Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan

Apakah kanker tenggorokan bisa sembuh ? Sangat wajar sekali bila penderita kanker tenggorokan memiliki pertanyaan demikian, mengingat kanker merupakan penyakit mematikan.

Stadium Penyakit Kanker Tenggorokan

Seperti penyakit kanker pada umumnya, kanker tenggorokan juga terbagi menjadi beberapa tingkatan keparahan atau sering disebut stadium.

Kanker Tenggorokan Bisa Sembuh

Stadium atau tingkatan keparahan kanker tenggorokan digunakan untuk mengetahui seberapa jauh penyebaran kanker tenggorokan guna membantu dokter memberikan penanganan yang tepat.

Dikutip dari lama alodokter.com, penyebaran atau stadium kanker tenggorokan terbagi menjadi lima tingkatan, yakni

⇔ Kanker tenggorokan stadium 0. Dimana tumor hanya berada pada jaringan di tenggorokan saja dan belum menyerang bagian lainnya.

Kanker tenggorokan stadium 1. Pada tingkatan ini, tumor masih berukuran di bawah 7 cm hanya menyerang bagian tenggorokan.

⇔ Kanker tenggorokan stadium 2. Meskipun ukuran tumor sudah semakin membesar, namun masih belum menyebar ke luar tenggorokan.

⇔ Kanker tenggorokan stadium 3. Pada stadium ini, tumor sudah mulai menyebar sampai ke jaringan atau organ lain di dekat tenggorokan.

⇔ Kanker tenggorokan stadium 4. Pada stadium lanjut ini, tumor sudah menyebar sampai ke jaringan atau organ di luar tenggorokan, bahkan sampai ke nodus limfa.

Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Sembuh ?

Peluang untuk sembuh pada masing-masing individu berbeda. Ini juga dipengaruhi oleh tingkat keparahan atau stadium kanker tenggorokan yang di derita.

Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan

Pengobatan yang dilakukan sedini mungkin saat kanker tenggorokan masih dalam stadium awal, peluang untuk sembuh dan pulih sepenuhnya juga tinggi.

Dengan pengobatan yang tepat, Anda penderita kanker tenggorokan masih memiliki peluang untuk sembuha, terlebih jika pengobatan dilakukan saat kanker masih berada pada stadium awal. Peluang untuk sembuh dan pulih sepenuhnya lebih tinggi.

Kendati demikian, Anda penderita kanker tenggorokan stadium 4 atau stadium lanjut tidak boleh putus asa. Karena, Anda juga masih memiliki peluang untuk sembuh, meskipun tidak sebesar jika kanker ditemukan masih pada stadium awal.

Beberapa metide pengobatan kanker tenggorokan secara medis meliputi:

  • Pemberian obat-obatan tertentu, salah satunya cetuximab
  • Radioterapi. Untuk pengobatan kanker tenggorokan stadium awal, radioterapi biasanya cukup efektif alam mengatasinya.
  • Kemoterapi. Pada stadium lanjut, kemoterapi biasanya akan dikombinasikan dengan radioterapi.
  • Prosedur pembedahan yang meliputi Laringektomi, operasi pengangkatan melalui endoskopi, faringektomi, atau pengangkatan noda limfa leher yang terserang kanker.

Pengobatan kanker tenggorokan di atas tentunya dapat memberikan efek samping. Beberapa diantaranya seperti kulit kering, rambut rontok, mual dan muntah.

Untuk mengurangi efek samping dari kemoterapi dan radioterapi, Anda bisa menggunakan Walatra Zedoril 7, obat herbal dari perpaduan kulit manggis dengan daun sirsak dan daun sirih merah yang terbukti efektif dalam menumpas sel kanker secara alami.

Khasiat lengkapnya, silakan klik » Pengobatan Alami Kanker Tenggorokan

Terima kasih sudah menyimak artikel di atas. Semoga, artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai apakah kanker tenggorokan bisa disembuhkan ?

SALAM SEHAT
Posted By : Pusat Green World

Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Sembuh

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *