Perbedaan Osteoporosis Dengan Pengapuran Tulang

Ternyata, masih banyak yang menganggap pengapuran dan pengeroposan tulang itu adalah kondisi yang sama. Padahal, faktanya kedua penyakit tersebut berbeda.

Ada beberapa perbedaan osteoporosis dengan pengapuran tulang, mulai dari pengertian sampai dengan bagian tulang yang bisa diserang. Maka dari itu, penanganan yang dibutuhkan juga berbeda.

Untuk mengetahui kondisi yang Anda alami, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Karena, mengenali gejala osteoporosis atau pengapuran tulang saja tidak cukup. Karena, kedua penyakit tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda.

Perbedaan Osteoporosis Dengan Pengapuran Tulang

Bagi Anda yang masih bingung dan belum mengetahui perbedaan pengapuran dan pengeroposan tulang, tidak perlu khawatir! Kali ini, www.pusatgreenworld.web.id akan memberikan informasinya. Semoga bisa membantu, ya 🙂

Ini Dia Perbedaan Osteoporosis Dengan Pengapuran Tulang yang Perlu Anda Tahu

Dari namanya saja sudah berbeda antara pengapuran dengan pengeroposan tulang. Pengapuran tulang dalam dunia medis dikenal sebagai osteoarthritis (OA), sedangkan pengeroposan tulan dikenal dengan osteoporosis.

1. Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Pada kasus osteoporosis ini, massa tulang secara perlahan mengalami penyusutan atau pengurangan. Sehingga, tulang menjadi rapuh dan mudah retak atau patah. Hampir semua bagian tulang bisa terkena osteoporosis, mulai dari tulang kaki, tangan, sampai dengan tulang belakang.

Kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Karena, jika kondisi osteoporosis ini sudah parah dapat menurunkan kualita hidup dan membatasi pergerakan penderita. Bahkan, tulang menjadi lebih mudah mengalami retak sampai dengan patah walau hanya dengan cedera ringan saja seperti keseleo.

Untuk mengatasi osteoporosis ini, selain mengosumsi suplemen atau obat yang diresepkan, Anda juga perlu mengonsumsi aneka makanan untuk menguatkan tulang yang kaya akan vitamin D, vitamin K, kalsium dan mineral lainnya.

Anda juga bisa mengonsumsi obat alami osteoporosis dari teripang atau gamat emas yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping dalam mengatasi osteoporosis Anda sampai tuntas. Di samping itu, jangan lupa untuk tetap olahraga.

2. Pengapuran Tulang atau Osteoarthritis

Nah, sementara pada kasus pengapuran tulang atau dikenal dengan osteoarthritis (OA), hanya tulang rawan sendi saja yang terkena.

Pengapuran membuat tulang rawan sendi habis karena terkikis yang membuat penderitanya kesulitan bergerak atau berjalan.

Yang paling sering terkena pengapuran biasanya tulang rawan pada dengkul yang mempertemukan tulang betis dan lutut.

Jika pada kasus osteoporosis penyebab utamanya adalah kekurangan kalsium, maka pada pengapuran tulang, selain faktor usia, berat badan yang berlebih serta tekanan secara berlebih dalam jangka waktu lama pada persendian menjadi pemicunya.

Kesimpulannya, osteoporosis mempengaruhi semua bagian tulang dengan adanya pengurangan pada massa tulang dan membuat tulang menjadi rapuh. Sedangkan pada pengapuran, hanya tulang rawan saja yang dapat terpengaruh. Kondisi ini juga berkaitan dengan persendian dan bisa membuat penderitanya kesulitan berjalan.

Itulah perbedaan osteoporosis dengan pengapuran tulang yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga, informasi di atas bisa membantu Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

SALAM SEHAT

Perbedaan Osteoporosis Dengan Pengapuran Tulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *