Penyebab Penyakit TBC

Mau terhindar dari penyakit TBC paru? Sudah tahu apa yang menjadi penyebab penyakit TBC paru dan juga faktor risikonya?

Jangan khawatir! Karena, kali ini kami akan memberikan informasinya untuk Anda. Mengetahui penyebab dan faktor risikonya sangat penting agar bisa terhindari dari penyakit tersebut.

Apalagi, mengingat penyakit TBC paru merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa berlangsung lama sampai dengan bertahun-tahun.

Jika sudah parah, TBC paru bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian. Dan berdasarkan data dari WHO, Indonesia sendiri termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus TBC terbanyak.

Penyebab Penyakit TBC Paru

Penyebab Penyakit TBC

Ilustrasi gambar Mycobacterium tuberculosis (bakteri penyebab TBC) – Sumber : cryst.bioc.cam.ac.uk

Meskipun ada banyak faktor yang menjadi pemicu penyakit TBC, yang menjadi penyebab utamanya adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Umumnya, bakteri ini menyebar melalui udara dari satu orang ke orang lainnya. Paling banyak adalah ketika penderita bersin atau batuk tanpa menutupnya.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa selalu membawa tisu atau saputangan untuk menutup mulut saat ada yang batuk atau bersin di dekat Anda tanpa menutup mulutnya.

Selain menyerang paru, bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menjadi penyebab penyakit TBC ini juga dapat menyebar kebagian tubuh lainnya. Bahkan, dapat memicu terjadinya meningitis juga, lho.

Bakteri ini akan sangat mudah sekali menginfeksi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Apalagi, penderita HIV sangat rentan sekali untuk terkena penyakit TBC ini.

Faktor Risiko Penyakit TBC Paru

Nah, selain bakteri Mycobacterium tuberculosis, ada faktor lainnya yang juga harus Anda waspadai. Karena, kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit TBC paru ini.

Faktor-faktor tersebut diantaranya:

  • Bertempat tinggal di pemukiman yang padat dan kumuh
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pada penderita HIV, kanker, diabetes, serta anak-anak dan lansia
  • Orang yang mengalami kekurangan gizi
  • Penyalahgunaan zat terlarang, contohnya narkoba dan minuman keras seperti alkohol dan minuman sejenisnya
  • Merokok dan penggunaan tembakau

Selain itu, pekerjaan Anda juga bisa menjadi faktor yang meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit TBC paru ini. Pekerjaan tersebut meliputi:

  1. Petugas medis yang sering berhubungan dengan pengidap TB
  2. Orang yang tinggal atau bekerja di penjara atau panti jompo

Nah, itulah beberapa penyebab penyakit TBC paru dan juga faktor risikonya yang harus Anda hindari guna mencegah penyakit TBC tersebut.

Kalau sudah terlanjur terkena TBC, Apa yang harus dilakukan?

Berobat adalah hal yang harus segera Anda lakukan saat diagnosa menyatakan Anda positif menderita penyakit TBC. Pengobatan TBC itu harus dilakukan secara rutin, teratur dan disiplin selama 6 bulan tanpa putus. Obat yang diresepkan harus dikonsumsi dalam waktu yang sama setiap harinya.

Namun, jika Anda ingin mengobati penyakit TBC paru secara alami, Anda bisa menggunakan obat herbal QnC Jelly Gamat yang dibuat dari ekstrak teripang emas. Keampuhan dan efektifitas khasiatnya dalam mengobati penyakit TBC telah terbukti secara nyata.

Khasiat lebih lengkapnya silakan KLIK » Pengobatan Alami TBC Paru

Terima kasih sudah menyimak. Semoga, dengan Anda mengetahu penyebab penyakit TBC paru dan juga faktor risikonya, Anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini, ya.

Salam Sehat

Posted by : www.pusatgreenworld.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *