Bahaya Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Dan Pria

Inilah bahaya infeksi saluran kencing yang patut diketahui utamanya anda wanita mengingat penyakit ISK lebih sering terjadi dan rentan menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

Bahaya Infeksi Saluran Kencing

Bahaya Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kemih ( ISK ) adalah kondisi dimana adanya infeksi yang terjadi pada salah satu organ pada sistem kemih seperti : ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Wanita lebih rentan terkena penyakit ini karena memiliki uretra lebih pendek dibandingkan dengan pria.

Bakteri Escherichia coli atau E. coli adalah bakteri yang menjadi penyebab timbulnya penyakit ISK, dimana bakteri ini biasa hidup disaluran cerna kita.

Iritasi setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urin oleh kondisi tertentu (misal, pada sumbatan saluran kemih akibat batu ginjal) juga bisa menjadi penyebab timbulnya ISK.

Gejala Infeksi Saluran Kencing

Secara umum seseorang yang terkena penyakit ISK akan merasakan keluhan berupa : rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urine yang keruh, dan bau urine yang tidak sedap.

Selain itu jika ISK terjadi pada bagian atas maka gejala yang timbul berupa : nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Jika beberapa keluhan anda rasakan secara bersamaan maka besar kemungkinan anda terkena penyakit ISK. Segera atasi dan obati karena apa ? karena apabila jika ISK dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati, terutama jika Anda sering mengalaminya bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Bahaya Infeksi Saluran Kencing

Walapun penyakit ISK bukanlah penyakit mematikan namun apabila tidak segera ditangani dan diobati bisa menilmbulkan komplikasi berbahaya, dan berikut ini adalah bahaya infeksi saluran kencing apabila tidak diobati, yakni :

  1. Gangguan pada ginjal. Saat seseorang terkena infeksi pada kandung kemih, bakteri dapat naik dan masuk ke ginjal. Jika terjadi demikian, maka orang tersebut berisiko terkena infeksi ginjal (pyelonephritis) dengan gejala-gejala berupa nyeri punggung, mual, demam, hingga menggigil. Infeksi ginjal yang tidak segera ditangani dapat mengarah kepada kerusakan permanen pada organ tersebut.
  2. Sepsis. Komplikasi ini terjadi ketika infeksi menyebar ke dalam aliran darah. Sepsis termasuk kondisi mematikan.
  3. Penyempitan uretra (pada pria)
  4. Wanita hamil yang berisiko melahirkan prematur dan bayi yang terlahir dengan berat badan rendah

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sendiri di rumah ketika anda mengalami gejala ISK yakni anda bisa mengkonsumsi antibiotik yang biasa diresepkan oleh dokter seperti : ciprofloxacin, levofloxacindan trimethoprim atau anda bisa mengkonsumsi antibiotik jenis lainnya yakni cephalexin, azithromycin, fosfomycin, doxycycline, dan ceftriaxone.

Namun penggunaan antibiotik secara berlebih sudah pasti tidak baik untuk tubuh, sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi obat herbal infeksi saluran kemih yang mana lebih aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Selain mengkonsumsi antibiotik atau obat herbal, penanganan yang anda lakukan untuk mengobati penyakit ISK agar cepat sembuh sebaiknya di tunjang dengan beberapa langkah berikut, yakni :

  • Jangan tahan keinginan Anda untuk kencing karena dengan mengosongkan kandung kemih, Anda dapat mencegah bakteri untuk makin berkembang biak.
  • Minum banyak air agar bakteri cepat terbuang
  • Redakan nyeri dengan kompres hangat.

Demikianlah informasi tentang bahaya infeksi saluran kencing pada wanita dan pria ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan jangan lupa dishare jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

sumber :

http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih

Artikel Lainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *