Ciri Atau Gejala Orang Terkena Penyakit Kanker Hati

Ciri Atau Gejala Kanker Hati .- Hati adalah organ terpenting yang ada dalam tubuh kita, memiliki peranan vital bagi tubuh karena memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah menyaring dan mengeluarkan racun serta zat-zat berbahaya dalam tubuh.

Sama seperti organ vital lainnya dalam tubuh seperti jantung dan ginjal, hati juga bisa mengalami gangguan dan terserang berbagai penyakit salah satunya adalah kanker hati, gangguan yang paling mematikan karena dapat mengakibatkan kematian dan memerlukan pengobatan yang serius.

Di era ilmu medis modern  ini banyak pengobatan kanker hati yang dapat dilakukan untuk bisa sembuh dari penyakit kanker hati yakni berupa radioterapi, kemoterapi dan operasi.

Baca Juga : Cara Mengobati Kanker Hati Tanpa Operasi

Namun yang perlu di ingat dan dicatat adalah mengetahui penyakit sejak dini adalah hal yang paling penting kita lakukan seperti pepatah bijak mengatakan bahwa ” Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati ”

Nah untuk itu kali ini kami akan memberikan informasi tenang ciri atau gejala orang terkena penyakit kanker hati, silah disimak !

Ciri Atau Gejala Orang Terkena Penyakit Kanker Hati

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa ciri atau gejala kanker hati kurang spesifik pada tahap awal perkembangannya , itu artinya gejala yang muncul hampir sama dengan gejala penyakit umum semisal mual dan muntah.

Gejala yang spesifik baru muncul ketika kanker hati sudah sampai stadium lanjutnya, dan berikut adalah beberapa gejala kanker hati yang muncul dan umum dirasakan oleh penderita kanker hati, yakni :

ciri atau gejala kanker hati

1). Warna Air Seni Atau Urine Berubah Menjadi Gelap

Seseorang yang mengalami gangguan hati salah satunya akibat kanker adalah memiliki warna urine yang lebih gelap seperti kuning tua sampai cokelat.

Hal tersebut terjadi karena meningkatnya bilirubin dalam darah sehingga menyebabkan wanra urine berubah. Jika hal tersebut sering anda alami dan anda sebelumnya tidak mengkonsumsi makanan yang bisa membuat warna urine berubah maka segera hubungi dokter.

2). Asites Atau Perut Kembung

Asites adalah kondisi dima perut menjadi kembung karena pengumpulan cairan di dalam rongga perut. Gejala ini umum terjadi pada penderita kanker hati sehingga bisa dijadikan sebagai indikasi awal penyakit kanker hati utamanya jika asites disertai timbulnya rasa sakit pada hati.

Segera hubungi dokter guna mendapatkan kepastian penyebab dan mendapatkan penanganan serta pengobatan yang tepat.

3.) Pembesaran Dan Pembengkakan Hati

Jika hati mengalami gangguan atau bermasalah maka bisa menyebabkan sakit perut serta pembesaran dan pembengkakan hati.

Pembengkakan hati ditandai dengan adanya tonjolan didaerah sisi kanan perut bagian atas sedikit ke tengah. Jika hal tersebut anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda maka sebainya segera hubungi dokter.

4.) Mengalami Gatal-gatal

Gangguan dan masalah pada hati juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit sebagai akibat dari meningkatnya bilirubin dalam tubuh.

5.) Mengalami Kelelahan

Lelah merupakan hal yang bisa terjadi , namun hal tersebut bisa juga merupakan indikasi penyakit kanker hati jika lelah yang terjadi tanpa penyebab yang pasti atau sipenderita tidak sedang melakukan kegiatan yang mengurah tenaga.

Jika hal tersebut anda alami maka segera hubungi dokter.

6.) Mual Muntah

Jika Anda mengalami mual dan muntah tanpa sebab yang dikenal, periksa apakah Anda memiliki gejala lain dari gangguan fungsi hati. Muntah dan mual biasanya dianggap sebagai tanda-tanda peringatan dini kanker hati.

7.) Penurun Berat Badan Secara Drastis Tanpa Sebab

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting bahkan utama dalam sistem metabolisme tubuh, sehingga apabila fungsi hati terganggu maka akan menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

Untuk itu penurunan berat badan secara drastis merupakan salah satu yang mudah dikenal dari gejala tahap awal kanker hati.

8.) Ikterus

Ikterus bukanlah penyakit, melainkan presentasi klinis penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan fungsi hati menyebabkan retensi bilirubin dalam tubuh.

Penyakit kuning atau hepatitis biasanya dapat dijadikan indikator sebagai salah satu tanda atau gejala kanker hati.

Itulah beberapa ciri atau gejala orang terkena penyakit kanker hati ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan jangan lupa dishare jika anda rasa artikel ini bermanfaat. Salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *