Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal (Anjuran dan Pantangan)

Menjaga asupan makanan untuk penderita gagal ginjal menjadi salah satu faktor penting lainnya yang juga harus diperhatikan agar pengobatan yang sedang dilakukan memberikan hasil optimal.

Salah satu yang benar-benar harus dibatasi oleh penderita gagal ginjal adalah asupan protein. Entah itu dari daging sapi, domba, ayam, maupun ikan dan kuning telur.

Asupan protein memang bagus untuk metabolisme tubuh. Namun, jika berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh, apalagi bagi penderita gagal ginjal kronis.

Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Asupan protein yang berlebihan dari makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan penumpukan produk limbah yang terlalu besar di ginjal. Sehingga, ginjal akan bekerja lebih keras. Gejala yang sudah ada mungkin dapat bertambah semakin parah.

Nah, selain makanan tinggi protein, ada beberapa makanan lainnya yang juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal kronis. Berikut rangkumannya.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Ada lumayan banyak makanan yang harus dibatasi bahkan tidak boleh dikonsumsi sama sekali oleh Anda penderita gagal ginjal kronis. Beberapa diantaranya adalah:

  • Makanan Tinggi Fosfor

Demi mencegah ginjal bekerja lebih keras, Anda sebaiknya membatasi asupan makanan yang mengandung fosfor tinggi, seperti selai kacang, minuman bersoda, produk olahan susu (keju, yoghurt dan es krim), serta sarden dan bir.

  • Makanan Tinggi Kalium

Salah satu bagian dari mineral ini memang penting untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tapi, ginjal penderita CKD tidak dapat mengendalikan kadar kalium dalam darah yang berlebih.

Maka dari itu, Anda harus membatasi makanan jenis ini. Beberapa makanan tinggi kalium berasal dari sayuran (bayam, labu, kentang, asparagus dan brokoli) serta buah-buahan (anggur, kiwi, melon, pisang, alpukat, aprikot, jeruk dan buah kering).

  • Makanan Tinggi Garam

Selain dapat mempengaruhi tekanan darah Anda, makanan dengan kandungan natrium yang tinggi dapat meningkatkan produksi cairan tubuh yang bisa mengakibatkan edema (pembengkakan) pada kaki dan pergelangannya.

Beberapa makanan yang diketahui mengandung tinggi natrium adalah makanan cepat saji, daging olahan (bacon, sosis, daging asap, ham, dan kornet), kerang, aneka keripik dan snack lainnya, mie instan, acar serta makanan kalengan.

Selain itu, penderita gagal ginjal juga harus membatasi alkohol, rum, kafein, termasuk cokelat dan kacang-kacangan.

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Meskipun penderita gagal ginjal harus membatasi banyak jenis makanan, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada beberapa makanan sehat untuk penderita gagal ginjal yang masih aman untuk dikonsumsi dan bisa dimasukan dalam menu harian Anda. Beberapa diantaranya adalah:

Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

  • Paprika merah
  • Buah : Apel, ceri, pir, aneka buah beri (strawberi, raspberry, dll)
  • Putih telur
  • Minyak zaitun
  • Tauge
  • Roti
  • Nasi
  • Ketupat sayur
  • Kembang kol
  • Bawang putih dan bawang merah

Berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda mengenai makanan yang harus Anda konsumsi juga dapat membantu proses pengobatan yang sedang dilakukan. Pasalnya, beragam pantangan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan kalori, berat badan, dan kondisi pasien.

Kiranya, artikel kesehatan di atas mengenai makanan untuk penderita gagal ginjal yang meliputi anjuran dan pantangannya semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sehingga, Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dan segera sembuh.

Suported By :

Pengobatan Herbal Gagal Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *