Makanan Untuk Tulang Kuat (Mencegah Osteoporosis)

Jangan hanya konsumsi susu untuk membuat tulang Anda tetap kuat. Pasalnya, masih ada beberapa jenis makanan untuk tulang kuat lainnya yang bisa Anda konsumsi dan kreasikan setiap harinya, supaya tidak bosan.

Untuk mendapatkan tulang yang kuat dan terhindar dari risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang, kalsium bukan satu-satunya yang harus Anda konsumsi. Tapi, juga vitamin D.

Makanan Untuk Tulang Kuat

Susu, minuman berwarna putih yang dihasilkan sapi memiliki keduanya, kasium dan vitamin D. Maka dari itu, susu dikenal sebagai salah satu minuman yang bagus untuk pertumbuhan tulang, termasuk menjaga kepadatannya. Pun dengan olahannya, seperti yoghurt dan keju.

Yoghurt sendiri merupakan salah satu minuman yang kaya akan vitamin D dan kalsium. Begitu juga denga keju, mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kepadatan tulang.

Makanan Untuk Tulang Kuat

Dan, di bawah ini ada beberapa makanan untuk tulang kuat selain susu dan olahannya. Makanan tersebut meliputi:

1. Telur

Selain kaya akan protein, telur juga memiliki nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tulang kita, seperti vitamin D, A, dan vitamin B, magnesium, dan kandungan lainnya.

Maka dari itu, tidak perlu ragu untuk memasukan telur dalam salah satu menu harian Anda, entah saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

2. Sayuran hijau

Bayam, brokoli, pakcoy, sawi, dan sayuran berwarna hijau lainnya termasuk makanan untuk tulang kuat, lho. Hal ini karena, di dalam sayuran hijau terdapat kandungan vitamin K.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Feskanich pada tahun 1999 yang lalu, menunjukkan, bahwa konsumsi vitamin K dapat mempengaruhi penurunan risiko patah tulang.

3. Ikan

Salmon dan tuna adalah salah dua jenis ikan yang paling direkomendasikan agar tulang Anda tetap kuat dan sehat. Selain omega 3, di dalam ikan ini juga terdapat vitamin D, vitamin A, dan juga fosfor yang dapat membantu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

4. Biji-bijian

Makanan untuk menjaga kekuatan tulang lainnya adalah biji-bijian, dan biji labu adalah salah satunya. Perlu Anda ketahui, jika di dalam biji labu ini terdapat mineral yang cukup banyak untuk membantu pembentukan tulang Anda.

5. Kacang-kacangan

Pun dengan kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang merah, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya juga bagus untuk membantu Anda mendapatkan tulang yang kuat dan terhindar dari osteroporosis atau tulang keropos, lho.

6. Buah-buahan

Beberapa buah-buahan, seperti kiwi, jeruk, stroberi, jambu biji, serta alpukat dan pisang juga bisa Anda konsumsi sebagai makanan untuk tulang kuat. Buah-buahan ini bisa dimakan langsung atau dijadikan smoothie, tidak masalah.

Seberapa Pentingnya Mengonsumsi Makanan Untuk Tulang Kuat ?

Makanan Untuk Tulang KuatKekurangan asupan kalsium menjadi salah satu penyebab osteoporosis atau pengeroposan tulang. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang kita sangat penting.

Hal ini karena, tulang sendiri menjadi salah satu bagian yang menopang tubuh. Dengan kerja sama antara tulang, persendian dan otot, kita bisa bergerak.

Apabila tulang mengalami masalah, contohnya patah, maka aktivitas kita dapat terganggu. Pun dengan osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Gangguan pada tulang ini tidak hanya dapat membatasi aktivitas Anda, tapi juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tulang, dan tulang juga menjadi rapuh.

Gejala osteoporosis yang bisa dikenali dengan mudah adalah perubahan postur tubuh, yakni pembungkukan pada bagian tulang belakan.

Nah, agar tidak bosan, Anda bisa melakukan berbagai kreasi menu dengan menggunakan bahan-bahan di atas. Semoga, informasi makanan untuk tulang kuat selain susu di atas dapat bermanfaat, ya 🙂

SALAM SEHAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *