Penyebab Osteoporosis atau Tulang Keropos

Ingin tulang tetap kuat saat memasuki usia tua? Yuk! Ketahui penyebab osteoporosis atau tulang keropos yang menjadi salah satu gangguan tulang paling sering terjadi pada lansia.

Tulang yang kuat berfungsi untuk menyangga tubuh kita. Sudah bisa dipastikan, saat tulang mulai mengalami pengeroposan, berbagai gangguan akan terjadi, salah satunya adalah perubahan postur tubuh.

Penyebab Osteoporosis

Kepadatan tulang yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia (Copyright/Google Image)

Nah, dengan menghindari penyebabnya, kita bisa terhindar dari risiko terkena pengeroposan tulang ini. Lalu, apa sajakah penyebab pengeroposan tulang tersebuut?

Dari pada penasaran, di sini kami telah berhasil merangkum apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Penyebab Osteoporosis atau Tulang Keropos

Umumnya, masalah pengeroposan tulang atau osteoporosis yang banyak terjadi pada lansia ini disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium.

Namun, apakah Anda tahu? Kekurangan kalsium ternyata bukan satu-satunya penyebab osteoporosis atau tulang keropos pada wanita maupun pria, lho. Masih ada faktor lainnya yang juga dapat mempengaruhi risiko Anda untuk terkena gangguan tulang yang satu ini.

Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab osteoporosis atau tulang keropos lainnya beserta faktor risikonya yang meliputi:

1. Merokok

Jika Anda ingin memiliki tulang yang sehat, STOP merokok sekarang juga. Pasalnya, dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa keracuna nikotin pada sel tulang dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam menggunakan setrogen dan juga kalsium serta vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk Anda mulai mencoba berhenti merokok untuk menekan risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang dikemudian hari.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab osteoporosis atau tulang keropos lainnya adalah hormon yang tidak seimbang, terutama hormon paratiroid dan hormon pertumbuhan.

Pasalnya, hormon-hormon tersebut selain berfungsi untuk membantu tulang dalam penggunaan kalsium, juga untuk menentukan kapan waktunya membentuk dan menghancurkan tulang.

Maka dari itu, kurangnya kadar hormon-hormon tersebut dapat mempengaruhi kepadatan tulang Anda dan menjadi salah satu faktor yang membuat risiko Anda untuk terkena osteoporosis semakin meningkat.

3. Aktivitas Fisik yang Rendah

Tanpa Anda sadari, terlalu sedikit dalam melakukan aktivitas fisik ternyata dapat mempengaruhi kepadatan tulang Anda, lho. Tulang-tulang Anda bisa melemah jika tidak sering digunakan.

4. Siklus Haid atau Menstruasi yang Tidak Lancar

Ternyata, siklus haid yang tidak lancar juga termasuk dalam faktor penyebab osteoporosis atau tulang keropos. Saat siklus haid Anda tidak lancar, atau bahkan Anda tidak lagi mengalami menstruasi dapat menyebabkan hilangnya kalsium dalam tulang.

5. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol dan Kafein

Jika Anda memiliki kegemaran untuk mengonsumsi minuman beralkohol maupun yang mengandung kafein, sebaiknya mulai dikurangi.

Alkohol, salah satu penyebab osteoporosis

Alkohol maupun kafein yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengurangi kepadatan tulang. Perlu Anda tahu, alkohol dan kafein ini bersifat tajam dan dapat menghancurkan zat mineral dari tulang dan mengikat kalsium dalam tulang yang akan membuat tulang menjadi lemah dan menipiskan dinding tulang dari luar.

Penyebab Osteoporosis atau Tulang Keropos Lainnya

Selain faktor-faktor di atas, masih ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kepadatan tulang Anda sehingga meningkatkan risiko Anda untuk terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Faktor risiko osteoporosis atau tulang keropos yang juga harus Anda ketahui ini diantaranya:

  • Menopause dini sebelum usia 45 tahun
  • Kurang berolahraga
  • Pola makan yang buruk
  • Memiliki faktor genetik di mana salah satu atau beberapa anggota keluarga Anda pernah mengalami osteoporosis
  • Kekurangan vitamin D
  • Memiliki tubuh yang sangat kurus
  • Mengonsumsi obat jenis tertentu dalam waktu yang lama, salah satu contohnya obat jenis kortikosteroid
  • Terlalu sering konsumsi minuman berkarbonasi seperti soda
  • Menjalani histerektomi (operasi pengangkatan rahim) sebelum usia 45 tahun
  • Mengalami gangguan kelenjar, misalnya : sindrom Cushing dan berkurangnya kadar hormon estrogen pada wanita maupun tetosteron pada pria.

Nah, itulah beberapa penyebab osteoporosis atau tulang keropos yang sebaiknya Anda ketahui. Usahakan untuk mulai merubah gaya hidup Anda dan aktif dalam melakukan aktivitas fisik, terutama olahraga.

Terima kasih sudah menyimak. Semoga artikel kesehatan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang, ya 🙂

Posted By : Obat Osteoporosis Alami

Penyebab Osteoporosis atau Tulang Keropos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *