Ciri Ciri Miom Membesar Yang Jarang Diketahui

Mengetahui ciri ciri miom membesar penting untuk diketahui, mengingat jika ukuran miom sudah membesar bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan rahim wanita.

Ciri Ciri Miom Membesar

Ciri Ciri Miom Membesar

Miom adalah daging tumbuh pada rahim yang bersifat jinak, daging tumbuh tersebut berasal dari sel otot rahim yang tumbuh atau berkembang secara abnormal sehingga membentuk tumor jinak.

Pada dasarnya miom tidaklah berbahaya bahkan tidak menimbulkan gejala jika ukuran miom kecil sehingga banyak wanita yang tidak menyadari dirinya menderita penyakit miom.

Berdasarkan lokasi dari tumbuhnya miom, penyakit ini terbagi kedalam tiga jenis, yakni :

  • Fibroid intramural. Miom jenis ini tumbuh di antara jaringan otot rahim. Lokasi ini merupakan tempat yang paling umum terbentuknya miom.
  • Fibroid subserous. Miom yang tumbuh di bagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Jenis ini bisa tumbuh menjadi sangat besar.
  • Fibroid submucous. Miom ini tumbuh di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. Jika sampai tumbuh, miom ini bisa menyebabkan pendarahan parah saat menstruasi dan komplikasi serius lainnya.
  • Fibroid pedunculated. Miom jenis ini tumbuh di batang kecil di dalam atau di luar rahim.

Penyebab pasti akan munculnya miom belum diketahui secara pasti, namun sebagian para ahli meyakini kemunculan miom berkaitan dengan hormon estrogen ( (hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium ).

Hal tersebut berdasarkan fakta yang didapat, dimana penyakit ini biasa dialami oleh wanita dengan usia 16-50 tahun yakni usia dimana jumlah hormon estrogen dalam diri wanita sedang tinggi-tingginya.

Selain itu ada beberapa faktor lainnya yang bisa memicu tumbuhnya miom di rahim wanita yakni : menstruasi yang dimulai terlalu dini, banyak mengonsumsi daging merah dibandingkan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Yang perlu diketahui adalah walaupun miom bersifat jinak atau tidak terlalu membahayakan, namun miom bisa tumbuh membesar sehinga bisa memicu timbulnya komplikasi yang membahayakan rahim.

Jika sudah begitu maka operasi menjadi salah satu cara mengobati miom yang bisa dilakukan oleh dokter.

Baca Juga : Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

Untuk itu sangat penting bagi anda wanita khususnya yang saat ini terdiknosa menderita penyakit miom untuk mengetahui apa saja ciri ciri miom membesar.

Ciri Ciri Miom Membesar

ciri ciri miom membesar

Miom Yang Sudah Membesar

Berikut ini adalah beberapa ciri atau gejala yang timbul jika ukuran miom pada rahim wanita sudah membesar, yani :

#1 Pendarahan Berat Saat Menstruasi

Salah satu indikasi miom dirahim telah membesar adalah darah yang keluar pada saat menstruasi akan lebih banyak atau banyak sekali dengan warna dara hitam pekat.

Ada 2 hal yang bisa menjadi penyebab darah yang keluar pada saat menstruasi lebih banyak, yakni pembuluh darah yang terdapat pada rahim tidak bisa menutup dengan sempurna sebagai akibat dari adanya pertumbuhan miom yang membesar.

Jika kondisi keluarnya darah haid berat terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama maka bisa menyebabkan wanita mengalami anemia dan ini berbahaya.

#2 Rasa Tertekan Dan Nyeri Panggul

Selanjutnya jika miom di rahim sudah membesar maka bisa menyebabkan timbulnya nyeri panggul dan perasan tertekan sehingga kondisi tersebut akan membuat wanita tidak nyaman.

#3 Timbul Rasa Nyeri Mendadak

Miom adalah jaringan hidup yang tumbuh di rahim sehingga membutuhkan darah dan oksigen untuk tumbuh dan bertahan.

Itu artinya miom juga mengambil oksigen dan darah seperti organ lainnya dalam tubuh. Itulah sebabnya jika ukuran miom sudah membesar bisa menyebabkan nyeri mendadak yang sangat singkat atau juga bisa bertahan selama beberapa hari.

Tidak hanya itu miom juga bisa menyebabkan rahim bengkak dan nyeri dalam beberapa waktu.

#4 Mengalami Gangguan Berkemih

Jika ukuran miom suda membesar maka bisa mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan kemih seperti : sering buang air kecil, panas atau rasa sakit.

#5 Susah BAB ( Sembelit )

Adanya pertumbuhan miom yang membesar bisa menyebabka wanita mengalami susah buang air besar.

Bahkan ketika makan serat yang cukup dan asupan vitamin yang sudah diperhatikan. Terkadang rasa sembelit bisa berkembang menjadi rasa sakit perut pada satu atau dua sisi seperti perut melilit.

Sembelit yang terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi sangat buruk serta menumpuknya kotoran di usus yang bisa memicu pertumbuhan sel abnormal seperti kanker.

#6 Sakit Saat Berhubungan Intim

Miom yang membesar bisa menyebabkan rahim tertekan secara berlebih sehingga bisa menyebabkan masalah pada bagian kandung kemih dan organ disekitarnya.

Selain itu miom yang membesar juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat berhubungan intim karena terganggunya kontraksi rahim pada saat berhubungan intim.

Bukan hanya rasa yang tidak nyaman, pada sebagian kasus wanita yang memiliki miom sudah besar juga mengalami pendarahan setelah berhubungan intim.

#7 Perut Bawah Bengkak Kaya Orang Hamil

Ukuran rahim juga akan berubah jika ukuran miom sudah besar yakni rahim akan membesar seperti orang hamil yang disertai rasa tidak nyaman pada perut.

Bahkan pada sebagian kasus kondisi tersebut bisa menyebabkan sipenderita tidak bisa minum, makan atau melakukan berbagai pekerjaan dengan nyaman.

#8 Nyeri Dan Tekanan Pada Kaki

Orang yang menderita miom dengan ukuran besar juga bisa mengalami nyeri dan tekanan pada kaki sebagai akibat dari tertekannya bagian syaraf yang ada dibagian panggul hingga ke kaki.

Nah itulah kedelapan ciri ciri miom membesar ini dan segera lakukan penanganan dan pengobatan yang serius jika beberapa ciri atau gejala tersebut anda alami atau temukan pada orang terdekat anda utamanya yang memiliki riwayat penyakit miom.

Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa miom sudah semakin membesar sehingga diperlukan pengobatan dan penanganan yang lebih serius yakni dengan cara operasi, namun hal tersebut bukan satu-satunya jalan anda masih bisa mengobati miom tanpa operasi.

Demikianlah informasi singkat tentang ciri ciri miom membesar ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami ini dan salam sehat !

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *