat kanker tertinggi di dunia.

Sementara itu dinegara kita tercinta indonesia kanker paru paru adalah jenis kanker yang paling sering menyerang laki-laki Indonesia. Dimana pada tahun 2012 saja kasus penderita kanker paru paru sudah mencapai angka 25.000an lebih.

Sebagian besar dari kasus tersebut berakhir dengan kematian mengingat sangat rendahnya pengetahuan masyarakat indonesia akan tanda atau gejala kanker paru paru, sehingga kebanyakan para pasien kanker paru paru datang ke dokter sudah sampai pada stadium lanjut.

Dimana pada stadium lanjut tingkat keberhasilan pengobatan kanker paru paru yang dilakukan sangat rendah.

Untuk itu seperti apa yang telah kami sampaikan diatas sebelumnya bahwa sangat penting bagi kita mengenal dan mengetahui gejala kanker paru paru utamanya bagi anda yang memiliki kebiasaan buruk merokok.

Sehingga pada saat anda mengalami gejala tersebut anda bisa segera melakukan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat. Dengan begitu maka anda memiliki peluang besar untuk bisa sebuh dan terhindari dari hal yang lebih buruk.

Gejala Kanker Paru Paru

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker paru paru yang biasa dialami oleh penderita kanker paru paru, yakni :

  • Batuk yang berkelanjutan dan bertambah parah, hingga akhirnya mengalami batuk darah.
  • Mengalami sesak napas dan rasa nyeri di dada.
  • Mengalami kelelahan tanpa alasan.
  • Pembengkakan pada muka atau leher.
  • Sakit kepala.
  • Sakit pada tulang, bisa pada bahu, lengan atau tangan.
  • Berat tubuh menurun.
  • Kehilangan selera makan.
  • Suara menjadi serak.
  • Kesulitan menelan atau sakit saat menelan sesuatu.
  • Perubahan pada bentuk jari, yaitu ujung jari menjadi cembung.

sumber : alodokter.com

Segera temui dan konsultasikan dengan dokter ketika beberapa gejala tersebut sering anda alami atau temukan pada orang terdekat anda sehingga anda bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Pencegahan Kanker Paru paru

Selain mengenal ciri atau gejala kanker paru paru, kita juga bisa melakukan beberapa hal guna mencegah timbulnya penyakit kanker paru paru, yakni :

  • Menghindari kebiasaan merokok – Hal Ini Memang Sangat sulit sekali jika telah menjadi seorang perokok yang aktif. Seperti iklan dimana-mana bahwa merokok itu dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker paru-paru. Bukan hanya berbahaya untuk diri sendiri, kebiasaan merokok juga berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar perokok yang juga ikut menghirup asap rokok. Meski bukan perokok aktif, tetapi perokok pasif, tetap saja berisiko terkena kanker paru-paru.
  • Menghindari asap rokok – di era seperti saat ini memang sih sangat sulit untuk menghindari dari asap roko, apa salahnya jika kita berusaha. Agar tehindari dari asap rokok di tempat-tempat umum, penggunaan masker bisa dijadikan sebagai pilihan.
  • Hindarilah paparan zat kimia berbahaya – Pencegahan Kanker Paru-paru berikutnya adalah dengan cara menghindari paparan zat kimia berbahaya, termasuk zat radioaktif. Zat kimia berbahaya merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker paru-paru.
  • Jangan konsumsi alkohol – Konsumsi alkohol juga sangat berbahaya. alkohol dapat memicu munculnya kanker paru-paru. Bukan hanya kanker paru-paru saja, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kanker tenggorokan, kanker payudara, kanker otak, dan lain-lain.
  • Perbanyak buah-buahan dan sayur-sayuran – Jalani pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki kandungan zat antioksidan dapat berguna untuk mencegah kanker paru-paru. Zat antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang kerap kali dikaitkan dengan kanker.
  • Biasakan Untuk Olahraga minimal 1x Seminggu – Kegiatan olahraga juga bisa mencegah kanker. Aktif bergerak bisa menjauhkan diri dari penyakit berbahaya, termasuk kanker. Tidak hanya penyakit kanker kulit yang bisa anda cegah termasuk juga kanker lainnya, seperti kanker serviks, kanker ovarium dan lainnya.
  • Konsumsi herbal pencegah kanker ( Rekomendasi : Obat Herbal Kanker Paru paru )

Demikianlah informasi tentang gejala kanker paru paru ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda serta menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *