Apakah TBC Paru Menular

Jika Anda menanyakan apakah TBC paru menular? Maka, jawabannya adalah iya. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara penularan penyakit TBC paru tersebut?

Jangan khawatir! Setelah sebelumnya saya membagikan informasi mengenai ciri-ciri penyakit TB paru, kali ini saya akan membahas cara penularannya.

Cara Penularan TBC Paru

Hal ini karena, TBC paru sendiri merupakan penyakit yang bisa dibilang berbahaya dan membutuhkan waktu lama untuk pengobatannya.

Maka dari itu, melakukan pencegahan lebih baik untuk dilakukan sebelum Anda benar-benar terinfeksi penyakit ini. Dengan Anda mengetahui cara penularannya, semakin besar peluang Anda untuk mengurangi risiko terkena penyakit TBC paru ini.

Baca Juga : Gejala Penyakit Tuberkulosis

Apakah TBC Paru Menular? Begini Cara Penularan TBC Paru yang Harus Anda Tahu!

Kita tidak pernah tahu siapa saja orang-orang di sekitar kita yang positif menderita penyakit TBC paru ini. Maka dari itu, kita perlu waspada. Kendati demikian, jangan sampai apa yang kita lakukan membuat mereka tersinggung.

Pasalnya, penyakit TBC Paru ini menular melalui air liur yang terbang di udara. Kita benar-benar harus hati-hati saat ingin menutup mulut demi menghindari terhirupnya kuman mycobacterium tuberculosis yang menjadi penyebab penyakit TB.

Intinya, kuman penyebab TBC paru ini menular melalui cairan. Nah, selain melalui batuk atau bersin, kuman tersebut juga bisa menular melalui penggunaan barang pribadi secara bersama-sama, misalnya:

  1. Menggunakan sendok yang sama saat makan
  2. Minum dari gelas yang sama
  3. Memakan makanan yang sama sehabis digigit penderita

Dan bagi Anda penderita TBC, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal di bawah ini agar tidak menularkannya kepada orang lain.

Beberapa cara mencegah penularan TBC paru kepada orang lain meliputi:

  • Tidak meludah sembarangan. Usahakan meludah di kamar mandi supaya bisa segera di siram atau di selokan yang airnya mengalir
  • Menutup mulut dengan saputangan ketika batuk atau bersin
  • Tidak melakukan kontak langsung dengan anak-anak. Pasalnya, sistem kekebaln tubuh anak-anak masih sangat lemah. Sehingga, akan mudah sekali tertular
  • Selalu menjemur perlengkapan tidur setiap hari
  • Membiarkan ruangan kamar Anda terpapar sinar matahari
  • Memisahkan peralatan makan Anda dengan orang lain atau orang serumah
  • Hindari menggunakan barang-barang pribadi secara bersama-sama

Bagaimana? Sekarang Anda sudah tahu, kan, bagaimana cara penularan TBC paru? Jadi, sudah sangat jelas jawaban dari pertanyaan apakah TBC paru menular itu adalah iya.

Jangan lupa di share dengan yang lainnya, ya 🙂

Posted By : www.pusatgreenworld.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *