Cara Penularan Penyakit Hepatitis B

Akhir-akhir ini, kasus penyakit hepatitis B semakin meningkat. Selain penyebabnya, Anda juga perlu tahu cara penularan hepatitis B ini guna melakukan pencegahan agar tidak terkena salah satu penyakit hati ini.

Hepatitis B sendiri salah satu jenis penyakit yang berbahaya dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Bagaimana tidak? Penyakit yang satu ini bisa berkembang menjadi siroris, bahkan kanker hati yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar.

Cara Penularan Hepatitis B

Hindari menggunakan sikat gigi bersama orang lain, ya! (sumber : google)

Dan, penyakit hepatitis B ini termasuk penyakit yang bisa menular atau ditularkan. Maka dari itu, Anda harus lebih waspada dengan penyakit yang satu ini.

Cara Penularan Hepatitis B

Sama seperti HIV, darah menjadi media utama penularan penyakit hepatitis B ini. Maka dari itu, sangat berisiko sekali untuk seseorang yang melakukan transfusi darah terkena hepatitis B.

Selain melalui transfusi darah, cara penularan hepatitis B lainnya juga meliputi:

  • Jarum Suntik

Menggunakan jarum suntik yang tidak steril, atau bersama-sama dengan orang lain dapat meningkatkan risiko Anda tertular penyakit hepatitis B ini. Baik itu jarum medis maupun jarum lainnya, termasuk jarum suntik untuk menggunakan obat terlarang.

Selain itu, petugas medis yang sering bersentuhan dengan alat ini juga perlu hati-hati.

  • Tato Maupun Tindik

Penyakit hepatitis B juga bisa menular melalui tato, lho. Tepatnya saat proses pembuatan tato. Bisa jadi, jarum yang digunakan tidak steril, lebih parahnya lagi bekas orang lain. Pun dengan melakukan tindik atau body piercing.

  • Menggunakan Peralatan Pribadi Bersama-Sama

Perlu Anda ketahui, menggunakan alat atau barang pribadi seperti gunting cukur, sikat gigi, dan benda yang berpotensi meninggalkan darah pada benda tersebut merupakan salah satu cara penularan hepatitis B yang tidak bisa Anda anggap sepele, lho.

  • Hubungan Seksual

Anda sangat disarankan untuk setia dengan pasangan Anda. Melakukan seks bebas dengan banyak partner atau pasangan, apalagi tanpa menggunakan pengaman juga menjadi media penularan hepatitis B.

Risiko terkena hepatitis B juga semakin meningkat jika Anda melakukannya dengan seseorang yang berisiko tinggi menularkan penyakit ini, salah satu contohnya PSK.

  • Dari Ibu ke Bayi

Virus hepatitis B juga bisa menular dari ibu kepada bayi saat persalinan. Hal ini terjadi saat bayi yang di lahirkan terpapar darah atau cairan vagina dari sang ibu yang positif menderita hepatitis B.

Nah, itulah beberapa cara penularan hepatitis B yang perlu Anda ketahui. Waspadalah dengan setiap kemungkinan yang bisa terjadi. Rubahlah pola atau gaya hidup Anda sekarang juga menjadi lebih sehat lagi.

Terima kasih sudah menyimak artikel cara penularan penyakit hepatitis B di atas. Semoga bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) ini.

Supported Post : Cara Mengobati Hepatitis B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *