5 Bahaya Radang Paru Paru Pada Bayi Mematikan

Radang paru paru adalah salah satu penyakit paru berbahaya, apa saja bahaya radang paru paru utamanya pada bayi ? berikut kami sajikan informasinya untuk anda setelah sebelumnya kami membahas tentang bagaimana cara mengobati kanker paru paru silahkan disimak !

bahaya radang paru paru

Bahaya Radang Paru Paru

Radang paru paru atau yang dalam istilah medis disebut dengan pneumonia adalah kondisi dimana adanya peradangan pada organ paru paru akibat dari terjadnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. 

Penyakit radang paru paru juga bisa dikatakan sebagai komplikasi dari gangguan penyakit paru paru lainnya. Radang paru paru bisa menyerang dan terjadi pada siapa saja, utamanya pada bayi mengingat radang paru paru menjadi penyebab utamanya kematian pada bayi.

Dengan begitu maka radang paru paru tergolong penyakit mematikan bagi anak-anak atau bay karena bisa menyebabkan kematian. Untuk itu jangan pernah anggap enteng dan sepele penyakit radang paru paru. Segera obati dan tangani dengan serius dan cepat ketika beberapa gejala radang paru paru anda rasakan atau temukan pada anak atau bayi anda seperti :

  1. Batuk
  2. Demam tinggi
  3. Nyeri dada
  4. Sakit kepala
  5. Tidak Nafsu makan
  6. Mual muntah
  7. Dengut jatung cepat
  8. Nafas berbunyi
  9. Nyeri otot
  10. Kulit biru

Ingat segera atasi dan lakukan pengobatan yang serius ketika beberapa gejala tersebut anda rasakan atau temukan pada anda atau anak anda mengingat penyakit radang paru paru yang tidak diobati dengan serius bisa menimbulkan bahaya dan komplikasi penyakit.

Bahaya Radang Paru Paru Pada Bayi Atau Anak

Berikut ini adalah beberapa bahaya radang paru paru dan komplikasi yang bisa muncul dan terjadi jika tidak segera diobati atau mendapatkan penanganan yang serius yakni :

Bakteremia.

Bakteremia atau infeksi darah adalah kondisi di mana adanya bakteri dalam aliran darah. Hal ini dianggap sebagai komplikasi parah yang mungkin timbul dari pneumonia dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. 

Bakteremia harus ditangani dengan cepat, karena jika tidak infeksi dapat menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dan menyebabkan kerusakan organ utama hingga darah membeku dan kematian.

Efusi pleura

Pleura Efusi terjadi ketika penumpukan kelebihan cairan dan dahak memenuhi lapisan dinding dada, kantung udara paru-paru dan ruang-ruang di antaranya. Ini adalah komplikasi umum yang timbul dari pneumonia.

Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi lapisan dalam jantung. Kondisi ini berkembang di seluruh membran disebut endokardium-daerah yang mengelilingi ruang dan katup jantung. Ketika kuman dan bakteri dari paru-paru dan bagian tubuh lainnya mulai menyebar ke dalam aliran darah mereka dapat mulai menyerang wilayah yang rentan ini.

Jika Endokarditis tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan katup ireversibel atau gagal jantung.

Kegagalan ventilasi

Kegagalan ventilasi adalah nama umum lain untuk Hiperkapnia. Kondisi ini disebabkan karena beberapa alasan, salah satu yang menjadi komplikasi parah dari pneumonia. Hal ini dikarenakan otot-otot di paru-paru, atau otot ventilator, bekerja sangat keras untuk memompa paru-paru naik dan turun.

Kegagalan Pernapasan

Komplikasi lain yang berat dari pneumonia adalah Hypoxemic Kegagalan pernapasan. Kondisi ini terjadi ketika ada peradangan parah pada dinding paru-paru menyebabkan aliran udara ke shunt off atau membatasi darah dan aliran udara. Hasilnya adalah hilangnya oksigen ke paru-paru dan akhirnya aliran darah terhambat.

Nah itulah beberapa komplikasi dan bahaya radang paru paru jika tidak ditangani dengan serius dan benar, untuk itu sangat penting bagi anda yang saat ini terkena atau mempunyai anak terkena penyakit radang paru paru untuk melakukan pengobata yang cepat tepat dan serius. Sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat radang paru paru bisa dihindari.

Demikianlah informasi tentang bahaya radang paru paru ini semoga bermanfaat dan bisa menambah rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *