Perlukah Penderita Parkinson Melakukan Terapi Wicara

Perlukah penderita parkinson melakukan terapi wicara? Apabila pertanyaan tersebut mengganggu Anda, di sini kami akan memberikan sekilas gambaran mengenai terapi wicara, sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda.

Terapi Wicara Adalah …

Perlukah Penderita Parkinson Melakukan Terapi Wicara

Terapi wicara sendiri merupakan salah satu tindakan yang dilakukan untuk menangani evaluasi, diagnosis, dan pengobatan gangguan penyebab ketidakmampuan bicara dan menelan.

Seseorang membutuhkan terapi wicara untuk mengatasi masalah kebahasaan, komunikasi, dan menelan karena gangguan kesehatan. Seperti halnya yang terjadi pada penderita parkinson.

Selain tremor atau getaran pada tangan maupun kaki, penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf ini juga ditandai oleh penurunan kemampuan berbicara, termasuk artikulasi yang tidak jelas. Bahkan, beberapa diantaranya juga mengalami kesulitan saat menelan.

Baca : Pantangan Untuk Penyakit Parkinson

Terapi wicara untuk penderita pakinson meliputi beberapa hal, diantaranya:

  • Mengoptimalkan koordinasi mulut agar mampu menghasilkan suara untuk membentuk kata-kata
  • Pemahaman berbahasa dan upaya mengekspresikan bahasa
  • Meningkatkan volume suara
  • Meningkatkan artikulasi (kejelasan dalam berbicara)
  • Memperbaiki komunikasi nonverbal, salah satunya ekspresi wajah

Terapi wicara yang dilakukan oleh penderita parkinson bertujuan untuk melatih cara berbicara dan menelan dengan baik dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Kemungkinan Komplikasi Terapi Wicara

Perlukah Penderita Parkinson Melakukan Terapi Wicara

Seperti dikutip dari laman docdoc.com, Keberhasilan terapi wicara tidak selalu terjamin. Faktor penyebab terjadinya gangguan bicara ikut mempengaruhi, terutama penyakit yang memerlukan pengobatan sebelum menjalani terapi wicara. Seperti penyakit parkinson yang Anda derita.

Gangguan bicara sendiri dapat menyebabkan komplikasi. Bila tidak diobati, gangguan ini memicu kegelisahan, gugup, malu, dan rendah diri. Bahkan, pasien bisa saja mengidap fobia untuk berbicara di depan umum dan beresiko mengalami depresi.

Resiko lainnya adalah cacat permanen, yang tergantung pada penyakit yang mendasari gangguan bicara.

Nah, itulah mengenai terapi wicara untuk penderita parkinson. Jika dirasa memang terapi wicara ini tidak diperlukan, melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat parkinson secara rutin dan teratur serta terus berkonsultasi dengan dokter saja sudah cukup.

Demikian informasi mengenai Perlukah Penderita Parkinson Melakukan Terapi Wicara yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel ini bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Salam Sehat
Pusat Green World

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *