Makanan Untuk Ibu Hamil Dengan Hipertensi

Mau tahu apa saja makanan untuk ibu hamil dengan hipertensi yang harus ada dalam menu harian Anda?

Kalau begitu, di sini Anda akan mendapatkan informasinya. Karena, kami telah merangkum beberapa makanan yang bagus dikonsumsi ibu hamil penderita hipertensi.

Makanan Untuk Ibu Hamil Dengan Hipertensi

Seberapa Penting Menjaga Makanan Untuk Ibu Hamil Dengan Hipertensi ?

Mengingat hipertensi berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, maka Anda harus mengontrol hipertensi Anda. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang bisa terjadi pada ibu hamil dan janin akibat hipertensi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Kelahiran prematur
  • Bayi lahir dengan berat rendah
  • Janin meninggal di dalam kandungan
  • Cedera otak pada bayi
  • Menyebabkan pembengkakan pada saraf mata yang akan membuat Anda mengalami buta sementara
  • Produksi cairan ketuban yang sedikit
  • Meningkatkan risiko terkena pre-eklampsia sampai dengan eklampsia

Nah, menjaga asupan makanan yang akan Anda konsumsi menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hipertensi saat hamil di samping rutin konsumsi obat penurun tekanan darah tinggi yang diresepkan.

Bisa dikatakan, menjaga asupan makanan harian Anda adalah penting untuk dilakukan. Karena, beberapa makanan bisa menyebabkan hipertensi Anda kambuh, bahkan semakin memburuk.

Makanan Untuk Ibu Hamil Dengan Hipertensi

Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi setiap harinya untuk mengontrol hipertensi yang Anda derita. Nah. beberapa makanan untuk ibu hamil dengan hipertensi yang direkomendasi ada dalam menu harian Anda diantaranya:

1. Buah-buahan

Pertama, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan beberapa mineral untuk mengontrol hipertensi yang Anda derita. Bisa dimakan secara langsung atau dijadikan smoothie. Yang penting bukan jus buah kemasan atau buah dalam kaleng.

Beberapa buah yang bagus untuk Anda konsumsi meliputi : Melon, kiwi, belimbing, semangka, buah bit, pisang, dan buah berriest (stroberi, blueberri, etc). Kendati bagus untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

2. Sayuran

Selain buah-buahan, beberapa sayuran juga termasuk makanan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil dengan hipertensi. Karena, beberapa sayuran ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Diantaranya:

  • Seledri
  • Mentimun
  • Lobak hijau
  • Kale
  • Bayam
  • Sawi
  • dan sayuran hijau lainnya

Anda disarankan untuk memilih sayuran segar, bukan sayuran kalengan. Karena, sayur dalam kaleng biasanya mengandung natrium cukup tinggi yang tidak bagus untuk tekanan darah Anda.

3. Telur

Selain protein, di dalam telur juga terdapat omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda memasukan telur rebus dalam menu harian Anda.

4. Yoghurt

Makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrol hipertensi saat hamil adalah yoghurt.

Selain mengandung probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda, kandungan kalsium dalam yoghurt juga dapat membantu mengatasi hipertensi yang Anda derita saat hamil.

Makanan Untuk Ibu Hamil Dengan Hipertensi Lainnya

Selain empat jenis makanan di atas, ibu hamil dengan hipertensi juga bisa memasukan beberapa jenis makanan di bawah ini ke dalam menu harian Anda.

Beberapa makanan untuk ibu hamil dengan hipertensi lainnya tersebut meliputi:

  • Kentang
  • Ikan
  • Oatmeal
  • Susu skim
  • Kacang lima
  • Flaxseed
  • Cokelat

Selain itu, makanan laut teripang juga bagus untuk mengatasi hipertensi yang Anda derita saat hamil. Karena, teripang kaya akan omega 3 dan asam amino yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa mengatasi tekanan darah.

Kandungan dalam teripang juga dapat membantu menjaga kekentalan darah dan menjaga stabilitas tekanan darah. Jika Anda tidak sempat mengolah teripang sendiri di rumah, Anda bisa mendapatkan khasiat dan manfaatnya dalam ekstrak gamat kapsul yang telah terdaftar di BPOM : TR153385291.

Khasiat lebih lengkap dan cara pemesanannya, silakan kunjungi:
Cara Mengobati Hipertensi Secara Alami

Demikianlah informasi mengenai makanan untuk ibu hamil dengan hipertensi yang bisa kami sampaikan di atas. Semoga, bisa bermanfaat dan membantu mencegah kondisi yang lebih parah.

Salam Sehat dan semoga lekas sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *