Mengenal Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Ketika Anda mengenali kehadiran tanda atau gejala tekanan darah rendah, Anda bisa mengatasinya dengan segera. Sehingga, kondisi yang lebih parah bisa dicegah.

Masalahnya, tidak banyak yang menyadari jika mereka tengah mengalami hipotensi karena gejala yang muncul seringkali diabaikan dan dianggap sebagai gangguan biasa.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Contohnya rasa pusing. Pusing ini menjadi kondisi yang umum terjadi. Sehingga, banyak diantaranya yang mengabaikan kondisi tersebut karena dianggap bisa sembuh dengan sendirinya.

Tidak ada salahnya untuk Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ketika rasa pusing yang Anda alami menjadi lebih sering muncul dan semakin memburuk.

Nah, selain pusing, masih ada kondisi lain yang menjadi pertanda tekanan darah Anda rendah. Mau tahu? berikut ulasannya.

Mengenal Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Kondisi hipotensi atau tekanan darah rendah bisa memicu beberapa gejala berikut:

  • Terlihat pucat
  • Debaran jantung lebih cepat dan tidak teratur
  • Napas lebih pendek atau cepat
  • Badan terasa lebih dingin dari biasanya
  • Pandangan tiba-tiba menjadi buram
  • Lemas
  • Merasa mual

Ketika tekanan darah Anda rendah, Anda juga bisa tiba-tiba kehilangan keseimbangan, apalagi saat Anda sekaligus berdiri dari posisi duduk atau jongkok.

Pada kondisi tertentu, Anda juga bisa mengalami pingsan sampai dengan dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Ini tentunya akan membahayakan jika tidak segera ditangani.

Kapan harus melakukan pemeriksaan?

Ketika gejala tekanan darah rendah di atas pertama kali muncul, Anda disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan. Apalagi, jika gejala tersebut semakin memburuk.

Dengan pemeriksaan yang dilakukan, Anda jadi lebih cepat tahu kondisi sebenarnya. Hal ini tentunya akan bermanfaat. Penyakit tekanan darahr endah yang Anda alami bisa segera diatasi.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika tekanan darah Anda rendah. Diantaranya:

  • Segera duduk atau berbaring
  • Hentikan semua aktivitas yang sedang dilakukan
  • Perbanyak minum air putih

Selain itu, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang akan Anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang dapat membantu menaikan tekanan darah Anda yang rendah, salah satunya adalah jus wortel.

Konsumsi teripang emas juga bagus untuk penderita tekanan darah rendah. Senyawa aktif di dalamnya dapat membantu menormalkan tekanan darah Anda, melancarkan aliran darah, dan menjaga kekentalan darah.

Bahkan, kandungan pada teripang emas juga berkhasiat untuk mengatasi gejala hipotensi yang muncul.

Informasi khasiat lebih lengkapnya, silakan Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Demikianlah informasi mengenai tanda dan gejala tekanan darah rendah atau hipotensi di atas kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari kondisi yang lebih parah.

Salam Sehat

Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *