Waspada Bahaya Akibat Penyakit Darah Tinggi Sangat Mematikan

Apakah anda memiliki tekanan darah tinggi ( hipertensi ) ? jika iya maka anda wajib tahu akan bahaya akibat penyakit darah tinggi ini silahkan disimak !

bahaya akibat penyakit darah tinggi

Bahaya Akibat Penyakit Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi ( hipertensi ) adalah kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat.

Batas atas tekanan darah tinggi pada orang normal adalah 140/90 jika angka hasil cek tekanan darah anda melebihi angka normal tersebut maka anda dinyatakan mengalami tekanan darah tinggi.

Hal tersebut sudah pasti tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan, karena tekanan darah tinggi yang terjadi secara terus menerus dapat memicu timbulnya berbagai komplikasi penyakit yang mematikan karena bisa mengancam jiwa.

Celakanya tekanan darah tinggi jarang menimbulkan keluhan atau gejala yang jelas pada penderita. Sehingga satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah anda adalah dengan mengukur tekanan darah anda secara rutin.

Semua orang dewasa dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tensi darah setiap lima tahu sekali.

Siapa Saja Yang Bisa Terkena Tekanan Darah Tinggi

Usia merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan timbulnya tekanan darah tinggi karena semakin bertambah usia seseorang maka semakin besar pula untuk mengalami tekanan darah tinggi.

Lalu siapa saja yang bisa terkena atau memiliki resiko tinggi terkena penyakit tekanan darah tinggi ? Berikut ini adalah faktor-faktor pemicu yang diduga dapat memengaruhi peningkatan risiko hipertensi.

  • Berusia di atas 65 tahun.
  • Mengonsumsi banyak garam.
  • Kelebihan berat badan.
  • Memiliki keluarga dengan hipertensi.
  • Kurang makan buah dan sayuran.
  • Jarang berolahraga.
  • Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.

Nah jika anda termasuk kedalam beberapa faktor tersebut dan belum tahu tekanan darah anda maka sebaiknya anda segera memeriksa tekanan darah anda, mengapa ? karena akibat penyakit darah tinggi atau komplikasi sangat berbahaya dan mematikan.

Akibat Penyakit Darah Tinggi Atau Komplikasi

Bahaya darah tinggi terbilang mematikan sehingga banyak para ahli yang menyebut darah tinggi sebagai “pembunuh diam-diam” . Karena akibat yang ditimbulkan oleh darah tinggi sangat tinggi risikonya pada kematian.

Apa saja bahaya akibat penyakit darah tinggi tersebut ? berikut kami sajikan informasinya untuk anda, silahkan simak dengan seksama !

Stroke

Seseorang yang memliki tekanan darah tinggi maka memiliki resiko tinggi terkena penyakit dan serangan stroke, mengingat penyebab utama timbulnya stroke adalah hipertensi.

Maka dari itu, ketika anda menyadari tekanan darah anda yang tinggi, ada baiknya anda menjaga pola makan dan menjaga pikiran dari stres agar tidak mudah mengalami gejala hipertensi, sehingga dapat mengurangi resiko terserang stroke.

Kerusakan Dan Serangan Jantung

Komplikasi tekanan darah tinggi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung, karena tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan timbulnya kelainan pada jantung.

Hal tersebut bisa memicu terjadinya serangan jantung dan bahkan yang lebih parah lagi dapat menimbulkan gagal jantung dan juga rusaknya sel – sel jantung anda.

Gangguan Organ Ginjal

Selain jantung organ terpenting dalam tubuh yang dapat mengalami kerusakan akibat tekanan darah tinggi adalah ginjal sehingga ginjal kehilangan fungsinya yang berujung dengan gagal ginjal.

Berikut adalah beberapa gejala dari gagal ginjal :

  • Sulit buang air kecil dan air besar
  • Intensitas buang air kecil dan besar yang sering, namun hanya sedikit (sering buang air kecil)
  • Rasa sakit pada bagian perut
  • Keluarnya darah ketika buang air kecil dan besar

Gangguan Mata

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan terjadinya gangguan dan kelainan pada mata, yang dikenal dengan istilah retinopadi hipertensif.

Retinopati hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang berada pada mata, dan dapat merusak syarah mata anda.

Itu artinya anda pun memiliki resiko mengalami kebutaan apabila anda memiliki penyakit hipertensi.

Sindrom metabolic

Sindrom metabolic ( gangguan metabolisme dalam tubuh ) dapat dialami oleh seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi. DImana akibat dari terjadinya gangguan sistem metabolisme tubuh tersebut bisa memunculkan penyakit :

  • Trigliserida yang tinggi
  • Peningkatan lingkar pinggang
  • HDL rendah
  • Insulin yang terlalu tinggi

Itulah beberapa komplikasi darah tinggi yang sangat berbahaya karena mematikan serta menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Untuk itu jangan pernah sesekali anda meremehkan tekanan darah tinggi segera atasi dan obati.Utamanya jika anda penderita hipertensi mengalami beberapa keluhan berikut :

  1. Mudah marah
  2. Mudah merasa lelah
  3. Timbul rasa nyeri pada bagian dada
  4. Sering pusing dan sakit kepala
  5. Denyut nadi dan jantung tidak beraturan
  6. Rasa pegal dan mudah lelah pada saat berjalan kaki
  7. Sering kesemutan dan baal pada tungkai dan lengan

Sangat penting bagi anda yang saat ini memiliki tekanan darah tinggi untuk menjaga tekanan darah anda agar tetap normal sehingga komplikasi berbahaya akibat penyakit darah tinggi diatas bisa anda hindari.

Cara Mencegah Dan Mengobati Darah Tinggi

Nah bagi anda penderita darah tinggi maka pantaulah dengan ketat sampai angka tersebut turun dan bisa dikendalikan dengan baik.

Caranya adalah dengan merubah gaya hidup anda, selain itu anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah tinggi anda yakni :

  • Mengonsumsi makanan sehat.
  • Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
  • Berhenti merokok.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
  • Mengurangi konsumsi minuman keras.
  • Konsumsi obat herbal hipertensi yang lebih aman bagi tubuh

Mencegah hipertensi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pengobatan. Karena itu, pencegahan sebaiknya dilakukan seawal mungkin. Jika didiamkan terlalu lama, hipertensi bisa memicu terjadinya komplikasi yang dapat mengancam jiwa.

sumber :

http://www.alodokter.com/hipertensi

Menunggu Hipertensi Mengancam Jiwa Anda ? Kami Tidak Mengharapkan Demikian, Segera Atasi Dengan Serius KLIK DISINI Untuk Cara Mengobatinya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *