Gejala Kanker Tulang (Beberapa Diantaranya Sering Diabaikan)

Anda perlu mengetahui ciri-ciri dan gejala kanker tulang guna mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Perlu Anda ketahui, beberapa gejala dari penyakit kanker yang satu ini terkadang diabaikan dan dianggap sebagai kondisi biasa yang terjadi pada tulang. Salah satunya adalah rasa nyeri pada tulang yang terkena kanker.

Gejala Kanker Tulang

Anda harus mewaspadai rasa nyeri yang terjadi pada tulang Anda. Apalagi jika rasa nyeri tersebut terjadi secara terus menerus dan semakin memburuk saat Anda bergerak.

Rasa nyeri bisa menetap pada satu lokasi, bisa juga menyebar ke bagian tubuh lainnya ketika sel kanker telah menyebar ke bagian lainnya, termasuk jika kanker mulai menkan saraf di sekitarnya.

Selain rasa nyeri, Anda juga perlu tahu tanda dan ciri-ciri kanker tulang lainnya. Sehingga, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang tepat guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Gejala Kanker Tulang yang Harus Anda Waspadai

Pembengkakan

Selain nyeri, di area tulang yang terkena kanker juga dapat mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan. Bahkan, pembengkakan pada tulang yang berdekatan dengan persendian dapat membatasi pergerakan Anda.

Kesulitan Tidur (Insomnia)

Penderita kanker tulang biasanya akan susah tidur, apalagi di malam hari. Hal ini berkaitan dengan rasa nyeri yang terjadi pada tulang. Rasa nyeri tersebut bisa semakin memburuk saat malam hari. Maka dari itu, gejala kanker tulang lainnya adalah insomnia atau kesulitan tidur.

Fraktur atau Patah Tulang

Sel kanker yang berkembang di tulang dapat mempengaruhi kekuatan tulang Anda. Tulang yang menjadi lemah dan rapuh dapat mengalami fraktur atau patang tulang meski hanya dengan sedikit trauma atau kecelakaan kecil.

Kehilangan Nafsu Makan

Kanker tulang juga dapat ditandai dengan menurunnya nafsu makan. Sel-sel kanker yang menyerap sebagian besar nutrisi atau energi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan dapay mempengaruhi fungsi dari organ dan panca indera Anda, sehingga apa pun makanannya akan terasa pahit atau rasanya tidak enak.

Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Anda juga perlu curiga saat berat badan Anda turun secara drastis padahal Anda tidak sedang melakukan diet, olahraga, atau stres. Terlebih jika kondisi tersebut disertai dengan gangguan lainnya, seperti sembelit, konstipasi, atau penurunan nafsu makan.

Gejala Lainnya

Selain gejala di atas, ada beberapa tanda kanker tulang lainnya yang juga harus Anda waspadai. Beberapa diantaranya meliputi:

  • Kelelahan
  • Anemia
  • Inkontinensia
  • Kelumpuhan
  • Muncul benjolan pada tulang
  • Kebas dan mati rasa saat kanker di tulang belakang menekan persarafan
  • Demam di atas suhu 38° C
  • Berkeringat, terutama pada malam hari
  • Kepekaan Menurun
  • Aktifitas fisik yang semakin terbatas

Sel kanker juga dapat menyebabkan gangguan pada impuls dari tulang belakang serta tekanan pada saraf yang membuat otak tidak lagi mampu berkomunikasi dengan baik dengan kaki. Sehingga, penderita akan mengalami kelemahan, termasuk kesulitan berjalan, berpegangan, atau meraih dan membawa sesuatu.

Kenali Juga Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Tulang Secara Alami

Nah, demikianlah informasi mengenai gejala kanker tulang di atas kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menbantu Anda dalam mengenali kondisi fisik Anda.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala di atas, terutama rasa sakit pada tulang yang semakin memburuk, segeralah lakukan pemeriksaan agar penyakit yang Anda atau anak Anda derita bisa segera di obati.

Salam Sehat

Gejala Kanker Tulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *