Ciri Ciri Orang Yang Menderita Penyakit Kuning

Penyakit kuning termasuk penyakit mematikan dan berikut ini adalah bagaimana ciri ciri orang yang menderita penyakit kuning.

Dimana dengan kita mengetahui ciri atau gejala penyakit kuning maka kita bisa melakukan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat apabila kita merasakan atau menemukan gejala tersebut pada orang terdekat kita.

Dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat penyakit kuning bisa kita minimalkan dan hindarkan.

Ciri Ciri Orang Yang Menderita Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah kondisi dimana menguningya kulit, sklera (bagian putih dari mata), serta membran mukosa hidung dan mulut akibat penumpukan bilirubin di dalam darah dan jaringan-jaringan tubuh lain.

Penyakit kuning bisa dibilang komplikasi dari beberapa penyakit lain yang tidak mendapatkan penanganan yang baik sehingga berkembang menjadi lebih parah.

Beberapa penyakit yang bisa menyebakan seseorang terkena penyakit kuning adalah : anemia hemolitik, malaria, anemia sel sabit, hepatitis, sirosis hati hingga adanya gangguan pada saluran empedu ( seperti : radang empedu ).

Namun secara umum masyarakat lebih mengenal penyakit kuning sebagai penyakit liver atau hepatitis. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat secara umum orang yang mengalami penyakit kuning memiliki riwayat penyakit liver.

Ciri Ciri Orang Yang Menderita Penyakit Kuning

Dan berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri orang yang menderita penyakit kuning pada orang dewasa maupun anak-anak yang disebabkan oleh penyakit liver yani :

  • Nyeri perut dan bengkak
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit yang gatal
  • Warna urin gelap
  • Warna feses pucat, atau berdarah
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Kecenderungan untuk mudah memar.

Segera lakukan tindakan yang cepat dan tepat atau temui dokter ketika beberapa gejala tersebut anda rasakan dan temukan pada orang terdekat anda.

Penanganan dan pengobatan yang cepat dapat mencegah penyakit liver yang diderita semakin parah sehingga hal buruk atau komplikasi yang muncul akibat penyakit liver bisa anda hindari.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi penyakit liver yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan, yakni :

  1. Edema serebral: Ini adalah cairan yang berlebihan dalam otak yang dapat menyebabkan tekanan di otak dan mencegah otak dari mendapatkan oksigen.
  2. Gangguan perdarahan: Karena hati bertanggung jawab untuk memproduksi faktor pembekuan darah, gagal hati akut akan menyebabkan perdarahan yang tidak terkontrol, biasanya di saluran pencernaan.
  3. Infeksi: Anda menjadi lebih berisiko untuk infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan dan saluran kencing
  4. Gagal ginjal: Bila hati gagal, ginjal akan bekerja lebih keras dan sulit untuk mengelola penyaringan racun dalam tubuh. Ini bisa menjadi organ berikutnya yang gagal.

Pada saat seseorang yang diduga terkena penyakit kuning menemui dokter maka sebelum melakukan pengobatan, biasanya dokter akan melakukan tes dan pemeriksaan untuk mendiaknosa penyakit yang diderita.

Tes dan pemeriksaan yang dilakukan adalah meliputi : pemeriksaan darah, tes CT scan, MRI dan USG untuk mengetahui sejauh mana terjadinya kerusakan organ hati serta biopsi hati ( mengangkat atau mengambil sampel jaringan dari hati ).

Biopsi hati yang paling sering dilakukan dengan menggunakan jarum panjang yang dimasukkan melalui kulit untuk mengambil sampel jaringan lalu kemudian dianalisis di laboratorium.

Setelah melakukan beberapa tes dan serangkaian medis tersebut, barulah dokter melakukan pengobatan.

Nah demikianlah informasi tentang ciri ciri orang yang menderita penyakit kuning ini semoga bermanfaat dan bisa dipahami serta menjawab rasa ingin tahu anda.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Kuning

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *