Makanan Untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Konsumsi obat bukan satu-satunya solusi untuk meningkatkan tekanan darah rendah, lho. Ada beberapa jenis makanan untuk meningkatkan tekanan darah rendah yang bisa jadi solusi lain bagi penderita hipotensi.

Tekanan darah rendah sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena dehidrasi atau kurang cairan.

Makanan Untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Banyak minum air putih menjadi salah satu kegiatan yang paling direkomendasikan untuk Anda guna menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, tekanan darah rendah atau hipotensi ini juga bisa dipicu oleh reaksi alergi, dan untuk mencegahnya, Anda harus menjauhi sumber yang bisa membuat alergi Anda kambuh.

Sementara untuk meningkatkan kembali tekanan darah yang rendah agar kembali normal, Anda membutuhkan bantuan obat.

Saya tidak mau menggunakan obat, apa ada alternatif lain?

Bagi Anda yang ingin menormalkan kembali tekanan darah rendah tapi tidak mau minum obat, tenang saja, ya!

Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan natrium dan beberapa nutrisi lainnya.

Natrium sendiri bisa dengan mudah Anda dapatkan dari makanan cepat saji, namun itu sangat tidak dianjurkan mengingat efeknya yang tidak sehat bagi tubuh, bahkan cenderung memicu hipertensi.

Tapi, Anda tenang saja. Karena, masih banyak, kok, makanan sehat yang juga mengandung natrium untuk membantu meningkatkan tekanan darah Anda yang rendah sehingga bisa normal kembali.

Lalu, apa saja makanan bernutrium yang harus dikonsumsi penderita tekanan darah rendah?

Mau tau? Simak terus informasi tekait makanan yang dapat menormalkan kembali tekanan darah rendah berikut.

Makanan Untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Anda perlu tahu, bahwa ada banyak sekali jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan tekanan darah rendah secara alami. Utamanya yang mengandung natrium.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber natrium sehat untuk Anda adalah:

  • Bayam
  • Wortel
  • Seledri
  • Tomat
  • Mentimun
  • Buah bit
  • Lemon
  • Semangka

Nah, selain yang ada dalam daftar di atas, masih ada beberapa makanan untuk meningkatkan tekanan darah rendah lainnya yang meliputi:

Makanan Untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

1. DAGING AYAM

Protein hewani yang tekandung pada daging ayam juga dipercaya dapat membantu meningkatkan tekanan darah rendah, lho.

Berdasarkan beberapa sumber, protein hewani dapat membantu membangun sel, termasuk sel-sel dalam pembuluh darah, ini sangat baik untuk meningkatkan kembali tekanan darah yang rendah.

Konsumsi daging ayam dalam bentuk sup atau di pepes lebih direkomendasikan.

2. KISMIS

Anda pasti tahu, kan, buah kering yang satu ini? Ya, kismis juga termasuk makanan yang bisa membantu meningkatkan tekanan darah rendah.

Zat besi yang terkandung pada kismis lah yang bermanfaat untuk Anda penderita hipotensi. Zat besi pada kismis ini berguna untuk mendukung kesehatan darah.

3. DELIMA

Jus buah delima menjadi rekomendasi berikutnya untuk dikonsumsi oleh Anda penderita tekanan darah rendah.

Antioksidan dan beberapa vitamin pada buah delima bagus untuk menjaga kesehatan darah dan membantu menormalkan kembali tekanan darah Anda.

4. KEJU

Makanan untuk meningkatkan tekanan darah rendah lainnya adalah keju, baik cheddar, feta, edam, atau jenis keju lainnya, termasuk mozarella.

Garam pada keju inilah yang dapat meningkatkan kembali tekanan darah Anda penderita hipotensi.

5. DARK COKELAT

Siapa yang tidak suka cokelat? Nah, konsumsi dua potong coklat hitam pada pagi hari selain memperbaiki mood, juga bisa menaikkan tekanan darah yang rendah.

Kenapa harus dark cokelat? Karena kandungan lemaknya yang lebih sedikit, sehingga lebih baik untuk tubuh.

6. KACANG-KACANGAN

Ide yang bagus untuk memasukan kacang-kacangan dalam menu makanan Anda penderita hipotensi.

Lho, kenapa? Karena, kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, dan lainnya dapat meningkatkan tekanan darah, ini berdasarkan penelitian di Harvard Heart Letter.

7. GANDUM

Gandum, dalam bentuk roti, sereal, atau bantuk lainnya juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita hipotensi guna meningkatkan tekanna darah yang rendah.

Selain makanan, ada beberapa jenis minuman yang juga direkomendasikan untuk meningkatkan tekanan darah. Minuman tersebut berupa:

  • Air madu
  • Kopi
  • Teh, dan
  • Air garam

Meskipun makanan dan minuman di atas bisa membantu meningkatkan tekanan darah Anda yang rendah, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, tetap harus dibatasi.

INGAT!! Sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus, pun dengan makanan yang sehat sekalipun.

Nah, itu tadi beberapa daftar makanan untuk meningkatkan tekanan darah rendah secara alami selain dengan obat yang bisa Anda coba terapkan.

Selain dengan makanan, Anda juga bisa mengoptimalkan upaya Anda untuk mengatasi tekanan darah rendah secara alami dengan mengonsumsi ekstrak teripang.

Khasiat teripang untuk mengatasi tekanan darah lebih lengkapnya, silakan baca disini : Cara Alami Atasi Tekanan Darah Rendah.

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas sampai akhir. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, ya. SEMOGA LEKAS SEMBUH.

Jangan lupa bookmark website ini dan kembali lagi untuk informasi kesehatan lainnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *