Ciri ciri Kanker Prostat Pada Pria Di Usia Muda

Ciri ciri Kanker Prostat .- Kanker prostat adalah 1 dari 10 penyakit yang sering menimpa pria, untuk itu penting bagi pria mengetahui ciri ciri kanker prostat agar dampak buruk akibat penyakit tersebut bisa dihindari.

Prostat adalah organ berbentuk kelenjar sebesar biji kenari yang terletak di bawah kandung kemih dan didepan rektum pada pria, berfungsi sebagai penghasil cairan mani yang memelihara dan mengangkut sperma.

Kelenjar prostat termasuk kedalam salah satu organ penting dalam sistem reproduksi pria. Ada 3 jenis gangguan yang sering terjadi pada kelenjar prostat yakni radang prostat, pembengkakan prostat dan kanker prostat.

Ciri ciri kanker prostat

Dari ketiga jenis gangguan tersebut kanker prostat adalah yang paling berbaya karena bisa mengancam jiwa.

Umumnya kanker prostat lebih sering terjadi pada pria dengan usia diatas 40 tahun. Akan tetapi saat ini kanker prosat juga bisa terjadi di usia muda.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kanker prostat terjadi dan menyerang pria di usia mudah, salah satunya adalah faktor makanan.

Contoh beberapa makanan yang bisa meningkatkan resiko kanker prostat pada pria adalah ayam goreng, kentang goreng, ikan goreng dan donat. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Janet L. Stanford, Phd dari prostet cance research di Hutchinson Center.

Selain itu bagi pria dengan usia 20-30 tahun yang sering melakukan hubungan intim juga memiliki resiko 2x lipat terkena penyakit kanker prostat. Kemudian kebiasaan buruk onani juga bisa menjadi penyebab tingginya resiko terkena kanker prostat.

Ciri ciri Kanker Prostat Pada Pria Di Usia Muda

Berikut ini adallah beberapa gejala atau ciri ciri kanker prostat yang umumnya terjadi pada seorang pria yang terkena kanker prostatm yakni :

Sulit Atau Gangguan Proses Berkemih

Gangguan proses berkemih yang biasa terjadi ialah berupa : perasaan ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang berkemih, ada perasaan masih ingin berkemih dan keluarnya kemih sedikit – sedikit.

Gejala tersebut muncul sebagai akibat dari membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor

Namun gangguan proses berkemih tersebut tidak selalu disebabkan oleh kanker adan beberapa penyebab lainnya yakni radang prostat dan infeksi saluran kencing.

Nyeri Saat Berkemih

Jika adanya pertumbuhan tumor dan kanker pada prostat, maka sipenderita akan mengalami sakit saat berkemih karena tertekannya saluran kemih. Namun sama seperti halnya gangguan berkemih timbulnya rasa sakit pada saat berkemih juga bisa disebabkan oleh prostatitis dan hiperplasia prostat.

Adanya Darah Pada Air Seni

Hal ini jarang terjadi namun, jika anda mengalaminya sebaiknya anda segera memeriksakan diri kepada dokter.

Sulit ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi. Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi. Tapi sekali lagi, pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala ini.

Terdapat Darah Pada Sperma

Segera temui dokter jika anda menemukan darah pada sperma. Darah yang muncul pada sperma biasanya samar dan tidak terlalu banyak.

Sulit Buang Air Besar (BAB) dan Gangguan Pencernaan

Mengingat letak kelenjar prostat ada di bawah kandung kemih dan di depan rektum, maka jika tumor tumbuh bisa mengakibatkan susah BAB dan gangguan pencernaan.

Nyeri terus menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas

Sering, kanker prostat menyebar di wilayah-wilayah ini, yaitu pada punggung bawah, panggul dan pinggul sehingga nyeri yang sulit dijelaskan di bagian ini bisa menjadi tanda adanya gangguan.

Sering Berkemih Di Malam Hari

Jangan biarkan segera temui dokter jika anda sering terbangun di malam hari hanya untuk berkemih.

Urin Yang Menetes atau Tidak Cukup Kuat

Jika pada saat berkemih anda tidak mampu mengeluarkan air seni dengan cukup kuat atau anda tidak mampu menahan urin sehingga keluar menetes maka segera hubungi dokter hal tersebut mengindikasikan adanya gangguan pada prostat.

Nah, itulah beberapa ciri ciri kanker prostat yang umumnya terjadi, seger hubungi dan periksakan dokter jika beberapa gejala tersebut anda alami utamanya jika usia anda lebih dari 40 tahun.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri kanker prostat ini semoga bermanfaat dan membuat wawasan anda bertambah. Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan salam sehat !!!!

Baca Juga : Cara Mengobati Kanker Prostat Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *