Peluang Hamil Setelah Operasi Miom

Hamil Setelah Operasi Miom .- Operasi menjadi salah satu cara mengobati miom yang biasa dilakukan oleh dokter, namun disamping bisa menimbulkan efek samping tidak sedikit wanita yang khwatir tidak bisa hamil setelah operasi.

Lalu sebenarnya seperti apa peluang hamil setelah operasi dilakukan bagi wanita ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Peluang Hamil Setelah Operasi Miom

Peluang Hamil Setelah Operasi Miom

Miom adalah tumor jinak yang terbentuk dari pertumbuhan abnormal jaringan otot rahim yang sering dialami oleh wanita pada pertengahan atau akhir masa reproduksi.

Secara umum miom lebih sering tidak menimbulkan gejala sehingga banyak wanita yang tidak menyadari dirinya menderita miom.

Akan tetapi jika ukuran miom sudah lumayan besar barulah wanita yang menderita tumor jinak ini mengalami gejala berupa gangguan haid seperti : darah haid berlebih atau nyeri saat haid, nyeri saat hubungan seksual, anemia, serta mengganggu kehamilan.

Operasi pengangkatan miom menjadi hal yang bisa disarankan oleh dokter jika wanita menderita penyakit miom dengan ukuran besar, utamanya jika miom sudah menimbulkan gejala diatas.

Namun banyak wanita yang khwatir jika setelah melakukan operasi tidak bisa hamil lagi bahkan tidak sedikit wanita yang sulit hamil pasca melakukan operasi miom ini.

Lalu sebenarnya seberapa besar peluang hamil setelah operasi miom ?

Bisa dan tidaknya wanita hamil lagi pasca melakukan operasi miom ditentukan oleh jenis operasi yang dipilih, jika operasi yang dilakukan hanya sebatas mengangkat miomnya saja atau dengan kata lain rahim dan ovarium tidak di angkat maka anda masih memiliki peluang hamil.

Intinya jika pasca operasi miom rahim wanita tetap dalam kondisi yang baik dan intak lalu goresan atau luka pada rahim sudah menutup maka 50-60% wanita yang telah melakukan operasi miom bisa hamil.

Namun tidak ada patokan khusus berapa lama wanita bisa hamil pasca melakukan operasi miom. Jika setelah melakuka operasi wanita mendapatkan kembali menstruasi secara teratur, maka itu merupakan tanda bahwa Anda sudah masuk ke dalam siklus haid Normal.

Dan hal tersebut menjadi pertanda baik bagi anda sehingga anda memiliki kembali peluang untuk hamil.

Perlu Anda ketahui bahwa kehamilan adalah sebuah proses multifaktor yang melibatkan kesuburuan wanita dan pria. Kesuburan wanita meliputi patensi tuba, sel telur yang baik dan kadar hormonal yang baik.

Tips Agar Cepat Hamil Setelah Operasi Miom

Bagi anda yang ingin hamil lagi pasca operasi maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan agar cepat hamil setelah operasi miom yang disampaikan oleh dr. Anita Amalia Sari dari lama klikdokter[dot]com.

PERTAMA lakukan hubungan intim dengan pasangan anda disekitar masa subur anda ( wanita ) yakni masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur).

Untuk mengetahui masa subur anda, anda wajib mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir.

Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari.

KEDUA, adan patut mempehatikan beberapa hal berikut ini jika ingin hamil, yakni :

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

Demikianlah informasi tentang peluang wanita hamil setelah operasi miom ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Baca Juga : Makanan Yang Dilarang Setelah Operasi Miom

Terima kasih banyak sudah menyimak artikel singkat dan sederhana ini jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *