Makanan Sehat Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Jika saat ini anda menderita penyakit infeksi paru paru, maka inilah beberapa makan sehat untuk penderita infeksi paru paru yang baik dikonsumsi guna membantu penyembuhan penyakit selain konsumsi obat.

Makanan Sehat Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Apa itu infeksi paru paru ?

Infeksi paru paru merupakan salah satu penyakit yang harus mendapatkan penanganan yang cepat dan serius, karena jika tidak penyakit ini bisa merenggut nyawa penderitanya.

Bahkan infeksi paru paru merupakan penyakit pembunuh nomer satu bagi anak-anak diseluruh dunia.

Infeksi paru adalah kondisi dimana adanya peradangan pada organ paru paru yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme bakteri, parasit, virus dan jamur.

Berdasarkan letak dan bagian paru yang terkena infeksi, penyakit infeksi paru paru memiliki beberapa jenis yakni : pneumonia ( paru paru basah ), TBC, bronkitis dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis ( PPOK ).

Seseorang yang terkena penyakit infeksi paru paru akan merasa sangat lemak dan nampak begitu sakit, pucat, tak berdaya walaupun dirinya tidak melakukan aktivitas berat.

Infeksi paru paru bisa menyerang siapa saja, akan tetapi lebih rentan terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah seperti anak-anak, wanita hamil dan manula.

Itulah sebabnya mengapa penyakit ini cenderung lebih sering ditemukan kasusnya pada anak-anak, bahkan menjadi penyakit pembunuh bagi sebagian besar anak-anak diseluruh dunia.

Makanan Sehat Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Makanan Sehat Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Bagi anda yang saat ini menderita penyakit infeksi paru paru atau memiliki anggota keluarga yang terkena penyakit infeksi paru paru,

Maka salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk membantu proses penyembuhan atan mencegah penyakit semakin parah adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Atau dengan kata lain harus lebih selektif dalam mengkonsumsi atau memberikan makanan yakni memiliki makanan sehat yang mampu memberikan efek baik ( sehat ) bagi kesehatan pengidap infeksi paru paru.

Dan berikut ini adalah contoh makanan sehat untuk penderita infeksi paru paru, yakni :

#1).  Madu

Madu bisa menjadi alternatif untuk mengatasi infeksi paru paru karena memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya adalah mampu mengatasi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada paru paru karena madu mengadung komponen yang mampu menghasilkan hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri.

#2). Buah Apel

Selanjutnya penderita infeksi paru paru bisa mengkonsumsi buah apel guna mengatasi dan meringankan gejala infeksi paru paru.

Buah apel mengandung

phytochemical yang mampu menyehatkan saluran pernafasan serta meningkatkan kondisi kesehatan penderita infeksi paru paru.

Dengan begitu maka buah apel sangat tepat jika dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari buah apel tersebut maka penderita infeksi paru paru dianjurkan konsumsi minal 5 buah apel dalam seminggu.

#3). Buah Tomat

Selain apel, pasien infeksi paru paru juga bisa mengkonsumsi tomat guna menjaga stabilitas kesehatan dan menjaga penyakt semakin parah.

#4). Buah Keluarga Berry

Makanan untuk penderita infeksi paru paru selanjunya adalah keluarga berry seperti : Blueberry dan strawberry.

Buah tersebut terbukti dan terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatasi berbagai inflasmi atau peradangan yang terjadi karena memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antiradang alami.

Bagi penderita infeksi paru paru konsumsi buah Blueberry dan strawberry dipercayai dapat meningkatkan kondisi kesehatan.

#5). Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan paru paru karena mampu membersihkan paru paru jika dikonsumsi secara rutin.

Hal ini tentunya akan sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru.

#6). Kol

Selanjutnya sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru adalah kol.

Hampir sama dengan kubis, kol juga memiliki kemampuan membersihkan paru paru sehingga bisa membuat paru paru lebih sehat.

Untuk itu bagi anda yang saat ini menderita penyakit infeksi paru paru dan tidak suka dengan kubis maka anda bisa mengkonsumsi kol.

#7). Brokoli

Masih dari keluarga sayuran, makanan sehat selanjutnya yang baik dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru adalah brokoli.

#8). Bayam

Selanjutnya makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru adalah bayam.

Bayam memiliki kandung asam folat yang berguna untuk mencegah infeksi bakteri dan virus hingga kanker.

Bagi penderita infeksi paru paru, mengkonsumsi bayam selain dapat meningkatkan kondisi kesehatan juga dapat terhindar dari penyakit kanker.

#9). Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Bagi penderita infeksi paru paru banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitami C dipercayai dapat meningkatkan kondisi kesehatan mengingat hal tersebut bisa meningkatkan sistem imuns tubuh yang memiliki efek baik bagi kesehatan.

Selain meningkatkan kondisi kesehatan, konsumsi rutin makanan yang memiliki kandungan vitamin C banyak juga bisa membuat organ paru paru menjadi lebih sehat.

Maka dari itu penderita infeksi paru paru dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin c nya.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan vitamin c banyak yakni : mangga, nanas, lemon, jeruk dan kiwi.

#10). Buah Pisang

Buah pisang memiliki kandungan magnesium yang terbukti efektif dalam membantu proses pengobatan penyakit infeksi paru paru secara alami.

Itulah sebabnya mengapa buah pisang sangat baik dikonsumsi oleh anda penderita infeksi paru paru.

Itulah beberapa makanan sehat untuk penderita infeksi paru paru, dan tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda memasukan beberapa makanan tersebit kedalam menu sehat harian anda sehingga anda bisa sembuh dengan cepat dari penyakit paru paru.

Konsumsi rutin beberapa makanan tersebut juga dipercayai dan meringankan gejala serta mencegah penyakit infeksi paru paru yang diderita semakin parah.

Demikianlah informasi tentang makanan untuk penderita infeksi paru paru ini, semoga bermanfaat dan bisa dipahami.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini dan salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *