Operasi Varikokel – Efek Samping Dan Penanganan Pasca Operasi

Operasi Varikokel

Operasi Varikokel .- Varikokel adalah kondisi dimana membengkaknya pembuluh darah vena didalam skrotum ( kantung zakar ), kondisi tersebut mirip dengan penyakit varises di kaki.

Secara bertahap pembengkakan pada pembuluh vena dalam skrotum tersebut dapat berkembang menjadi sebuah benjolan lunak diatas buah zakar tepatnya pada sisi kiri skrotum.

Ukuran benjolan yang muncul bisa bermacam-macam, ada yang bisa dilihat secara kasat mata dan ada juga yang baru bisa diketahui setelah diraba.

Secara umum penyakit varikokel tidak menimbulkan gejala, akan tetapi pada sebagian kasus penderita varikokel ada yang merasakan gejala berupa rasa tidak nyaman hingga timbulnya nyeri pada buah zakar.

Utamanya pada saat sipenderita melakukan aktivitas terlalu lama dan berdiri, namun rasa sakit tersebut akan sedikit mereda jika sipenderita berbaring.

Kapan Harus Kedokter ?

Sebaiknya anda temui dokter jika anda mengalami beberapa gejla seperti : buah zakar bengkak, sakit pada buah zakar dan adanya benjolan pada buah zakar.

Jika kondisi tersebut dibiarkan tanpa pengobatan maka penyakit varikokel yang dideirta dikhawatirkan menimbulkan berbagai komplikasi seperti :

  • Penyusutan testis
  • Kemandulan
  • Penurunan kualitas dan kuantitas sperma

Pada saat menemui dokter biasanya pasien akan diaknosa terlebih dahulu guna memilih pengobatan yang dilakukan.

Diaknosa dilakukan dengan cara melakukan cek fisik serta tes seperti : menyuruh pasien berdiri, menghirup napas dalam-dalam, lalu menahannya jika pembengkakan yang terjadi kecil.

Jika melalui pemeriksaan fisik belum dapat dipastikan, maka akan dilakukan tes medis. Salah satunya adalah USG atau ultrasound.

Pada kasus varikokel, USG dilakukan untuk menghasilkan citra atau gambar struktur di dalam skrotum secara terperinci.

Melalui tes ini, tiap hal yang diduga berkaitan dengan gejala varikokel dapat diketahui, termasuk kondisi-kondisi lainnya, seperti tumor atau kanker testis.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan dan tes tersebut maka barulah dokter akan mengambil tindakan pengobatan.

salah satu pengobatan varikokel yang biasa dilakukan oleh dokter adalah operasi, utamanya jika pembengkakan sudah besar.

Baca : Cara Menyembuhkan Varikokel Tanpa Operasi

Operasi Varikokel Dan Efek Sampingnya

operasi varikokel

Jika penyakit varikokel yang diderita oleh seseorang telah menunjukan gejala berupa timbulnya rasa ketidaknyamanan, rasa sakit, penyusutan testis, atau gangguan kesuburan maka operasi adalah hal yang pertama akan disarankan oleh dokter.

Dimana pada prakteknya ada 2 prosedur operasi varikokel yang biasa dilakukan untuk mengatasi penyakit varikokel, yakni :

#1 Operasi Varikokel Embolisasi

Operasi ini dilakukan dengan cara memasukkan sebuah selang berukuran mikro yang disertai perangkat X-ray ke pembuluh vena untuk mencari dan mengetahui bagian mana yang rusak dan mengalami pembengkakan.

Jika kerusakan yang terjadi sudah ditemukan maka selanjutnya cairan atau alat khusus berbentuk gulungan akan disalurkan ke pembuluh yang rusak melalui selang.

Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk menghalangi darah masuk ke pembuluh vena yang rusak dan mengalir lewat pembuluh vena yang sehat.

#2 Operasi Terbuka

Operasi bedah terbuka adalah operasi yang dilakukan dengan membuat sayatan pada bagian bawah selangkangan atau perut, dimana sebelumnya pasien akan dibius secara total.

Selanjutnya dokter akan memperbaiki atau mengangkat pembuluh vena yang rusak atau membengkak.

Selama beberapa hari atau minggu pasca operasi pasien yang menjalani operasi ini akan merasa sakit ringan pada bekas operasi.

Efek Samping Operasi Varikokel

Selain bekas luka operasi dan timbulnya rasa nyeri pada bekas operasi seseorang yang menjalani operasi varikokel juga berpotensi mengalami beberapa masalah kesehatan atau efek samping pasca operasi varikokel , yakni :

  • Mual dan Muntah
  • Kekambuhan Varikokel
  • Infeksi
  • Hidrokel ( adanya cairan disekeliling buah zakar )
  • Atrofi Testis ( pengecilan buah zakar )
  • Pembuluh Darah Arteri Rusak
  • Trauma Bedah

Nah untuk mencegah atau menghindari beberapa efek samping tersebut maka ada beberapa hal yang bisa anda lakuka dan perhatikan pasca operasi varikokel dilakukan, yakni :

  • Pasien sudah boleh beraktifitas normal sehari-hari (tanpa kerja berlebihan dan olahraga) dalam 2 hari paska operasi.
  • Pasien juga sudah boleh mandi 48 jam setelah operasi
  • Konsumsi makanan secara bertahap, mulai dari makanan lunak lalu ditingkat secara perlahan-lahan menjadi makanan padat.
  • Mengonsumsi obat yang diberikan dokter paska operasi secara teratur.
  • Pasien baru boleh berkaktifitas yang agak berat (misalnya olahraga joging) 2 minggu paska operasi.
  • Hindari berhubungan seksual dengan pasangan yang sah dalam 1 minggu paska operasi.
  • Jaga kebersihan luka paska operasi, terutama setelah buang air.

Demikianlah informasi tentang operasi varikokel dan efek sampingnya ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *