Bahaya Penyakit Paru Paru Basah Yang Belum Diketahui

Apakah anda menderita penyakit paru paru basah dan sudah tahu bahaya penyakit paru paru basah apabila tidak ditangani dan diobati dengan serius dan benar ? Jika belum maka silahkan simak artikel kami berikut !

Bahaya Penyakit Paru Paru Basah

Bahaya Penyakit Paru Paru Basah

Paru paru basah adalah istiah awam untuk penyakit pneumonia yakni kondisi dimana terisinya kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru oleh cairan disertai bengkak.Bahaya Pneumonia

Penyakit paru paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Bakteri tersebut adalah bakteri yang paling umum menyebabkan pneumonia.

Selain bakteri Streptococcus pneumoniae penyakit pneumonia juga bisa dipicu oleh virus dan beberapa faktor lain seperti :

  1. Pneumonia Akibat Virus. Sebagian virus pemicu flu atau pilek juga bisa menyebabkan pneumonia. Pneumonia ini paling sering dialami oleh balita.
  2. Pneumonia Akibat Jamur. Pneumonia ini paling sering dialami oleh orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun atau penyakit kronis.
  3. Pneumonia Aspirasi. Ini merupakan jenis pneumonia yang dipicu karena pengidap menghirup objek asing, misalnya makanan atau minuman, muntah, atau ludah.

Gejala Pneumonia

Gejala pneumonia yang timbul akan berbeda pada setiap penderitanya tergantung kepada tingkat keparahan penyakit, jenis bakteri pemicu infeksi, usia, dan kondisi kesehatan pengidap.

Namun ada beberapa gejala paru paru basah umum yang biasa muncul pada sipenderita, yakni :

  • Demam.
  • Berkeringat dan menggigil.
  • Batuk kering atau batuk dengan dahak kental berwarna kuning, hijau, atau disertai darah.
  • Napas terengah-engah dan pendek.
  • Rasa sakit pada dada ketika menarik napas atau batuk.
  • Mual atau muntah.
  • Diare.
  • Kelelahan.

Jika beberapa kondisi diatas anda alami secara bersamaan maka segera hubungi dokter atau pusat kesehatan terdekat agar mendapatkan penangan sehingga komplikasi dan bahaya penyakit paru paru basah bisa anda hindari.

Komplikasi Dan Bahaya Penyakit Paru paru Basah

Penumonia bisa disembuhkan jika di obati dengan tepat serius. Sebaliknya jika penyakit paru paru basah tidak segera diobati dengan serius maka bisa menimbulkan komplikasi utamanya jika terjadi pada lansia dan balita yakni efek paru paru basah berupa komplikasi berbahaya bisa terjadi.

Dan berikut ini adalah beberapa komplikasi bahaya penyakit paru paru basah yang mungkin saja terjadi, yakni :

  1. Infeksi darah. Kondisi ini terjadi akibat adanya bakteri yang masuk ke dalam aliran darah dan menyebarkan infeksi ke organ-organ lain. Infeksi darah berpotensi menyebabkan terjadinya gagal organ.
  2. Abses paru atau lubang bernanah yang tumbuh di jaringan paru-paru. Abses umumnya dapat ditangani dengan antibiotik, namun terkadang juga membutuhkan prosedur operasi untuk membuang nanahnya.
  3. Efusi pleura, yaitu kondisi di mana cairan memenuhi ruang di sekitar paru-paru.

Beberapa komplikasi tersebut memiliki proges prognosis buruk yang dapat berujung pada kematian. Bahkan Paru-paru basah adalah penyebab utama kematian keenam di Amerika Serikat.

Penanganan Penyakit Paru Paru Basah

Jika saat ini anda atau orang-orang terdekat anda terindikasi menderita penyakit paru paru basah maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sendiri dirumah sebagai penangan sekaligus pengobatan penyakit paru paru basah yang diderita yakni :

  • Konsumsi antibiotik yang diresepkan dokter
  • Istirahat yang cukup
  • Banyak minum
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan dan menurunkan demam. Tetapi, hindari konsumsi ibuprofen jika Anda memiliki alergi terhadap aspirin, obat anti inflamasi nonstereoid lain, atau menderita asma, tukak lambung, dan gangguan hati atau pencernaan.
  • Hindari merokok
  • Hindari konsumsi obat pereda batuk sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi air hangat yang dicampur madu dan lemon untuk membantu meredakan batuk anda
  • Konsumsi obat herbal pneumonia

Mengkonsumsi obat herbal adalah cara yang paling aman untuk mengobati penyakit pneumonia yang anda derita mengingat obat herbal terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah pasti aman tidak akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Demikianlah informasi tentang bahaya penyakit paru paru basah ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta membantu anda sembuh dari penyakit yang anda derita.

INGAT ketika anda mengalami gejala paru paru basah segera obati dengan serius agar komplikasi dan bahaya dari penyakit paru paru basah bisa anda hindari. Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan jangan lupa dishare jika anda rasa artkel ini bermanfaat !

Sumber :

http://www.alodokter.com/pneumonia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *