Posisi Tidur Saat Maag Kambuh

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh .- Memilih posisi tidur yang baik penting dilakukan oleh anda penderita maag saat kambuh agar bisa tidur dengan nyaman, lalu bagaimana sebenarnya posisi tidur yang baik tersebut ? berikut kami berikan informasinya untuk anda !

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh

Salah satu hal yang sering dialami oleh penderita maag ketika kambuh adalah mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa 1 dari 4 seseorang yang memiliki penyakit maag akan mengalami gangguan tidur akibat gejala yang muncul.

Hal tersebut terjadi karena gejala maag yang hilang muncul atau bahkan semakin parah ketika posisi tidur yang salah.

Gejala maag yang cukup menjengkelkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman adalah nyeri ulu hati, perut perih melilit dan panas seperti terbakar.

Baca : Ciri ciri Maag Kronis Saat Kambuh

Timbulnya rasa panas di perut atau dada disebabkan oleh refluks gastro-esofageal (GERD) yakni kondisi dimana naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga merusak dinding kerongkongan.

Nah untuk mencegah hal tersebut muncul atau terjadi maka penting bagi anda penderita maag untuk memperhatikan posisi tidur.

Mengingat pada saat kita dalam posisi tidur atau terlentang asam lambung akan mudah naik menuju ke kerongkongan atau mulut.

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh Bagi Penderita Maag

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan pada saat tidur guna mencegah gejala maag timbul atau semakin parah sehingga anda bisa tidur dengan nyenak, yakni :

  • Naikkan kepala Anda sekitar 6-8 inci terhadap tempat tidur untuk mencegah asam lambung naik ke arah esofagus.
  • Jangan tidur dalam posisi telentang, terutama apabila Anda mengalami obesitas, karena tekanan yang besar dari perut akan menekan lambung Anda dan memaksa isinya untuk naik ke atas.
  • Jangan tidur dengan posisi miring ke arah kanan. Hal ini akan membuat otot pintu esofagus menjadi lemah sehingga asam lambung akan dengan mudah naik ke atas.
  • Tidurlah dengan posisi miring ke kiri. Sesuai dengan penelitian, posisi ini merupakan posisi terbaik untuk para pemilik sakit maag.
  • Gunakanlah baju yang longgar/tidak ketat ketika tidur. Pasalnya, baju yang ketat akan menekan lambung sehingga memudahkan asam lambung naik.
  • Janganlah langsung tidur segera setelah makan. Tunggulah sekitar 3-4 jam setelah makan sebelum Anda tidur. Hal tersebut akan memberi kesempatan kepada lambung untuk mencerna makanan sehingga makanan yang Anda konsumsi akan turun ke usus dan membuat kondisi lambung menjadi kosong. Hal ini akan mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung pada saat tidur

sumber : www.klikdoter.com post by dr. Mega Putri

Demikianlah informasi singkat tentang posisi tidur saat maag kambuh ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa meningkatkan kualitas tidur anda.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan salam sehat !

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *