Mengenal Gejala Leukemia Pada Anak Stadium Awal

Leukimia merupakan penyakit kanker yang paling banyak diderita oleh anak-anak, untuk itu penting bagi para orang tua mengetahui gejala leukimia pada anak, dengan begitu maka hal buruk yang bisa terjadi akibat penyakit leukimia bisa dihindarkan.

Gejala Leukimia Pada Anak

Gejala Leukemia Pada Anak

Hampir setengah dari jumlah anak penderita kanker yang baru mendapatkan penanganan medis  setelah memasuki stadium lanjut. Hal tersebut terjadi karena banyaknya orang tua yang tidak mengetahui gejala leukimia pada anak sehingga telat memberikan penanganan medis.

Padahal leukimia termasuk penyakit mematikan dan menakutkan karena begitu vonis itu dijatuhkan pada seseorang maka berbagai permasalahan berat dan rumit akan dihadapi di antaranya resiko ancaman jiwa tinggi dan pengobatannya sangat mahal dan efek samping pengobatan yang sangat menyiksa.

Leukimia atau kanker darah terjadi ketika sel-sel normal didalam sumsum tulang belakang digantikan oleh sel abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. 

Hal tersebut mengakibatkan proses pembentukan sel darah normal ( hematopoiesis ) dan imunitas tubuh menjadi terganggu.

Kanker darah ( leukimia ) ditandai dengan tingginya jumlah sel darah putih dalam tubuh sipenderita, yang mana hal tersebut dapat menyebabkan terganggunya fungsi normal dari sel lainnya.

6 Gejala Leukimia Pada Anak Yang Umum Terjadi

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker darah pada anak yang penting diketahui oleh semua orang tua mengingat leukimia lebih sering dan rentan menyerang anak-anak, yakni :

#1 Anemia Sehingga Tubuh Menjadi Pucat

Akibat tubuh kekurangan sel darah merah maka anak yang terkena penyakit leukimia biasanya akan mengalami anemia yang ditandai dengan muka pucat, tak bertenaga alias lemas, gampang lelah dan sesak napas.

#2 Demam Berkepanjangan Dan Mudah Terkena Infeksi

Anak yang terkena penyakit leukimia akan sering demam dan mudah terkena infeksi virus. Hal tersebut karena sel darah putih yang bertugas melindungai tubuh tidak berfungsi sehingga kuman, bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh tidak dapat dimusnahkan.

Tidak mudah memang membedakan dengan demam lainnya seperti flu. Tapi demam pada leukemia biasanya lebih dari 38 derajat celcius yang berlangsung beberapa hari dan sering terjadi.

#3 Pembengkakan Kelenjar

Selanjutnya anak yang terkena penyakit leukimia akan mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening. Hal tersebut terjadi karena akumulasi sel-sel darah putih yang abnormal.

Bengkak akibat kelenjar bisa terlihat yakni berupa benjolan yang biasa timbul di dada, pangkal paha leher dan ketiak. Pembengkakan akan terjadi selama beberapa hari dan beda dengan pembengkakan akibat flu.

#4 Timbulnya Nyeri Pada Tulang

Anak yang terkena penyakit leukimia akan merasakan nyeri pada tulang walaupun tidak terdapat luka atau memar. Seiring berjalannya waktu nyeri tulang tersebut akan terus memburuk karena sumsum tulangnya terakumulasi sel-sel darah putih yang abnormal.

#5 Mudah Berdarah Dan Memar

Karena tingkat pembekuan darah yang rendah maka anak yang terkena penyakit leukimia akan mudah mengalami memar dan pendarahan.

#6 Gejala Lainnya

Selain itu ada beberapa gejala lain yang patut anda perhatikan dan segera hubungi dokter jika buah hati anda mengalaminya yakni berupa : mimisan, perdarahan gusi, kesulitan bernapas, kehilangan nafsu makan, berat badan rendah, sakit kepala, hati dan limpa membesar, keringat berlebihan pada malam hari dan munculnya bintik-bintik merah kecil pada kulit, yang dikenal sebagai petechiae.

Itulah beberapa gejala leukimia pada anak yang wajib diketahui oleh para orang tua. Segera hubungi dokter jika anak anda menunjukan beberapa gejala tersebut secara bersamaan, guna melakukan pemeriksaan fisik, tes darah darah lengkap, CT scan, MRI, biopsi sumsum tulang, apusan darah tepi, dan analisis cytogenic dan tekan tulang belakang.

Silahkan KLIK DISINI Untuk Mengetahui Pengobatan Leukimia Stadium Awal !!!

sumber :

https://klinikanakonline.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *