Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Kanker Pankreas dan Pantangannya

Makanan Untuk Penderita Kanker Pankreas – Peluang untuk sembuh dari kanker pankreas selalu ada. Selain dengan melakukan pengobatan, Anda juga sebaiknya memperhatikan asupan makanan harian Anda.

Kenapa? Hal ini karena, beberapa makanan dapat mempengaruhi kesehatan penderita kanker pankreas. Selain tahu apa saja makanan baik untuk penderita kanker pankreas, Anda juga perlu tahu pantangan makanannya.

Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita pankreas. Semoga bisa membantu mengoptimalkan pengobatan kanker pankreas yang sedang Anda jalani.

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Kanker Pankreas dan Pantangannya

langsung saja, di bawah ini adalah beberapa anjuran dan pantangan makanan untuk penderita kanker pankreas yang sebaiknya Anda ketahui.

A. Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kanker Pankreas

Makanan Untuk Penderita Kanker Pankreas

1). Ikan Salmon

Ikan laut yang kaya akan omega 3 ini ternyata memiliki antioksidan yang kuat. Antioksidan pada ikan salmon selain untuk membantu menangkal radikal bebas, juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

2). Kunyit

Rempah yang sering menjadi bagian dari bumbu masakan ini ternyata efektif untuk melawan sel kanker, lho. Kunyit ini dapat mencegah pembentukan nitrosamine dan menghambat produksi aflatoksin (dua proses yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker).

3). Ubi Jalar

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kanker pankreas lainnya adalah ubu jalar. Selain mengandung beta-karoten, ubi jalar juga mengandung vitamin C dan bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

4). Sayuran

Beberapa jenis sayuran masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita kanker pankreas, seperti wortel, daun bawang, kubis, brokoli, dan lobak.

Sayuran yang bagus untuk penderita kanker pankreas di atas selain mengandung antioksidan, juga mengandung falcarinol, senyawa alami yang telah terbukti dapat menghambat perkembangan kanker.

5). Bawang Putih

Selain dapat mengatasi infeksi, bawang putih juga ternyata kaya akan antioksidan serta flavonoid, selenium, sulfur, belerang, dan arginin yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

6). Teh Hijau

Selain kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, teh hijau ternyata mengandung senyawa fitokimia catechin yang dikenal sangat efektif dalam melindungi sel terhadap kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan jika catechin dapat mencegah metastasis (penyebaran sel kanker).

7). Buah-Buahan

Buah ceri dan raspberi merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Selain enak untuk dikonsumsi, kedua buah tersebut bagus untuk dikonsumsi penderita kanker pankreas. Raspberi memiliki konsentrasi tinggi asam ellagic yang sudah teruji secara klinis mampu mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker pankreas.

Baca Juga Informasi Ini : Faktor Penyebab Kanker Pankreas

Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk, tidak ada salahnya Anda untuk memasukan makanan yang baik untuk penderita kanker pankreas di atas ke dalam menu harian Anda.

B. Pantangan Makanan Untuk Penderita Kanker Pankreas

Selain makanan dengan kadar gula yang tinggi, penderita kanker pankreas juga sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis minuman dan makanan di bawah ini. Di khawatirkan, apabila mengkonsumsi pantangan makanan kanker pankreas di bawah, gejala kanker pankreas yang sudah ada malah bertambah semakin memburuk.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kanker Pankreas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker pankreas tersebut meliputi:

  • Acar
  • Minuman berkarbonasi (soda, cola, minuman berenergi, dan minuman sejenisnya)
  • Alkohol
  • Tape (singkong dan ketan)
  • Buah : Durian, nangka, nanas, lengkeng, duku
  • Makanan tinggi lemak, termasuk daging berlemak, aneka gorengan, makanan bersantan, jeroan, susu full krim dan olahannya (keju, dan mentega), dll.
  • Daging olahan (sosis, bacon, nuget, ham, daging asap, dll.)
  • Makanan yang mengandung MSG dan bahan pengawet kimia, termasuk makanan kalengan, jus buah kemasan, snack, buah yang di keringkan, dll.
  • Makanan pedas
  • Minuman dan makanan yang mengandung kafein, termasuk coklat
  • Makanan yang diolah dengan cara di bakar, baik steak, sate, maupun jagung bakar
  • Popcorn yang dimasak menggunakan microwave

Selain menghindari pantangan makanan kanker pankreas di atas, Anda juga disarankan untuk makan dalam porsi yang sedikit namun sering, intinya jangan terlalu kenyang. Mengelola stres, istirahat dengan cukup, berolahraga, dan menjauhi rokok dapat membantu meringankan kanker pankreas yang Anda derita.

Demikian informasi mengenai makanan untuk penderita kanker pankreas (anjuran dan pantangannya). Semoga, artikel di atas bermanfaat dan dapat membantu meringankan penyakit kanker pankreas yang Anda derita.

SALAM SEHAT
By : www.pusatgreenworld.web.id

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Kanker Pankreas dan Pantangannya

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *