10 Makanan Untuk Penderita Demam Berdarah Dengue

Makanan Untuk Penderita Demam Berdarah Dengue – Bagi penderita demam berdarah mengkonsumsi makanan yang sehat dan tepat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, maka dari itu sangat penting bagi anda mengkonsumsi makanan tersebut jika ingin sembuh dengan cepat.

Makanan Untuk Penderita Demam Berdarah Dengue

10 Makanan Untuk Penderita Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah merupakan komplikasi dari demam dengue yakni infeksi yang disebakan oleh nyamuk Aedes Aegeypti, dimana pada tahap ini pasien demam dengue sudah harus benar-bernar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Selain demam berdarah, demam dengue juga bisa menimbulkan komplikasi dengue shock syndrome.

Kedua komplikasi ini bisa dibilang mematikan, karena bisa menyebabkan kerusakan dan kebocoran pembuluh darah sehingga menyebabkan trombosit menurun. Jika hal tersebut terjadi maka biasanya seseorang yang terkena demam bedarah atau dengue shock syndrome mulai merasaka gejala :

  • Merasakan nyeri perut tidak tertahankan.
  • Mengalami pendarahan pada lapisan kulit yang mengakibatkan kulit tampak seperti memar.
  • Mengalami pendarahan pada gusi.
  • Mengeluarkan darah dari mulut dan hidung.
  • Muntah-muntah dengan disertai darah.
  • Mengalami pembengkakan dan kerusakan pada organ hati.
  • Mengalami gangguan pada paru-paru dan jantung.
  • Mengalami kegagalan pada sistem peredaran darah.

Jika dalam kondisi tersebut pasien demam berdarah terlambat ditangani maka jiwanya bisa terancam karena akan terjadi penurunan tekanan darah secara drastis serta pendarahan menjadi makin berat.

Makanan Untuk Penderita Demam Berdarah

Nah, bagi anda atau ada orang terdekat anda yang saat ini sedang menjalani pengobatan atau dalam masa penyembuhan dari penyakit demam berdarah maka untuk membantu proses pengobatan dan penyembuhan lebih cepat maka anda bisa mengkonsumsi atau memberikan beberapa makan berikut ini, yakni :

1.) Jeruk

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat melakukan pemulihan dengan lebih cepat.

Selain daripada itu jeruk juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang termasuk pasien demam berdarah.

2.) Daun Pepaya

Menurut penelitian yang dilakukan oleh he Institute for Medical Research (IMR) menjelaskan bahawa daun pepaya dapat menjadi salah satu penyembuh demam berdarah.

Namun daun pepaya tersebut tentu saja tidak secara langsung dapat menyembuhkan penderita DBD, namun daun pepaya dapat menjadi salah satu pendukung dalam mempercepat proses pemulihan DBD.

3.) Bubur

Salah satu makanan yang dipercaya ampuh mengembalikan kondisi pasien demam berdarah sehat kembali yakni dengan mengkonsumsi bubur.

Manfaat dari bubur ini banyak sekali, selain daripada itu bubur juga merupakan makanan lunak yang mampu dicerna dengan mudah oleh pencernaan orang yang sedang sakit.

4.) Teh Herbal

Teh herbal juga ampuh bagi pasien yang menderita demam berdarah, teh herbal bisa menjadi pilihan sebagai minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan demam berdarah.

Ini karena didalam teh herbal biasanya terdapat kandungan jahe dan juga kapulaga.

5.) Air Kelapa

Biasanya penderita demam berdarah akan mudah mengalami dehidrasi maka dari itu air kelapa dapat menjadi sumber pemasok cairan pada tubuh. Sehingga air kelapa akan mengisi ulang elektrolit dan juga mineral yang hilang ketika tubuh terkena dehidrasi.

6.) Jus Sayuran

Makanan lain yang baik untuk penderita DBD adalah jus sayuran. Jus sayuran ini bisa dibut dari campuran mentimun, wortel dan juga sayuran hijau dari jenis yang lainnya.

Menurut situs Boldsky banyak ahli yang telah mengungkapkan bahwa kandungan banyak nutrisi pada jus yang terbuat dari jus sayuran sangat bermanfaat untuk mengembalikan kondisi pasien demam berdarah pada kondisi normal.

7.) Jus Buah

Ada banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C. Sehingga kandungan vitamin C pada juga buah tentu banyak.

Sistem kekebalan tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C selain itu pembentukan hormon adrenal juga membutuhkan vitamin C.

8.) Susu

Dalam susu terkandung berbagai macam nutrisi diantaranya kandungan protein, mineral kompleks dan juga vitamin yang dapat membantu penderita demam berdarah untuk memerangi virus nya.

9.) Sup

Pada umumnya penderita Demam berdarah akan merasakan nyeri pada bagian persenidian, sehingga konsumsi sup dipercaya ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh virus ini.

10.) Jus Lemon

Jus lemon memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun pada tubuh yang diakibatkan oleh virus demam berdarah ini.

Kesepuluh jenis makanan tersebut dipercayai dapat membantu mempercepat proses pengobatan dan penyembuhan penyakit demam berdarah jika dikonsumsi secara rutin.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika mulai saat ini makanan tersebut anda masukan kedalam menu sehat harian anda, sehingga proses pengobatan, penyembuhan dan pemulihan penyakit demam berdarah yang diderita bisa lebih cepat disamping mengkonsumsi obat demam berdarah.

Demikianlah informasi tentang makanan untuk penderita demam berdarah ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunung dihalaman sederhana kami ini dan salam sehat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *