Tanda dan Gejala Osteoporosis atau Tulang Mengalami Pengeroposan

Yuk! Ketahui beberapa tanda dan gejala osteoporosis atau pengeroposan tulang agar kita bisa terhindar dari kondisi yang lebih buruk. Karena, munculnya osteoporosis seringkali tidak disadari dan diabaikan karena dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa.

Dengan Anda tahu gejalanya, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan. Dengan begitu, osteoporosis yang Anda atau orang tua Anda alami bisa segera ditangani.

Gejala Osteoporosis

Pengobatan osteoporosis yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh dan besar kemungkinan untuk mencegah osteoporosis berkembang lebih parah lagi.

Osteoporosis atau tulang keropos ini memang lebih banyak terjadi pada lansia. Namun, kondisi ini juga bisa dialami oleh dewasa muda dan anak-anak. Pada kondisi yang lebih parah, bukan hanya pergerakan penderita yang terbatas, tulang juga menjadi rapuh dan mudah retak atau patah.

Maka dari itu, selain penyebab osteoporosis, Anda juga perlu tahu tanda dan gejalanya.

Bagi Anda yang belum tahu, tidak perlu risau! Di sini, kami akan memberikan informasi seputar gejala tulang yang mengalami pengeroposan. Semoga membantu, ya 🙂

Beberapa Tanda dan Gejala Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang

Ada beberapa kondisi yang dapat menjadi indikasi adanya pengeroposan pada tulang Anda. Namun, sebagiannya seringkali diabaikan dan dianggap sebagai gangguan biasa yang bisa pulih kembali.

Apa sajakah tanda dan gejala osteoporosis atau pengeroposan tulang yang sebaiknya diketahui? Berikut daftarnya:

1. Perubahan pada postur tubuh (bungkuk dan tinggi berkurang)

Gejala osteoporosis yang pertama adalah perubaha postur tubuh, baik itu tinggi yang semakin berkurang atau punggung yang semakin membungkuk.

Jika Anda sesorang yang rutin melakukan pengukuran tinggi badan, Anda akan menyadari saat Anda kehilangan tinggi badan, walau hanya beberapa centi meter saja.

2. Postur tubuh yang jelek

Hilangnya masa tulang juga dapat membuat postur tubuh Anda terlihat tidak bagus. Bahkan, kondisi ini juga berpotensi menyebabkan kecacatan.

3. Tulang rapuh dan mudah retak bahkan patah

Jika keseleo sedikit saja bisa membuat tulang Anda retak, maka Anda sudah seharusnya mencurigai kondisi tersebut. Pasalnya, pada tulang yang sehat, tulang tidak akan retak hanya dengan keseleo kecil.

Gejala Osteoporosis

Tulang yang mudah retak bahkan patah menandakan kondisi tulang yang rapuh sebagai akibat dari osteoporosis.

4. Sering nyeri punggung

Jika intensitas nyeri pada bagian punggung atau tulang belakang lebih sering dari biasanya. Anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Nyeri punggung yang Anda alami bisa jadi akibat dari fraktur vertebrae.

5. Nyeri pada otot dan persendian

Rasa nyeri yang muncul pada otot dan persendian merupakan kondisi yang umum. Namun, bisa jadi kondisi tersebut gejala osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan apabila nyeri otot dan sendi yang Anda alami sampai menganggu aktivitas Anda.

Tanda dan Gejala Osteoporosis Lainnya

Selain kondisi di atas, Anda juga harus mencurigai kuku yang rapuh sebagai tanda tulang mengalami pengeroposan. Karena banyak terori yang mengaitkan kuku rapuh dengan tulang yang keropos.

Kondisi lainnya yang juga diyakini sebagai tanda atau gejala osteoporosis adalah: Perut yang mulai membuncit, stress fractures, serta cedera pada tulang.

Demikianlah informasi mengenai tanda dan gejala osteoporosis atau tulang keropos di atas saya sampaikan. Semoga, bisa membantu Anda terbebas dari bahaya osteoporosis.

SEMOGA LEKAS SEMBUH 🙂

Tanda dan Gejala Osteoporosis atau Tulang Mengalami Pengeroposan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *