Tanda Atau Gejala Awal Kanker Usus Besar Dan Penyebabnya

Mengetahui tanda atau gejala awal kanker usus besar merupakan cara terbaik untuk terhindar dari bahaya penyakit kanker usus dan peluang sembuh dari penyakit kanker usus bisa lebih besar karena pengobatan gejala kanker usus akan lebih mudah dibandingkan dengan pengobatan kanker usus.

Gejala Awal Kanker Usus

gejala awal kanker usus

Kanker usus adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan sel abnormal pada usus besar yakni bagian terakhir pada sistem pencernaan kita.

Umumnya penyakit ini lebih sering terjadi dan menyerang seseorang yang telah berusia diatas 60 tahun, namun bukan berarti anda yang berusia dibawah 60 tahun bisa terbebas dari penyakit ini karena penyakit kanker usus bisa menyerang siapa saja dengan berbagai usia.

Utamanya saat ini banyak beredar makanan yang tidak sehat seperti berpengawet cepat saji yang menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit termasuk kanker.

Tumbuhnya kanker usus diawali dengan pembentukan gumpalan-gumpalan sel berukuran kecil yang disebut polip adenoma, dan seiring berjalannya waktu polip tersebut menyebar tak terkendali.

Nah, ada beberapa tanda atau gejala awal kanker usus yang bisa kita kenali dan ketahui sehingga apabila tanda atau gejala tersebut anda rasakan dan temukan pada orang terdekat anda maka kita bisa melakukan tindakan yang cepat.

Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala awal kanker usus tersebut yakni :

  1. Adanya darah pada kotoran atau bahkan pendarahan di anus.
  2. Berubahnya tekstur kepadatan kotoran.
  3. Menurunnya berat badan.
  4. Tubuh terasa lelah.
  5. Nyeri atau kram pada bagian perut.
  6. Perut kembung.
  7. Meningkatnya frekuensi buang air besar atau diare.
  8. Konstipasi.
  9. Hilang nafsu makan.

Segera temui dokter jika beberapa gejala tersebut sering anda alami atau temukan pada orang terdekat anda utamanya jika anda atau orang terdekat anda telah berusia diatas 60 tahun.

Penyebab Kanker Usus

Dikutip dari alodokter.com penyebab pasti dari penyakit kanker usus belum diketahui secara pasti akan, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko tinggi terkena kanker usus, yakni :

  • Terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan Kekurangan serat.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Merokok
  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Berusia 60 tahun ke atas.
  • Menderita penyakit gangguan pencernaan, salah satunya adalah kolitis ulseratif atau radang kronis di usus besar.
  • Menderita diabetes.
  • Kurang berolahraga.
  • Memiliki kerabat dekat, misalnya orang tua atau saudara kandung, yang menderita kanker usus besar.
  • Menderita sindrom Lynch.
  • Menderita suatu masalah genetika yang menyebabkan tumbuhnya gumpalan-gumpalan sel atau polip di dalam usus besar. Kondisi ini disebut familial adenomatous polyposis (FAP).

Nah bagi anda yang saat ini memiliki kebiasaan dan suka mengkonsumsi daging merah seperti : daging sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, bebek dan angsa, mulai saat ini kurangi mengkonsumsi daging tersebut karena bisa memicu timbulnya penyakit kanker usus.

Selain menghindari daging merah dan beberapa kebiasaan buruk yang sering anda lakukan untuk mencegah anda terkena penyakit kanker usus maka ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yakni :

  1. Rutin berolahraga. Disarankan untuk rutin berolahraga selama dua setengah jam dalam seminggu. Jenis-jenis olahraga yang bisa Anda lakukan misalnya adalah jalan cepat atau bersepeda.
  2. Makanan sehat. Untuk menghindari risiko kanker usus besar, konsumsilah makanan yang kaya akan serat, misalnya buah-buahan, kacang-kacangan, atau sereal. Perbanyak mengonsumsi ikan dan kurangi konsumsi daging.
  3. Pertahankan berat badan sehat.
  4. Konsumsi obat herbal kanker usus

Mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah kata bijak yang sudah semestinya kita ikuti sehingga kita tidak akan menyesal dikemudian hari.

Demikianlah informasi tentang tanda atau gejawal kanker usus besar dan penyebabnya ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda terima kasih sudah menyimak, dan jangan lupa dishare ya !!! salah sehat.

Baca Juga : Cara Mengobati Kanker Usus Besar Tanpa Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *