Efek Samping Kemoterapi Pada Penderita Kanker Payudara

Efek samping kemoterapi kanker payudara.- Kemoterapi menjadi salah satu cara mengobati kanker payudara secara medis selain radioterapi dan operasi. Namun pengobatan ini menimbulkan efek samping yang tidak sedikit, dan berikut beberapa efek samping kanker payudara tersebut silahkan disimak !

Efek Samping Kemoterapi Kanker Payudara

Kemoterapi atau yang biasa disebut juga dengan istilah kemo dikenal sebagai pengobatan kanker payudara yang biasa dilakukan secara medis guna memerangi dan menghancurkan sel-sel kanker pada payudara.

Cara kerja kemoterapi adalah menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat pada payudara.

Efek Samping Kemoterapi Kanker Payudara

Kemoterapi memiliki 3 manfaat utama bagi penderita kanker payudara , yakni :

  1. Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.
  2. Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang lain.
  3. Menyembuhkan. Kemoterapi dapat menghancurkan semua sel kanker hingga sempurna dan ini mencegah berkembangnya kanker di dalam tubuh lagi.

Lalu, cara kemoterapi kanker payudara itu seperti apa ? kemoterapi kanker payudara dilakukan dengan cara memberikan beberapa macam obat ( oplosan ) melalui infuse intravena, suntikan, dalam bentuk pil atau cairan.

Sejauh ini kemoterapi merupakan salah satu pengobatan kanker payudara yang efektif karena banyak penderita kanker payudara sembuh dengan pengobatan ini.

Akan tetapi dibalik itu semua pengobatan kanker payudara dengan kemoterapi menimbulkan berbagai efek samping. Hal tersebut karena obat-obatan kemoterapi tidak memiliki kemampuan membedakan sel kanker yang berkembang pesat dengan sel sehat yang secara normal juga memiliki perkembangan pesat.

Akibat ketidak mampuan tersebut sel yang sehatpun akan ikut dimusnahkan oleh obat kemoterapi seperti sel darah, sel kulit, serta sel-sel yang ada di dalam perut., dan hal tersebut jelas akan berpengaruh sehingga menimbulkan berbagai efek samping negtatif pada tubuh.

Efek Samping Kemoterapi Kanker Payudara

Dan berikut ini adalah beberapa efek samping kemoterapi kanker payudara yang umumnya sering dialami oleh pasien kanker payudara yang menjalani kemoteapi, yakni :

Efek Samping Kemoterapi Kanker Payudara

  1. Rambut rontok sehingga mengalami kebotakan
  2. Kehilangan nafsu makan.
  3. Sesak napas dan detak jantung tidak biasa akibat anemia.
  4. Mual dan muntah.
  5. Mimisan.
  6. Kulit kering dan terasa perih
  7. Gampang memar.
  8. Gusi berdarah.
  9. Sulit tidur.
  10. Gairah seksual menurun.
  11. Rasa lelah dan lemah sepanjang hari.
  12. Konstipasi atau diare.

Bahkan pada sebagian kasus yang jarang terjadi kemoterapi dapat menimbulkan efek samping serius seperti  tingkat sel darah putih yang menurun dengan cepat sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi, kerusakan saraf, kerusakan hati, leukimia dan perubahan siklus menstruasi.

Namun yang perlu diketahui adalah semua efek samping kemoterapi kanker payudara tersebut akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan

Bagi penderita kanker payudara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat kemoterapi yakni penderita harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat-obat lain, termasuk obat alergi, herba, pereda nyeri, dan lainnya.

Jika anda melakukan kemoterapi tanpa rawat inap maka hindari hal atau kegiatan yang yang memerlukan energi atau konsentrasi tinggi seperti menyetir atau mengendarai kendaraan sendiri. Mengingat kemoterapi dapat menimbulkan reaksi letih dan lelah.

Sebisa mungkin anda tetap berada dirumah, karena sebagian besar orang yeng menjalani kemoterapi kanker payudara masih bisa melakukan berbagai aktivitas.

Dan yang paling penting adalah sebisa mungkin ikuti perintah dokter dan hindari hal-hal yang dapat berisiko mengganggu proses pengobatan berjalan optimal.

Demikianlah informasi tentang efek samping kanker payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta wawasan anda bertambah.

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini dan salam sehat ! jangan lupa bagikan yah !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *