Ciri Atau Gejala Penyempitan Pembuluh Jantung

Gejala Penyempitan Pembuluh Jantung .- Penyempitan pembuluh darah jantung jelas merupakan kondisi yang harus diwaspadai karena bisa memicu timbulnya jantung koroner yang bisa berakibat fatal yakni kematian.

Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui gejala penyempitan pembuluh jantung, dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah jantung bisa diminimalkan bahkan dihindari.

Selain itu penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat pada saat gejala penyempitan jantung muncul sangat diperlukan.

Dengan kita mengetahui ciri penyempitan jantung maka hal tersebut bisa kita lakukan.

Dan bagi anda yang belum tahu apa saja ciri penyempitan pembuluh jantung, berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Ciri Atau Gejala Penyempitan Pembuluh Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

Gejala Penyempitan Pembuluh JantungJika organ ini terganggu fungsinya maka otomatis bisa menimbulkan dampak yang signifikan bagi kesehatan tubuh kita bahkan bisa sampai mengancam jiwa ( kematian ).

Salah satu gangguan yang bisa terjadi pada organ jantung ini adalah terjadinya penyempitan pada pembuluh jantung tepatnya pembuluh arteri koroner.

Arteri koroner merupakan pembuluh darah yang terletak di permukaan jantung memiliki banyak cabang yang sebagian menyusup masuk diantara otot-otot jantung.

Fungsi arteri koroner tersebut adalah sebagai jalur pemasok darah bercampur oksigen pada otot jantung.

Penyempitan permbuluh arteri tersebut bisa mengakibatkan kerusakan otot jantung. Jika hal tersebut terjadi maka bisa menimbulkan gangguan fungsi jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung, yakni berupa :

  • Kolesterol tinggi
  • Penyakit diabetes ( kencing manis )
  • Tekanan darah tinggi
  • Kebiasaan merokok
  • Obesitas
  • Usia semakin bertambah

Ketika penyempitan pembuluh darah jantung terjadi maka biasanya akan menimbulkan kondisi medis atau gejala yakni berupa :

  1. Nyeri dada, Sering merasakan sakit kepala
  2. Bagian perut yang membengkak
  3. Detak yang tidak teratur
  4. Sesak nafas dan terengah-engah ( Baca : Ciri Sesak Nafas Karena Jantung )
  5. Selalu merasakan mual, Nafsu makan berkurang
  6. Keluar keringat meskipun tidak beraktifitas
  7. Rasa lelah terjadi meskipun tidak beraktifitas berat
  8. Pada wanita sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan kiri
  9. Pada pria rasa sakit sering terjadi pada lengan kiri
  10. Rasa sakit dibagian tubuh lainnya seperti, bahu, leher, punggung, siku
  11. Pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki dan perut

Segera temui dokter spesialis jantung ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda utamanya bagi anda yang memiliki resiko terkena penyempitan jantung.

Dengan anda menemui dokter maka penanganan dan pengobatan yang tepat bisa dilakukan sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa anda hindari.

Ada beberpa tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk mengobati penyempitan pembuluh darah jantung yakni berupa : operasi pemasangan ring hingga operasi bypass jantung.

Selain melakukan pengobatan secara medis, bagi anda yang saat ini mengalami beberapa gejala tersebut atau terdiaknosa menderita penyempitan jantung anda juga bisa melakukan pengobatan secara alternatif yakni dengan mengkonsumsi obat penyempitan jantung alami.

Dimana cara ini lebih aman dan tentunya terjangkau dibandingkan dengan operasi yang biasa dilakukan oleh dokter.

Anda perlu ini : Obat Penyempitan Jantung Alami

Selain mengkonsumsi obat alami, agar gejala yang muncul tidak semakin parah maka ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakuka, yakni :

  • Membatasi konsumsi garam. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya aliran darah yang terallu cepat, yang dapat menyebabkan terjadinya beban yang terlalu berat bagi jantung
  • Membatasi aktivitas fisik agar bebanjantung tidak menjadi terlalu berat
  • Mengontrol penyakit kronis yang dimiliki, misalnya diabetes atau darah tinggi. Diabetes daapt menyebabkan terjadinya darah yang terlalu kental karena tingginya kadar gllukosa didalam darah, sehingga memperberat kerja jantung.
  • Berkonsultasi dan check up secara rutin kepada dokter untuk memantau kondisi kesehatan Anda
  • Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung

Demikianlah informasi tentang ciri atau gejala penyempitan pembuluh darah jantung ini semoga bisa dipahami dan menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel singkat dan sederhana ini.

Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *