Ciri Ciri Orang Penderita Penyakit Batu Empedu

Ciri Ciri Orang Penderita Penyakit Batu Empedu .- Batu empedu adalah masa keras seperti batu yang terbentuk didalam saluran empedu sebagai akibat dari mengerasnya kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu.

Ukuran dan jumlah dari batu empedu sangatkah beragam ada yang hanya sebesar pasir namun ada juga yang sebesar bola pingpong, kemudian jumlahnya bisa hanya satu atau bahkan banyak.

Ciri Ciri Orang Penderita Penyakit Batu Empedu

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Para ahli kesehatan meyakini bahwa munculnya batu empedu disebabkan oleh ketidakseimbangan antara kolesterol dan bilirubin (limbah dari penghancuran sel darah merah) dan senyawa kimia dalam cairan empedu.

Akan tetapi hampir 80 persen batu empedu berbahan dasar kolesterol dan sekitar 20 persen berbahan dasar bilirubin. Itu artinya penyebab utamanya dari timbulnya batu empedu adalah kolesterol.

Dibandingkan dengan pria, wanita beresiko dua kali lebih tinggi terkena penyakit batu empedu, utamanya bagi anda wanita yang sering mengkonsumsi pil KB atau menjalani terapi hormon berdosis tinggi.

Selain itu bagi anda penderita anemia bulan sabit anda memiliki resiko tinggi terkena penyakit batu empedu, mengingat penyakit anemia bulan sabit yang anda derita bisa menyebabkan terjadinya penumpukan kadar bilirubin.

Bahkan salah satu penelitian menujukan setengah dari jumlah penderita anemia bulan sabit mengalami komplikasi batu empedu.

Tidak hanya itu anda yang memiliki riwayat keluarga terkena batu empedu, sering mengkonsumsi makanan berlemak, menderita penyakit diabetes, obesitas, sirosis, dan ganggaun pencernan seperti crohn dan sindrom iritasi usus juga beresiko terkena penyakit batu empedu.

Ciri Ciri Orang Penderita Penyakit Batu Empedu

Selama batu empedu tidak menyumbat saluran empedu maka tidak akan menimbulkan gejala, namun sebaliknya jika batu yang terbentuk menyumbat saluran empedu maka barulah gejala penyakit batu empedu akan muncul.

ciri ciri penderita penyakit batu empeduGejala utama yang umumnya dirasakan oleh seserang yang terkena penyakit batu empedu adalah sakit perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut dengan kolik bilier.

Rasa sakit yang timbul bisa dibeberapa titik pada perut yakni bagian tengah, atas, atau kanan perut serta dapat menyebar kebagian tubuh lainnya seperti sisi tubuh atau tulang belikat.

Rasa sakit tersebut akan terus ada walaupun sipenderita sudah ke toilet, kentut, atau muntah.

Jika batu empedu yang timbul menyumbat salah satu saluran pencernaan maka gejala yang timbul akan berbeda yakni :

  • Sakit perut yang terus-menerus atau selalu kembali.
  • Demam tinggi.
  • Sakit kuning
  • Detak jantung yang cepat.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Diare.
  • Linglung.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mual dan muntah.
  • Rasa sakit pada pundak.

Segera temui dan periksakan diri anda ke pusat kesehatan terdekat atau dokter ketika kondisi tersebut anda alam, utamanya jika anda mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning atau demam.

Diagnosis Batu Empedu

Jika anda menemui dokter maka langkah-langkah yang biasanya dilakukan oleh dokter guna mendiaknosa keluhan yang anda derita adalah anda akan menjalani pemeriksaan fisik yakni anda akan diminta menarik napas, kemudian dokter akan menekan bagian kanan atas perut ( letak dimana kantung empedu berada ).

Jika terasa sakit, kemungkinan terdapat peradangan pada kantong empedu.

Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana penyakit yang anda derita maka dokter akan melakukan serangkaian tes medis yakni :

  • Tes darah
  • USG
  • MRI scan
  • CT scan
  • Kolangiografi

Dengan pemeriksaan dan berbagai tes tersebut maka biasanya dokter sudah akan mengetahui sejauh mana penyakit yang diderita serta memilikih langkah pengobatan yang tepat yakni pemberian obat-obatan hingga operasi batu empedu.

Dimana ada 2 jenis operasi yang biasa dilakukan yakni laparotomi ( bedah terbuka ) dan laparoskopi ( semi terbuka ) dengan biaya sekitar 10 hingga 20 juta ( perkiraan ).

Ingin sembuh dari penyakit batu empedu tanpa operasi ? silahkan klik -> Pengobatan Batu Empedu Tanpa Operasi

Bagaimana Jika Penyakit Batu Empedu Tidak Segera Diobati ?

Ketika batu empedu sudah menyumbat salura empedu ataupun saluran penernaan maka bisa menimbulkan berbagai komplikasi.

Dan berikut ini adalah beberapa komplikasi batu empedu yang kami kutip dari alodokter.com, yakni :

  • Radang Kantong Empedu Akut, muncul karena menumpuknya cairan empedu pada kantung empedu
  • Abses kantong empedu, karena infeksi yang parah
  • Peritonitis, karena pecahnya kantung empedu sehingga terjadi pendarahan pada lapisan perut ( peritoneum )
  • Pankreatitis Akut, karena keluarnya batu empedu yang kemudian menyumbat saluan prankeas
  • Kanker Kantong Empedu

Mengingat ada banyak komplikasi yang timbul akibat penyakit batu empedu maka sudah selayaknya jika anda atau orang terdekat ada mengalami gejala penyakit batu empedu untuk segera mengatasi dan mengobatinya dengan serius.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri orang penderita penyakit batu empedu ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *