Bahaya Infeksi Saluran Pernafasan Atas Yang Harus Diwaspadai

Bahaya Infeksi Saluran Pernafasan .- Infeksi saluran pernafasan merupakan penyakit serius yang justru banyak diremehkan, padahal penyakit ini tergolong berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, utamanya pada balita dan anak-anak.

Untuk itu sangat penting bagi anda para orang tua mengetahui ciri atau gejala infeksi saluran pernafasan pada anak.

Selain itu penting juga bagi anda mengetahui bahaya infeksi saluran pernafasan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran anda akan bahaya dari penyakit yang dianggap biasa ini.

Bahaya Infeksi Saluran Pernafasan

Bahaya Infeksi Saluran Pernafasan Atas Yang Harus Diwaspadai

Ada dua saluran pernafasan yang dimiliki oleh manusia, pertama saluran pernafasan atas dan yang kedua saluran pernafasan bawah.

Kedua saluran pernafasan ini bisa terkena infeksi dimana infeksi saluran pernafasan atas meliputi hidung, sinus, faring atau laring.

Beberapa jenis penyakit yang timbul jika saluran pernafasan atas mengalami infeksi adalah tonsillitis, pharyngitis, laryngitis, sinusitis, otitis media dan selesma.

Sementara itu untuk saluran pernapasan bawah meliputi : trakea ( batang tenggorokan ), bronkus, bronkiolus dan paru paru.

Jika infeksi menyerang saluran pernapasan bagian bawah maka beberapa penyakit yang biasa timbul adalah berupa : brokitis, bronkiolitis, influenzam tuberkulosis dan penumonia.

Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA )

Nah ketika salah satu atau beberapa dari bagian saluran pernapasan tersebut mengalami infeksi maka kondisi tersebut biasa disebut dengan infeksi saluran pernapasan akut ( ISPA ).

ISPA tergolong kondisi berbahaya karena jika tidak ditangai dengan serius bisa menyebabkan kematian.

Celakanya ISPA sangat rentan terjadi pada anak-anak bahkan menjadi salah satu penyakit pembunuh anak dengan usia dibawah lima tahun.

Namun pada dasarnya ISPA bisa menyerang siapa saja karena adanya beberapa faktor seperti : polusi udara dalam ruangan, polusi luar ruangan, peningkatan suhu bumi dan kelembaban.

Munculnya ISPA ditandai dengan batuk-batuk, kesulitan bernapas yang berujung pada kematian. 

Banyaknya orang utamanya anak-anak yang meninggal dunia akibat infeksi saluran pernafasan merupakan buah dari ketidakseriusan dalam mengobati penyakit.

Dimana kebanyakan orang akan menganggap enteng penyakit ini mengingat gejala yang ditimbulkan tidak begitu mengkhawatirkan.

Padahal perlu anda ketahui bahwa infeksi saluran pernafasan bahaya apalagi kalau sudah pneumonia sangat sulit ditolong.

Hal tersebut dikatakan oleh HM.Subuh Direktur Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa adanya perubahan iklim membuat penyakit ini rentan dialami oleh anak-anak.

ISPA akan menyerang anak pada bagian alvioli mengakibatkan mereka panas tinggi, batuk-batuk, dan sulit bernapas.

Untuk itu segera lakukan penanganan dan pengobatan yang serius jika anak atau orang terdekat anda mengalami kondisi tersebut utamanya jika terjadi lebih dari satu minggu.

Pencegahan ISPA

Mengingat infeksi saluran pernapasan ini sangat berbahaya maka mencegah merupakan hal bijak yang sejatinya dilakukan oleh setiap orang.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah ISPA ini yakni :

  • Mencuci tangan secara teratur terutama setelah beraktivitas di tempat umum.
  • Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata dengan tangan agar Anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri.
  • Hindari merokok.
  • Perbanyak konsumsi makanan kaya serat dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Ketika Anda bersin, pastikan menutupnya dengan tisu atau tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain.
  • Berolahraga secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penularan infeksi. Semakin sering berolahraga, semakin kecil pula risiko tertular ISPA.

ENTRI POIN : Infeksi saluran pernafasan termasuk kedalam penyakit mematikan karena bisa menyebabkan kematian jika tidak diatasi dengan benar, untuk itu jangan pernah anggap enteng dan segera lakukan pengobatan jika anda atau orang terdekat anda mengalami gejala infeksi saluran pernafasan.

Anda Perlu Ini : Obat Infeksi Pernapasan Alami

Demikianlah informasi tentang bahaya infeksi saluran pernafasan ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu anda hanya untuk sekedar membaca artikel sederhana ini dan jangan lupa bagika !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *