Bisakah Penyakit Parkinson Terjadi Pada Usia Muda

Bisakah Penyakit Parkinson Terjadi Pada Usia Muda?

Banyak sekali pertanyaan mengenai risiko dan kemungkinan penyakit parkinson terjadi pada usia muda atau usia produktif.

Ini karena, parkinson sendiri dikenal sebagai penyakit yang lebih sering menyerang orang lanjut usia (di atas 50 tahun). Namun, faktanya?

PARKINSON TERNYATA BISA TERJADI PADA USIA MUDA

Penyakit parkinson sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada susunan saraf di kepala, khususnya otak.

Umumnya, penyakit parkinson ini memang menyerang usia di atas 50 tahun. Namun, pada kenyataanya, penyakit ini juga bisa terjadi pada usia di bawah 50 tahun.

Salah satunya Anda pasti tahu, yakni petinju legendaris Muhammad Ali yang menderita parkinson saat usianya 42 tahun.

Ali, diketahui menderita penyakit parkinson akibat pukulan berulang yang ditujukan ke kepala. Dan, cedera yang terjadi secara berulang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan risiko seseorang untuk menderita parkinson menjadi meningkat.

Inilah Alasan Kenapa Penyakit Parkinson Bisa Menyerang Usia Muda

Penyakit Parkinson Pada Usia Muda

Dari dailymail.co.uk, Mr Slicker, penderita parkinson termuda pada usia 23 tahun

Di bawah ini pernyataan dari beberapa dokter yang mengungkapkan bahwa penyakit parkinson bisa terjadi pada usia muda seperti di kutip dari beberapa sumber.

dr. Roul Sibarani, Sp.S, (dokter spesialis saraf dari RS. MRCCC Siloam Hospitals Semanggi) – Penyakit parkinson yang terjadi pada usia muda bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Orang tersebut memiliki gen yang mampu mengubah protein dalam otaknya menjadi penyakit. Inilah yang menyebabkan penyakit parkinson pada usia muda.

Pun dengan dr. Frandy Susatia, Sp.S yang mengatakan bahwa faktor genetik memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan risiko penyakit parkinson menyerang usia muda. Bahkan, pasiennya ada yang berusia 28 tahun.

Baca : Faktor Lain Penyebab Parkinson Di Usia Muda

Ciri-Ciri atau Gejala Penyakit Parkinson Di Usia Muda Yang Harus Anda Waspadai

Ada beberapa gejala parkinson yang harus Anda waspadai. Beberapa diantaranya meliputi:

  • Tremor (getaran)

Gejala umum dari penyakit parkinson adalah tremor atau getaran yang umumnya terjadi pada tangan. Tremor ini bisa terjadi kapanpun, termasuk pada saat istirahat.

  • Kekakuan Sendi

Gejala parkinson pada usia muda lainnya yang harus Anda waspadai adalah terjadinya kekauan pada sendi gerak Anda.

  • Gerakan Menjadi Lamban

Apabila Anda merasa gerakan Anda menjadi lambat, Anda harus mewaspadainya. Segera lakukan pemeriksaan agar Anda mengetahui secara pasti penyebabnya, termasuk adanya penyakit parkinson yang menyerang usia muda.

  • Keseimbangan tubuh terganggu, merasa hendak jatuh ke depan

Lalu, bagaimanakah agar terhindar dari penyakit parkinson pada usia muda?

Meskipun faktor genetik yang menjadi penyebab terjadinya penyakit parkinson pada usia muda tidak bisa ter-elakan, Anda tidak perlu khawatir. Karena, Anda bisa melakukan upaa pencegahan dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Merubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  • Memperbanyak asupan nutrisi dan gizi, terutama dari buah dan sayur
  • Menghindari stres
  • Mengurangi risiko untuk mengalami cidera, terutama di bagian kepala
  • Tidak mengkonsumsi alkohol maupun minuman keras lainnya
  • Olahraga
  • Cukup istirahat

Baca : Penyakit Parkinson Bisa Disembuhkan

Nah, sekarang Anda tahu, kan, bahwa penyakit parkinson juga bisa menyerang usia muda. Jadi, waspadalah dan usahakan untuk lebih care lagi dengan kesehatan tubuh Anda. Bila perlu, segera lakukan pemeriksaan apabila Anda menemukan keanehan yang terjadi pada tubuh Anda. Ingat, bahwa mencegah lebih baik dari mengobati.

Demikian informasi mengenai “Bisakah Penyakit Parkinson Terjadi Pada Usia Muda” yang bisa saya sampaikan di sini. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Salam Sehat

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *